Perbedaan Algoritma dan Program

loading..

Algoritma komputer bekerja melalui input dan output. Mereka mengambil input dan menerapkan setiap langkah algoritme ke informasi untuk menghasilkan output.

Misalnya, mesin telusur (search engine) adalah algoritme yang mengambil kueri penelusuran atau keyword sebagai masukan dan menelusuri basis datanya untuk hasil yang relevan.

Terlepas dari konteks tujuan penggunaannya, pada dasarnya algoritma tetap berperan sebagai pemecah masalah dan seringnya mengotomatisasi solusi untuk masalah tertentu.

Algoritma vs Program

definisi algoritma
definisi ilustrasi algoritma | gambar: GeeksforGeeks

Algoritma adalah serangkaian operasi step by step yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah. Sedangkan Program komputer adalah urutan instruksi yang mematuhi aturan bahasa pemrograman tertentu, ditulis untuk melakukan tugas tertentu dengan komputer.

Sebuah algoritma bukanlah kode komputer, ia tertulis dalam bahasa biasa dan mungkin dalam bentuk diagram alur dengan gambar garis panah, daftar bernomor, atau pseudocode (bahasa semi-pemrograman).

Advertisement

Algoritma biasanya dibuat tidak bertele-tele, dibuat sangat jelas dan efisien, memiliki awal, tengah, dan akhir

Advertisement

definisi program
ilustrasi program | gambar: wikihow

Bisa dibilang, algoritme adalah prosesnya, sedangkan pemrograman adalah implementasinya, yang khusus untuk bahasa pengkodean, cara kerja aplikasi dan lainnya

Salah satu contoh algoritma yang bisa kita lihat adalah Algoritma pada search engine Google. Ketika kita mencari buku mewarnai dan buku gambar, Algoritma akan bekerja untuk memberikan hasil terbaik sesuai keinginan penggunanya.

Leave a Comment