Virus Komputer

Advertisement

Teknozone.ID – Di artikel ini, kita akan mengenal kembali definisi atau pengertian virus komputer, jenis – jenis dan contoh nama virus komputer beserta penjelasannya.

Tentunya pertanyaan-pertanyaan seperti media apa yang bisa menjadi penularan virus komputer juga kita bahas di sini, agar kalian terhindar dari serangan.

 

Definisi Virus Komputer

Seperti virus pada umumnya, Virus komputer dirancang untuk menyebar dari host ke host dan memiliki kemampuan untuk mereplikasi dirinya sendiri. Tetapi, virus komputer tidak dapat bereproduksi tanpa pemrograman, seperti file / dokumen.

Dalam istilah teknisnya, virus komputer merupakan sejenis malware (program atau kode) yang ditulis / dibuat untuk mengubah cara sistem komputer beroperasi, kemudian menyebar ke komputer lain.

Virus akan masuk ke dalam program / dokumen tertentu lalu menjalankan code dalam dirinya. Saat proses ini berlangsung, user bisa merasakan efeknya, seperti sistem rusak, software yang error atau data yang hilang.

Lanjut ke bagaimana sebuah virus komputer bisa bekerja ⬇

 

Cara Kerja Virus Komputer

cara kerja virus komputer
gambar: sites.google.com

Ketika sebuah virus berhasil masuk ke dalam file / program / dokumen, virus akan tetap berada di sana, diam dan tak beraktifitas apapun sampai user mengeksekusi atau membuka file program yang terjangkit. Jadi, agar sebuah virus dapat menginfeksi komputer, pengguna harus membuka program yang terinfeksi, sehingga kode virus dapat ikut dijalankan.

Jadi, singkatnya: virus masuk ke dalam file / folder / program ➡ User menjalankan file yang terinfeksi ➡ Komputer terinfeksi. Dan, selama tidak dibersihkan, ia akan terus menginfeksi.

Selama virus tidak dieksekusi, tentu tidak ada gejala aneh yang dirasakan, tapi bukan berarti kalian bisa merasa aman. Beberapa malware juga didesain untuk mencuri data, seperti mencuri kontak, email, password, pin dan data pribadi lainnya.

Cara Virus Komputer Menyebar

Virus dapat disebarkan melalui attachment pada email dan pesan masuk biasa, file dari Internet, atau sekedar link scam. Perangkat smartphone juga dapat terinfeksi virus melalui aplikasi yang kalian download dari internet.

Advertisement

File media seperti gambar, kartu ucapan, audio & video bisa menjadi media virus menyusup. Jadi, jika dapat kiriman yang tidak jelas, walaupun cuma gambar, lebih baik jangan dibuka.

Beberapa virus mungkin hanya sekadar menyembunyikan file / folder, beberapa yang lain bisa sampai menghapus total data. Jadi, ada baiknya untuk selalu tetap waspada.

 

Jenis Virus Komputer

jenis virus komputer
gambar: pinimg.com

Virus komputer dapat menginfeksi sistem dalam berbagai bentuk dan berbagai cara. Berikut ini beberapa virus yang paling umum:

  1. Boot Sector Virus.
  2. Direct Action Virus.
  3. Resident Virus.
  4. Multipartite Virus.
  5. Polymorphic Virus.
  6. Overwrite Virus.
  7. Spacefiller Virus.
  8. File Infector Virus.
  9. Web scripting virus.
  10. Browser hijacker.

Boot Sector Virus – Jenis virus yang menginfeksi Master Boot Record (MBR) dan salah satu virus yang sulit untuk dihapus karena seringkali memaksa penganutnya untuk melakukan sistem format. Penyebarannya dari removable media.

Direct Action Virus – Virus ini bersembunyi dan terinstall di memori komputer, ia akan melekat pada jenis file tertentu yang terinfeksi. Anehnya, ia tidak mempengaruhi performa sistem maupun kenyamanan pengguna.

Resident Virus – Virus ini terinstall di komputer, sulit untuk mengidentifikasi dan menghilangkan jenis virus Resident karena ada banyak cara virus ini menyebar.

Multipartite Virus – Virus Ini menginfeksi sektor boot dan file disaat yang bersamaan, sayangnya virus ini bisa menyebar lewat berbagai media, jadi sulit untuk diidentifikasi.

Polymorphic Virus – Virus ini mengubah kode-nya setiap kali file yang terinfeksi dijalankan pengguna. Hal ini dilakukan untuk menghindari program antivirus saat melakukan patroli.

Overwrite Virus – Seperti namanya, virus ini menghapus file apapun yang terinfeksi. Sayangnya, untuk menghentikan penyebaran virus ini, user harus kehilangan data penting. Identifikasi sumber virus juga jadi sulit karena bisa melalui email.

Advertisement

Spacefiller Virus – Dinamakan space filler karena kerja virus ini dengan mengisi ruang kosong media penyimpanan, untungnya tidak menyebabkan kerusakan pada file.

File Infector Virus – Virus ini umumnya menjangkit file / program yang bisa dieksekusi, seperti .file com atau .exe. Tentunya virus ini akan berjalan ketika program dijalankan.

Web scripting virus – Jenis virus ini mengeksploitasi kode browser web dan halaman web. Dan, ketika user mengakses halaman web semacam itu, virus bisa menginfeksi komputer.

 

Ciri – Ciri Komputer Terkena Virus

Gejala yang muncul akibat infeksi virus komputer bisa beragam, beberapa di antaranya seperti:

  1. Muncul banyak PopUp.
  2. Homepage browser berubah.
  3. Banyak email dikirim dari akun kalian.
  4. Sering crash atau freeze.
  5. Performa komputer lambat.
  6. Ada startup program mencurigakan.
  7. Notifikasi akses login akun mencurigakan.

Tapi ingat, tidak semua momen di atas disebabkan karena komputer. Salah satu penyebab komputer lambat juga bisa karena kekurangan resource saat beroperasi.

Kadang, virus juga bersembunyi dengan attribut hidden. Cek bagaimana cara melihat file hidden di komputer.

Tips Mencegah Serangan Virus Komputer

Meskipun tidak terlihat, ada beberapa cara untuk melindungi komputer dari serangan virus:

Advertisement

  1. Gunakan aplikasi antivirus yang bagus.
  2. Hindari mengklik link atau file yang mencurigakan.
  3. Lakukan scan pada sistem secara teratur.
  4. Jangan langsung membuka flashdisk dari komputer lain.
  5. Scan file yang kalian copy atau download.
  6. Gunakan aplikasi / program yang legal dari situs legal.

Terakhir, matikan internet jika digunakan anak-anak. Terkadang, anak-anak tidak tau apa yang mereka lihat, klik ataupun tonton.

Bingung gimana cara install aplikasi antivirus? coba cek tutorial cara install avast dan avast vpn ini

 

Nama Virus & Merk Antivirus Komputer

nama antivirus komputer
gambar: bitdefender.com

Istilah Malware juga mencakup virus komputer dalam bentuk malicious software, seperti worms, ransomware, spyware, adware, trojan, keylogger, dan lainnya.

Contoh Nama Virus

Berikut daftar 10 nama virus yang banyak disebut:

  1. Creeper
  2. Elk Cloner
  3. The Morris Worm
  4. ILOVEYOU
  5. Code Red
  6. Nimda
  7. Slammer
  8. Blaster
  9. Welchia
  10. Commwarrior-A

Contoh Brand Antivirus Terbaik

Berikut 10 software antivirus terbaik versi techradar.com:

  1. Bitdefender Antivirus.
  2. Norton AntiVirus.
  3. Kaspersky Anti-Virus.
  4. Trend Micro Antivirus.
  5. Webroot SecureAnywhere AntiVirus.
  6. Avast antivirus.
  7. Sophos Home.
  8. ESET Antivirus.
  9. Avira Antivirus.
  10. Symantec Endpoint Protection

Sekian, semoga pembahasan tentang virus komputer kali ini bisa sedikit menambah pengetahuan kita bersama. Tertarik dengan artikel seperti ini? cek juga:


Sumber artikel ini: us.norton.com, antivirus.comodo.com, popsci.com

Leave a Comment