Akun WhatsApp Diblokir Sementara

Teknozone.ID – Satu-satunya alasan mengapa akun WhatsApp bisa diblokir adalah karena kamu menggunakan versi WhatsApp yang tidak resmi, alias tidak support. Jika hal ini terus berlangsung, ada kemungkinan kamu terkena banned permanent.

Bagaimana cara mengatasi akun WhatsApp yang diblokir sementara ini? dan apakah penyebabnya hanya itu saja?.

Penyebab nomor WA yang diblokir sementara adalah karena penggunaan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi / modifikasi, seperti: WhatsApp Plus, GB WhatsApp, GB WhatsApp pro dan lainnya dan ini melanggar ketentuan layanan.

 

Mengembalikan Nomor WA yang Diblokir

penyebab nomor wa diblokir sementara

Pertama, mungkin kamu harus membuat backup untuk history chat sebelum hijrah lagi ke WA resmi. Lokasi history ini juga beragam tergantung aplikasi apa yang kamu gunakan.

Untuk memastikan WhatsApp yang kamu gunakan saat ini, masuk ke More Options > Settings > Help > App info. Bisa berbeda tiap perangkat. Setelah itu barulah kamu beralih ke WA versi resmi.

Informasi lain seputar WhatsApp: Cara membuat tulisan di WhatsApp | Cara update aplikasi WhatsApp | Ukuran foto profil WA.

Untuk WA yang diblokir di GB WhatsApp

Backup file history chat kamu (jika memang ada yang penting) sebelum kembali menggunakan resmi. Setelah durasi pemblokiran sementara berakhir, lakukan cara ini:

  1. Buka GB WhatsApp, klik Opsi lainnyaChatCadangkan Chat.
  2. Buka pengaturan telepon kamu ➡ PenyimpananFile.
  3. Cari folder bernama GB WhatsApp.
  4. Ubah namanya menjadi WhatsApp.
  5. Buka Play Store dan download WA Resmi.
  6. Lakukan verifikasi.
  7. Restore chattingan dengan klik Pulihkan ➡ Berikutnya.

Note: Di beberapa perangkat seperti Xiaomi, kamu bisa mencari folder GB WA di File Manager. Sampai saat ini, belum ada cara untuk menghilangkan blokir sementara tanpa menghapus WhatsApp modifikasi.

Untuk WA yang diblokir di WhatsApp Plus

Cara yang digunakan sama dengan yang menggunakan versi GB WhatsApp ataupun nama lainnya. Setelah menunggu masa blokir selesai, backup chat WA kamu, lalu lakukan ini:

  1. Buka File Manager ➡ cari folder bernama WhatsApp Plus.
  2. Ganti nama folder menjadi WhatsApp.
  3. Download aplikasi resmi dari Play Store.
  4. Lakukan verifikasi nomor.
  5. Restore backup chat yang tersedia.
 

Nomor Diblokir pada WhatsApp Resmi

Jika kamu mendapatkan pesan seperti ini “Nomor telepon Anda diblokir dari menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan.” artinya kamu sudah melanggar ketentuan dalam menggunakan aplikasi.

Lalu, kenapa sebelumnya tidak ada peringatan?

WhatsApp sendiri sudah memberi informasi ini di halaman pusat bantuan mereka, pihak WA mungkin tidak memberi peringatan sebelum memblokir akun penggunanya. Tapi, jika memang kamu tidak merasa melanggar ketentuan, kalian bisa menghubungi lewat email.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu menjawab rasa penasaran kamu.

1. Apakah kontak WA yang diblokir bisa dikembalikan?

Jika ada nomor WA yang diblokir (oleh pihak WhatsApp) maka nomor tersebut tidak akan aktif pada aplikasi. Tetapi, kamu masih bisa menghubunginya lewat telepon atau via SMS. Foto profil pada tampilan user di dalam aplikasi juga akan hilang.

2. Bagaimana cara mengetahui apakah kita diblokir di WA?

Cara paling mudah adalah dengan mengirimkan pesan, melihat status online orang tersebut, memeriksa foto profil kontak dan coba tambahkan kontak ke grup baru. Jika kamu tidak bisa melakukannya artinya kamu diblokir orang tersebut.

3. Jika kita diblokir, apa yang terjadi pada masa pemblokiran?

Statusmu akan berubah menjadi offline, orang tidak akan bisa mengirim pesan ke kontak kamu, tidak bisa melihat foto profil dan status pesan akan selalu centang 1.

4. Berapa lama akun WhatsApp saya diblokir?

Durasinya bisa beragam, ada yang mengalami pemblokiran 24 jam, 72 jam dan bahkan ada yang cuma 2 jam saja.

Leave a Comment