Pengertian SFP

Advertisements

SFP (Small Form-Factor Pluggable) adalah transceiver pluggable yang dihubungkan ke port SFP dari perangkat jaringan.

Small form-factor pluggable (SFP) adalah modul interface jaringan yang ringkas dan digunakan untuk aplikasi telekomunikasi dan komunikasi data.

Interface SFP pada perangkat keras jaringan adalah slot modular untuk transceiver khusus media untuk menghubungkan kabel serat optik atau terkadang kabel tembaga.

SFP diklasifikasikan berdasarkan kemampuan kecepatannya. Beberapa jenisnya seperti 100Base, 1000Base Gigabit, dan 10Gig (SFP+).

gambar port sfp
gambar sfp

Advertisements

Untuk sebagian besar modul Fiber SFP, kecepatan transmisi adalah 1 Gigabit, tetapi versi yang lebih baru seperti SPF+ memiliki kecepatan transmisi yang lebih tinggi, dari 10 hingga 25 Gigabit.

Advertisements

Modul SFP dibedakan oleh kemampuan bandwidth, panjang gelombang, dan kemampuan jaraknya. SFP yang kamu pilih harus kompatibel dengan kabel serat yang dipasang.

  • Serat mode tunggal memerlukan SFP yang kompatibel dengan mode tunggal.
  • Serat multimode memerlukan SFP yang kompatibel dengan multimode

Karena port Ethernet RJ45 dan port SFP bekerja pada kecepatan yang sama, menggunakan port RJ45 daripada SFP untuk menghubungkan sakelar mungkin lebih ekonomis, karena kabel Cat5e / Cat6 lebih murah daripada koneksi SFP dengan transceiver dan kabel yang sesuai.

Advertisements

fungsi sfp

SFP memungkinkan kamu untuk menggunakan optik atau tembaga yang berbeda pada perangkat keras. Jadi SFP lebih fleksibel (dan bisa lebih cepat) daripada interface 1000BASE-T bawaan, tentunya juga lebih mahal.

Jika dibandingkan, transceiver SFP dan SFP+ hampir sama dalam ukuran dan tampilan.

Perbedaan utamanya adalah SFP+ adalah versi terbaru yang mendukung kecepatan lebih tinggi hingga 10Gbps.

Advertisements

Perbedaan kecepatan data juga menyebabkan perbedaan jarak transmisi. SFP biasanya memiliki jarak transmisi yang lebih panjang.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊