VPN (Virtual Private Network)

Advertisements

Teknozone.ID – Di artikel ini kita akan membahas sebuah jaringan yang sudah sangat umum digunakan, yaitu VPN (Virtual Private Network). Simak pengertian, fungsi, cara kerja dan beberapa tips dalam memilih VPN dari kita.

VPN, atau Virtual Private Network, memungkinkan user untuk membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui Internet. VPN dapat digunakan untuk mengakses situs web yang diblokir dan melindungi aktivitas dan banyak lainnya.

Pada dasarnya, VPN pada dasarnya meneruskan / mengalihkan semua traffic jaringan, salah satu manfaatnya adalah kalian bisa mengakses network resources dan membypass sensor


Pengertian Apa itu VPN?

apa itu vpn
source: https://www.cloudflare.com/learning/access-management/what-is-a-vpn/

Advertisements

Sederhananya, VPN menghubungkan PC, Smartphone atau tablet kita ke server di suatu tempat di internet. Kemudian, ia yang membantu kita untuk mengakses internet menggunakan koneksi internet komputer tersebut.

Dan, jika server VPN itu berada di negara lain, hasilnya seakan-akan kalian searching / browsing dari negara tersebut. Itulah kenapa, beberapa situs yang diblokir bisa terbuka.

Di Indonesia dan negara lain, banyak orang yang menggunakan VPN untuk keperluan torrent atau bypass blokir negara (internet positif). VPN juga sangat berguna untuk melindungi diri saat mengakses wifi di tempat umum.

Saat aktif, VPN seakan mengambil alih koneksi Internet untuk melalui jalur yang aman, saat mengakses kita akan menjadi anonim dan membantu kita dalam membuka akses situs yang diblokir.

Fungsi & Manfaat VPN

manfaat dan fungsi vpn
source: https://i.pinimg.com/originals/eb/0f/81/eb0f818855ac2afa5ed75305e4fc3221.jpg

Virtual private network (VPN) adalah pemrograman yang menciptakan koneksi terenkripsi yang aman untuk melewati jaringan yang kurang aman, seperti internet publik.

VPN menggunakan protokol tunneling untuk mengenkripsi data di ujung pengiriman dan mendekripsi di ujung penerima. Untuk memberikan keamanan tambahan, alamat jaringan asal dan penerima juga dienkripsi.

Untuk mendapatkan akses ke restricted resource terbatas melalui VPN, pengguna harus diberi wewenang untuk menggunakan aplikasi VPN dan menyediakan satu atau beberapa faktor otentikasi, seperti password atau security token.

Manfaat VPN (Virtual Private Network)

VPN memang terdengar sederhana, tetapi dapat digunakan untuk berbagai hal. Kinerja VPN dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kecepatan koneksi internet pengguna, jenis protokol yang digunakan penyedia layanan internet dan jenis enkripsi yang digunakan VPN.

Advertisements

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan VPN:

  1. Akses Internet lebih privacy.
  2. Akses Internet yang lebih aman.
  3. Lebih banyak situs yang bisa diakses.
  4. Akses Internet yang lebih rahasia.

Kenapa lebih privacy, aman dan lebih rahasia?. Saat menggunakan VPN yang aktif, ada beberapa hal yang akan disembunyikan / diamankan data pribadi ketika mengakses Internet, seperti:

  • History browsing.
  • IP address dan lokasi.
  • Lokasi saat men-streaming.
  • Perangkat yang digunakan.
  • Aktivitas yang dilakukan.

Terlepas dari penyedia mana yang digunakan, kalian harus yakin bahwa VPN akan memberikan lebih banyak keamanan, privasi, dan lebih anonim ketika online di tempat umum.

Cara Kerja VPN

cara kerja vpn
source: https://www.yellowstonecomputing.net/uploads/2/2/1/6/22165724/how-a-vpn-works-infographic-730x484_orig.png

Saat pertama komputer atau perangkat lain terhubung ke VPN, perangkat bertindak seolah-olah ia berada di jaringan lokal yang sama dengan VPN. Nantinya, semua traffic di jaringan kalian dikirim melalui koneksi yang aman ke VPN.

Karena komputer sudah berperilaku seolah-olah berada di jaringan VPN, inilah yang memungkinkan kita untuk mengakses resource di jaringan lokal dengan aman.

Saat mengakses VPN kita juga dapat menggunakan Internet seolah-olah kita berada di negara server VPN, sangat bermanfaat jika kita menggunakan Wifi umum atau ingin mengakses situs web yang diblokir.

Advertisements

Saat kita surfing di web saat terhubung di VPN, komputer / perangkat akan mengakses situs web melalui koneksi terenkripsi dari VPN. VPN meneruskan request dan meneruskan tanggapan server situs web melalui koneksi yang maan.

Cara Mendapatkan VPN

Tergantung dari jenis apa yang kalian butuhkan, kalian bisa mendapatkan VPN untuk keperluan kerja, atau membuat server VPn sendiri. Cara termudah untuk mendapatkan VPN adalah dengan mendownload aplikasi VPN.

Di Android, begini cara mendapatkan VPN:

  1. Buka Play Store ➡ Ketik VPN.
  2. Cari VPN yang paling sesuai.
  3. Klik tombol Install ➡ tunggu proses download.

Ada banyak contohnya di Internet, kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi gratisan. Apalagi aplikasi yang meminta izin untuk membaca data / informasi kontak kalian saat diinstal.

Aplikasi VPN sering digunakan orang untuk melindungi transmisi data di perangkat seluler mereka saat mengunjungi situs web. Namun, akses yang aman ke jaringan atau situs web melalui VPN tidak sama dengan private browsing biasa.

Advertisements

Beberapa jenis VPN juga membutuhkan akun sebelum mengakses, atau malah berbayar. Tentunya, walaupun tersebar secara umum, tidak disarankan untuk menggunakan VPN gratisan.

Untuk artikel seputar VPN dan jaringan lainnya, cek juga:


Sumber artikel ini: howtogeek.com, techtarget.com

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊