Scanner

Loading...

Teknozone.ID - Salah satu cara untuk memindai sebuah gambar, poster, text, foto atau majalah adalah dengan menggunakan scanner atau alat pemindai atau scanner. Di artikel ini kita kan belajar tentang pengertian, fungsi & jenis-jenis scanner.

Scanner (Pemindai) adalah perangkat elektronik yang dapat menangkap gambar dari benda-benda fisik dan mengubahnya menjadi format digital, informasinya akan disimpan di komputer, dan dilihat atau dimodifikasi menggunakan aplikasi software.

Fungsi dasar dari alat scanner / pemindai adalah untuk menganalisis gambar dan reproduksinya menjadi data digital menggunakan teknik penoptical character recognition.


Fungsi Scanner

fungsi scanner
source: https://ehopper.com/wp-content/uploads/symbol-ls2208-barcode-scanner-1.jpg

Scanner / pemindai adalah alat yang yang menangkap gambar dari cetakan foto, poster, dan halaman majalah untuk mengedit dan ditampilkan komputer. Scanner termasuk kategori perangkat keras input / input device.

Kebanyakan dokumen yang telah dipindai kemudian dikonversi ke dalam format digital seperti PDF dan dikirim ke komputer klien yang terhubung. Di sini, user baru melihat dan mengedit hasilnya

Scanner (pemindai) dengan resolusi tinggi digunakan untuk pemindaian dengan hasil cetak dengan resolusi tinggi pula, tapi scanner dengan resolusi rendah biasanya digunakan untuk menampilkan gambar di komputer.

Beberapa alat pemindai / scanner juga memiliki fitur untuk mengirim file ke folder, email dan atau server tertentu. Tapi khusus fitur pengiriman email & server tentunya didukung dengan Internet.

Jenis-Jenis Scanner

jenis jenis scanner
source: https://www.blue-pencil.ca/wp-content/uploads/2018/07/PRINTERS.png

Di artikel ini kita akan memperkenalkan beberapa macam scanner yang paling umum, termasuk penjelasan perihal biaya dan penggunaannya. Empat jenis scanner / pemindai yang umum adalah: Scanner Flatbed, Sheet-fed, Handheld, dan Drum.

1. Flatbed Scanner

Flatbed scanner adalah jenis yang paling sering digunakan, karena cocok untuk penggunaan rumah dan kantor. Cara mereka memindai dokumen adalah dengan rolls under the document untuk mendapatkan gambar.

Untuk penggunaan bisnis yang membutuhkan kemampuan proses yang tinggi, scanner flatbed bisa memindai dokumen dalam jumlah banyak dengan sekali klik.

2. Sheet-Fed Scanners

Jenis pemindai ini bekerja seperti pemindai flatbed tetapi gambar dimasukkan melalui pemindai dan gambarnya yang bergerak, bukan hanya cahayanya. Jenis ini bisa digunakan untuk memindai dokumen yang tak terlalu banyak.

~ Integrated Scanners ~

Advertisement

Jenis pemindai yang disebutkan di atas adalah jenis yang paling umum digunakan di rumah dan kantor kecil. Integrated scanner merupakan jenis pemindai modern, contohnya bisa ditemukan pada fitur ATM

3. Drum Scanners

Jenis alat pemindai ini biasanya dimiliki perusahaan yang membutuhkan hasil gambar dengan resolusi tinggi. Dikarenakan biayanya yang cukup mahal, mungkin hanya beberapa perusahaan juga yang memilikinya.

4. Portable Scanners

Advertisement

Seperti namanya, pemindai portable dirancang untuk menangkap tampilan text dan data gambar lainnya secara portable. Scanner ini memiliki sumber tenaga yang berasal dari baterai, atau mungkin ada yang dicharge.

pengertian scanner
source: https://static.bmdstatic.com/pk/product/medium/5a701e502397b.jpg

Saat memilih scanner, ada beberapa fitur / kelebihan yang bisa dijadikan acuan awal. Beberapa nama produsen scanner yang terkenal seperti: Epson, Hewlett-Packard, Microtek, dan Relisys.

Tapi, jika kalian ingin membeli sebuah scanner, sangat disarankan untuk mempertimbangkan kebutuhan kalian. Penggunaan kantor, sekolah dan rumahan, akan lebih efisien membeli printer AIO yang sudah termasuk scanner, baca di artikel tentang printer.


Sumber artikel ini: technopedia.com, techtarget.com, wikibooks.org, ricoh.com

Leave a Comment