Apa itu Runtime Broker

Teknozone.ID – Jika kamu membuka Task Manager, akan ada sebuah program berjalan bernama Runtime Broker. Apa itu Runtime Broker? apakah sebuah virus?.

Runtime Broker adalah sebuah proses Windows yang ada di Task Manager yang membantu user untuk mengelola izin pada PC terhadap aplikasi yang berasal dari Microsoft Store.

Advertisement

Proses ini akan menggunakan beberapa megabyte memori saja, tetapi dalam beberapa kasus, aplikasi yang salah dapat menyebabkan Runtime Broker menggunakan banyak resource bahkan hingga satu gigabyte RAM atau lebih.

 

Bagaimana Cara End Task Runtime Broker?

Apakah runtimebroker.exe boleh untuk di end proses? jawabannya tentu tidak. Sangat penting untuk melindungi diri dan menjaga privasi kamu saat aplikasi dari sumber yang tidak pasti alias universal.

penggunaan ram runtime broker

Tetapi, jika kamu memang melihat proses ini memakan lebih dari 1 gigabyte RAM, melakukan End Task bisa jadi jalan terbaik.

RuntimeBroker.exe adalah proses dari Microsoft yang aman, berguna untuk membantu dalam urusan izin / permission aplikasi yang berasal dari Microsoft Store. Seharusnya ia hanya menggunakan kurang dari 3.000 k RAM.

Jika runtimebroker.exe menggunakan lebih dari 15% dari total memory di Task Manager, kemungkinan ada masalah dengan aplikasi yang ada di PC kamu. Untuk mematikan runtime broker, buka Task Manager, masuk ke proses, pilih runtimebroker.exe lalu klik End Task untuk mengakhiri proses.

 

Apakah Runtime Broker virus?

Bukan, tetapi beberapa pembuat program malware seperti virus, worms atau troja memang sengaja menuliskan kode mereka kedalam program agar lewat dari deteksi, sehingga seakan runtimebroker.exe lah yang bermasalah.

runtime broker ada banyak

RAM digunakan untuk menyimpan informasi yang perlu diakses dengan sangat cepat. RAM akan dikosongkan setiap kali kita mematikan komputer, berbeda dengan hard disk yang menyimpan informasi secara permanen. Jika komputer berjalan lambat, gunakan Task Manager untuk menutup program yang memakan banyak RAM.

 

Ketika komputer dalam keadaan sehat, normal dan sedang tidak digunakan untuk apapun, proses ini tidak menggunakan banyak resource, bahkan CPU 0% saat diam. Tapi, jika kamu perhatikan, runtimebroker.exe akan naik ketika membuka aplikasi.

Meskipun kamu sudah memberhentikan proses ini, ia akan kembali terbuka secara otomatis ketika membuka aplikasi yang terkait. Jadi, jika memang kamu mencurigai ada virus di program ini, silahkan update atau install program antivirus di komputer sekarang.

Leave a Comment