Proses wsappx di Windows 10

Loading...

Suatu ketika, kamu mengecek Task Manager dan melihat ada proses wsappx muncul dan menggunakan banyak resource. Karena program ini mencurigakan kamu ingin menghapusnya, tapi apakah bisa?

Di sini, kamu akan menemukan penjelasan apa itu proses wsappx, mengapa ia memakan resource, apa fungsinya dan apakah boleh dihapus atau tidak.

Apa itu wsappx

proses wsappx di windows 10

WSAPPX adalah proses yang menangani urusan install, menghapus dan mengatur seluruh aplikasi melalui Microsoft Store di Windows 8 dan 10, hal ini karena universal apps tidak ada di versi Win7 dan sebelumnya.

wsappx merupakan proses yang bertanggung jawab untuk setidaknya tiga layanan Windows (Windows Layanan) yang semuanya memiliki keterkaitan dengan Microsoft Store

Untuk melihat WSAPPX, kamu bisa membuka Task Manager dan menekan tombol More details untuk mencari proses di bagian tab Process (scroll ke bawah).

Biasanya, ada 2 WSAPPX, pertama Client License Service (ClipSVC) dan AppX Deployment Service (AppXSVC). Baik Windows 8 maupun 10 memiliki AppXSVC.

Mengapa WSAPPX Memakan Resource

wsappx cpu disk tinggi

Seringnya, kamu hanya akan melihat wsappx ini saat membuka dan Microsoft Store. Saat mendownload aplikasi atau menginstall update OS, ia juga akan menggunakan resource karena wsappx dibutuhkan sistem.

Tapi, jika kamu tidak menggunakan Microsoft Store tapi wsappx tetap aktif dan menggunakan CPU & Disk, besar kemungkinan proses ini membantu aplikasi yang sedang update.

Jangan lupa bahwa virus juga bisa menyamar menjadi program yang seakan-akan membutuhkan wsappx, sehingga penggunaan cpu & disk meningkat dengan sendirinya.

Advertisement

Mengatasi wsappx Menggunakan CPU &

Disk

hapus wsappx

Karena proses update background kamu akan melihat seakan wsappx yang menggunakan cpu & disk tinggi. Untungnya, kamu bisa mencegah hal ini.

Untuk mematikan penggunaan wsappx di belakang layar, buka Microsoft Store, lalu klik icon titik 3 (menu) di pojok kanan atas, lalu klik Settings. Di menu Settings, matikan fitur Update aplikasi otomatis.

Setelah mematikan fitur update aplikasi otomatis (Update apps automatically), kamu sudah mencegah aplikasi untuk mengupdate dirinya sendiri dan membuat wsappx menggunakan resource berlebih.

Advertisement

Apakah wsappx Boleh Dihapus?

Proses wsappx adalah proses sistem yang vital. Artinya, jika kamu melakukan End Proses lewat Task Manager, Windows tidak dapat berjalan dan akan terjadi blue screen.

Sayangnya, kamu tidak bisa mengatur kapan proses wsappx muncul dan berhenti. Tapi yang pasti, proses ini hanya akan muncul ketika Windows menjalankan perintah yang membutuhkan proses ini.

Jika wsappx masih menggunakan CPU dan Disk mu secara masif, menghapus aplikasi dari Store yang kamu tidak gunakan bisa membantu untuk mengurangi penggunaan resource.

Leave a Comment