Perbedaan AMD dan Intel

X
Loading...

Pada saat ini laptop atau komputer menjadi salah satu benda wajib yang manfaatnya tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan.

Hal tersebut karena seluruh pekerjaan dapat dikerjakan dengan mudah seperti tugas sekolah maupun kantor.

Terdapat suatu komponen yang sangat penting dalam komputer/laptop, yaitu prosesor yang memastikan bahwa komputer/laptop berfungsi dengan baik.

Pertanyaan utamanya adalah; apa perbedaan AMD dan Intel? Oke, akan dibahas dalam artikel kali ini, yuk simak pembahasannya.

Prosesor menjadi sangat penting karena berperan sebagai komponen utama atau otak dari komputer/laptop.


Intel vs AMD

perbandingan benchmark intel dan amd
perbandingan multi-threaded performance ranking intel vs amd

Advertisement

Berikut ini merupakan beberapa perbandingan dan perbedaan AMD dan Intel.

IntelAMD
Harganya lebih mahal.Harganya lebih murah
Lebih efisien daripada AMD.Tidak lebih efisien daripada Intel.
Mudah panas jika digunakan dengan clock speed boost (14 nm).Pada umumnya lebih dingin karena litografi yang lebih kecil (TSMC 7nm yang mirip dengan Intel 10 nm).
IPC (Rocket Lake) lebih rendah daripada AMD (Zen 3).IPC (Zen 3) lebih tinggi daripada Intel (Rocket Lake).
Clock speed bisa mencapai dan bahkan lebih dari 5.0 GHzClock speed bisa mencapai 5.0 GHz namun menghasilkan panas yang berlebih.
iGPU diaplikasikan pada hampir semua CPU seri Core i (kecuali Core i F-series).iGPU hanya diaplikasikan pada seri AMD APU saja dengan performa GPU yang lebih tinggi daripada Intel iGPU (HD Graphics).
Mempunyai kemampuan multiprocessing simetris mencapai 4 soket atau 28 core.Mempunyai kemampuan multiprocessing simetris mencapai 8 soket atau 128 core.

Di pasaran saat ini ada 2 merek prosesor yang sangat terkenal, yaitu AMD dan Intel. Karena persaingan yang ketat antara ke-2 merek tersebut sehingga muncul banyak perdebatan mana yang lebih baik.


Kelebihan dan Kekurangan Intel dan AMD

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara prosesor buatan Intel dan AMD.

Adapun dari segi efisiensi, hal tersebut tergantung dari apa yang kamu bandingkan. Secara umum berikut merupakan kelebihan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD.

Kelebihan Prosesor Intel:

  • Tidak mudah panas
  • Tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising
  • Multimedia yang lebih baik

Advertisement

Kekurangan Prosesor Intel:

  • Harga mahal
  • Biaya perbaikan mahal
  • Kurang baik dari segi grafis

Kelebihan Prosesor AMD:

  • Harga lebih murah
  • Baik dalam segi grafis
  • Cepat dalam mendeteksi virus/malware
  • Baik dalam menangani aplikasi 64 bit

Kekurangan Prosesor AMD:

  • Lebih cepat panas
  • Kurang baik dalam segi multimedia

1. Intel

foto generasi prosesor intel
daftar prosesor terbaru dari intel

Intel merupakan singkatan dari "Integrated Electronics". Intel Corp didirikan oleh Robert Noyce dan Gordon Moore pada tahun 1968 yang berbasis di Santa Clara, California, Silicon Valley, Amerika Serikat.

Intel Corp ini adalah salah satu perusahaan multinasional yang terkenal dengan rancangan dan juga produksinya yaitu mikroprosesor dan khusus memproduksi sirkuit terpadu.

Perusahaan ini merupakan pengembang mikroprosesor X86 pertama yang pernah ada yaitu dengan nama produk Intel 8086 pada tahun 1978.

prosesor lama intel 8086
prosesor lama intel, memiliki performa yang jauh berbeda dengan yang sekarang

Intel 8086 ini bukan merupakan mikroprosesor pertama yang dibuat oleh Intel Corp, produk pertamanya adalah Intel 4004 dibuat pada tahun 1971 yang digunakan pada mesin kalkulator Busicom.

Berikut ini merupakan beberapa contoh produk mikroprosesor dari Intel Corp:

  • Intel Xeon
  • Intel Core i Series
  • Intel Core m Series

Apabila kita menilai mikroprosesor buat intel dari skala 1-10, Intel Corp mampu memberikan dalam skala 4-10.

Prosesor buatan Intel Corp ini selalu mempunyai kinerja CPU yang baik dan hampir semua mikroprosesor buatan Intel Corp sudah dilengkapi dengan iGPU.

Advertisement

Selain itu prosesor besutan Intel Corp juga mempunyai clock speed yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan prosesor AMD. Hal tersebut didukung dengan konsumsi baterai dan daya tahan baterai yang lebih tinggi.

Sehingga untuk beban kerja singkat dan peningkatan single core terutama di laptop, performa dari baterai tidak akan menjadi masalah.

Namun, apabila kamu ingin mengubah kapabilitas prosesor, motherboard, atau soket, maka kamu akan menemukan keterbatasan jika dibandingkan dengan prosesor AMD.


2. AMD

foto generasi baru prosesor amd
prosesor generasi baru dari amd, kecepatan dan performa sangat tinggi

AMD merupakan singkatan dari "Advance Micro Devices". AMD Inc didirikan oleh Jerry Sanders, Jack Gifford pada tahun 1969 dan berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

AMD Inc adalah perusahaan semikonduktor multinasional yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi terkait.

Sehingga, laptop yang dilengkapi dengan prosesor Ryzen ini tidak cepat panas jika digunakan dan konsumsi baterainya juga tidak boros. Berikut ini beberapa produk prosesor dari AMD Inc.

Advertisement

  • AMD Ryzen
  • AMD Threadripper
  • AMD FX-Series
  • AMD EPYC
  • AMD Opteron
  • AMD Athlon 64

Prosesor pertama buatan AMD Inc ini adalah K5 dibuat pada tahun 1996 yang mempunyai arti bahwa produk tersebut akan mampu mengalahkan produk dari saingannya yaitu Intel Corp.

Simbol K merujuk pada "Kryptonite", yang apabila dihubungkan dengan komik, benda tersebut merupakan benda yang bisa mengalahkan Superman. Dalam hal ini yang berperan sebagai Superman adalah Intel Corp.

prosesor lama amd athlon 64
prosesor lama amd athlon 64

Sedangkan untuk angka 5-nya merujuk pada generasi ke-5 dari prosesor X86. Agar penilaian kita sama, maka jika diukur dengan skala 1-10 prosesor AMD dapat dinilai dengan skala 5-10.

Salah satu produknya yaitu AMD APU juga bisa dibilang sebagai pilihan baik untuk kinerja iGPU dan mempunyai kinerja yang setara dengan seri Core i.

Laptop yang dilengkapi dengan prosesor Ryzen sering kali mempunyai clock speed yang lebih rendah dan kurang agresif jika dibandingkan dengan laptop yang dilengkapi dengan prosesor Intel.


Jadi, AMD Ryzen dan Intel Lebih bagus mana?

AMD Ryzen dan juga CPU Intel Core pada dasarnya menawarkan performa yang serupa. Akan tetapi secara umum, prosesor AMD Ryzen lebih baik dalam multitasking, sedangkan CPU Intel Core lebih cepat dalam single core. Jika dilihat dari segi harga CPU Ryzen menawarkan harga yang lebih murah.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊