Windows Update Cleanup

Advertisements

Windows Update Cleanup adalah fitur bawaan di Windows Disk Cleanup Tool dari 8 / 8.1 yang tersedia ketika ada update lama atau driver dengan versi yang tidak dibutuhkan lagi oleh sistem.

Windows Update Cleanup digunakan untuk membersihkan salinan dari update yang diinstall dari Windows Update, bahkan setelah menginstall versi terbaru yang tidak lagi dibutuhkan oleh sistem dan memakan space hard disk.

windows disk cleanup

Advertisements

Ukuran sampah yang bisa ditemukan beragam tergantung seberapa lama kamu tidak membersihkan sistem dan berapa banyak update yang sudah kamu lakukan.

Amankah untuk menghapus Windows Update Cleanup?

Windows Update Cleanup aman untuk dihapus selama komputer berfungsi dengan baik dan tidak berencana untuk mencopot update apa pun yang sudah dilakukan.

Saat kamu menginstall update terbaru dari Windows Update, Windows akan tetap menyimpan file sistem versi sebelumnya, hal ini memudahkan kamu jika ingin menghapus update terbaru itu nanti.

Disk Cleanup pada sistem operasi Windows berfungsi untuk menghapus file outdate atau file sampah yang menumpuk ketika mereka tidak diperlukan lagi.

Cara Membuka Disk Cleanup

Cara menggunakan Disk Cleanup di Windows 10 & Windows 8

Advertisements

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih Administrative Tools.
  3. Buka Disk Cleanup.
  4. Setelah Disk Cleanup terbuka, centang jenis file sampah yang ingin dibersihkan.
  5. Setelah itu klik OK.

Cara Menjalankan Disk Cleanup di Windows 7

  1. Klik Start, lalu pilih All programs ➡ Accessories ➡ lalu klik System tools dan pilih Disk Cleanup.
  2. Selanjutnya, pilih drive yang ingin dibersihkan.
  3. Pilih jenis sampah yang ingin hapus.
  4. Klik ok, dan aplikasi akan membersihkan sampah di komputer.

Selain itu, ada 2 cara lagi untuk membuka Disk Cleanup Tool di Windows 10. Pertama, masuk ke File Explorer lalu pilih Drive yang ingin dibersihkan, klik kanan lalu klik Properties.

cara buka disk cleanup

Di kolom Properties, buka tab General, klik tombol Disk Cleanup. Selanjutnya, aplikasi akan mencari file sampah untuk dihapus.

Kedua, kamu bisa membuka Disk Cleanup dengan mengetik Disk Cleanup di Start Menu, lalu pilih Drive yang ingin dibersihkan.

Advertisements

aplikasi disk cleanup windows 10

Setelah aplikasi terbuka, pilih file sampah yang ingin dihapus lalu klik tombol Cleanup System Files.

Terkadang, saat kamu membuka aplikasi ini akan memakan waktu beberapa saat, hal ini karena terlalu banyak sampah untuk dipindai, oleh karena itu bersihkan sistem kamu beberapa waktu sekali.

Kamu juga bisa menghapus file system lama untuk mendapatkan space lebih banyak:

Advertisements

  1. Di aplikasi Disk Cleanup, klik Clean up system files.
  2. Pilih tipe file yang ingin dibuang. Klik untuk melihat deskripsi file tersebut.
  3. Klik OK untuk membersihkan.

File sistem yang outdated bisa menjadi sangat mengganggu ketika kamu memiliki space hard disk yang tidak terlalu besar. Apalagi, pengguna Windows 10 kebanyakan mengaktifkan fitur auto update-nya.

Akan lebih bijak jika kamu menggunakan wired connection untuk melakukan update, setelah itu lakukan defrag, baru bersihkan sisa sampah menggunakan Disk Cleanup. Di luar sana juga ada aplikasi cleaner yang bisa kamu gunakan.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊