Transmit CCQ pada Jaringan

loading..

Teknozone.ID – Ada banyak istilah dalam memperhatikan kekuatan jaringan, seperti CCQ, SNR dan lainnya. CCQ atau transmit CCQ pada jaringan, memiliki peran yang penting, tapi sebagai apa?

Baik kamu pengusaha bisnis RT RW Net atau apapun, CCQ merupakan hal yang penting saat menentukan kekuatan sinyal, saya sendiri dulu sering mencari bagaimana cara meningkatkan CCQ pada UBNT karena agak sulit.

Di sini, saya akan membagikan pengalaman serta merangkainya bersama dengan keterangan user dari forum Ubiquiti, cek di ➡ community.ui.com.

Pengertian CCQ pada Jaringan

apa itu transmit ccq

Singkatnya, CCQ (Client Connection Quality) atau Transmit CCQ adalah qualitas link dalam bentuk persentase.

Angka CCQ yang tertulis biasanya dalam bentuk desibel/decibel atau db dan ditulis dalam bentuk angka negatif.

Jadi, semakin angkanya mendekati positif maka semakin bagus pula kekuatannya. Misalnya, -10 lebih besar dari -70.

Lalu, apa yang menyebabkan CCQ ini rendah? ada banyak hal yang menyebabkan CCQ rendah.

Salah satu penyebab CCQ rendah adalah arah bidik perangkat yang tidak sejajar, jalur sinyal tertutup sesuatu atau saat hujan.

Itulah kenapa para pegiat internet pasti menyarankan untuk menggunakan jaringan kabel (wired) dibanding sinyal, seperti menggunakan LAN dan kabel fiber optic.

Advertisement

cara meningkatkan ccq

CCQ (Client Connection Quality) juga menunjukkan efektivitas bandwidth yang digunakan terhadap bandwidth (max) yang tersedia.

Seperti yang saya sudah bilang sebelumnya, semakin baik CCQ maka semakin baik juga kualitas jaringan, artinya CCQ berbanding lurus dengan throughput.

Advertisement

Tapi, perlu kamu ingat, kekuatan sinyal tak menjamin kamu mendapatkan kualitas throughput yang tinggi. Biasanya, sinyal WiFi 2 bar tanpa halangan lebih baik dibanding 3 bar dengan halangan 3 tembok.

Nilai CCQ yang jelek bisa mempengaruhi kualitas jaringan wireless, untuk kamu yang sering mengalami packet loss, bisa jadi angka CCQ yang buruk adalah penyebabnya.

Untuk pembahasan seputar jaringan lainnya, cek juga:

1 thought on “Transmit CCQ pada Jaringan”

Leave a Comment