Perbedaan WISP dan Repeater

Loading...

Teknozone.ID - Menggunakan router dalam mode WISP ataupun Repeater untuk memperluas penyebaran sinyal memang sudah umum dilakukan. Perbedaan antara WISP dan Repeater juga mungkin sulit dijabarkan, di sini saya coba menggunakan bahasa yang mudah agar dapat dimengerti.

Perbandingan:

Mode Repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan wireless guna mencakup wilayah yang tidak tercakup oleh sinyal. Sedangkan, mode WISP Client router memungkinkan pengguna layanan internet wireless membagikan kembali koneksi internet dengan komputer tanpa perlu router tambahan.

WISP Mode

mode wisp pada router

Router dengan mode WISP, akan terhubung ke jaringan WiFi kemudian menggunakan internet dari sumber sambil membuat jaringan WiFi yang baru.

Jaringan WiFi sumber internet dengan jaringan WiFi yang dibuat dengan mode WISP sepenuhnya berbenda, jadi pengguna tidak bisa melihat satu sama lain kecuali dalam jaringan yang sama. Di sini akan ada 2 DHCP server yang beroperasi, itulah kenapa diberi nama Wireless Internet Service Provider.

Mode WISP, banyak ditemukan di beberapa brand router terkenal. Terlebih, kedepannya mungkin WISP akan lebih populer dibandingkan repeater mode karena kemudahan dan kemudahan untuk membuat jaringan baru yang berbeda dari sumber internet.

Universal Repeater

mode repeater pada router

Router dengan mode universal repeater akan terhubung ke jaringan WiFi, memperkuat dan menyebarkannya kembali untuk memperluas jangkauan sinyal dari sumber jaringan yang ada.

Jaringan yang digunakan sama, jadi semua fungsi internet sharing tetap akan bekerja seperti biasa. Semua data yang digunakan seperti SSID dan password wifi juga masih menggunakan data yang sama.

Advertisement

Mode Repeater sering digunakan untuk memperluas jangkauan sinyal wifi mereka, terutama di ruangan-ruangan yang memiliki halangan / obstacle, seperti tembok, pohon, cermin dan lainnya.

Kesimpulan

Dari kedua fungsi di atas, gunakan repeater untuk menyebarkan jangkauan internet tanpa harus membuat jaringan baru, cocok digunakan untuk penggunaan rumah namun sinyal lemah atau banyak halangan.

Advertisement

Gunakan WISP untuk menarik sinyal dan membuat jaringan baru, contohnya jika kamu ingin menggunakan sinyal @wifi.id di dekat rumah lalu menyalurkannya ke router kamu atau membuat jaringan baru.

Meskipun terlihat sama, bisa disimpulkan bawa ada perbedaan antar wisp dan repeater. Penggunaannya tergantung pada kondisi sekitar lingkungan.

Untuk artikel seputar jaringan dan router lainnya, cek juga:

Leave a Comment