Router

Advertisement

Teknozone.ID – Di artikel ini kita akan membahas seputar pengertian router, fungsi, jenis dan cara kerja router. Butuh referensi untuk tugas kalian? langsung lihat bagian rangkuman aja ?

Artikel ini dibuat dengan mengulas ulang dari media luar yang valid dan authority. Untuk validasi data, kalian bisa membaca bidang referensi di akhir artikel.

 

Definisi

pengertian router
image: lifewire

Router adalah perangkat jaringan yang meneruskan paket data antara jaringan komputer. Suatu paket biasanya diteruskan dari satu router ke router lain melalui jaringan hingga mencapai node tujuannya.

Apa itu Wireless Router

Wireless router adalah adalah perangkat yang menjalankan fungsi router dan juga mencakup fungsi wireless access point. Fungsi ini digunakan untuk menyediakan akses ke Internet atau jaringan komputer pribadi.

Apa itu Mikrotik Router

MikroTik RouterOS adalah sistem operasi hardware untuk MikroTik RouterBOARD. RouterOS juga bisa diinstal pada PC dan mengubahnya menjadi router.

Semua fitur yang diperlukan juga ikut terpasang, seperti routing, firewall, manajemen bandwidth, wireless access point, gateway hotspot, server VPN dan lainnya.

 

Fungsi

Router menjalankan fungsi pengarah lalu lintas / traffic directing di Internet. Data yang dikirim melalui internet, seperti halaman web atau email, adalah dalam bentuk paket data.

Advertisement

Fungsi Router

Tujuan utama router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan dan meneruskan paket yang ditujukan, baik untuk jaringannya sendiri atau jaringan lain.

Router, dianggap sebagai perangkat layer-3 / layer-3 device karena primary forwarding didasarkan pada informasi yang ada pada IP layer-3, khususnya alamat IP tujuan.

Fungsi Router WiFi

Router nirkabel / wireless router terhubung langsung ke modem dan memungkinkannya untuk menerima informasi dan mengirimkan informasi dari dan ke internet.

Kemudian, router membuat dan berkomunikasi dengan jaringan Wi-Fi rumah menggunakan bantuan antena.

 

Jenis Router

jenis router
image: https://image.slidesharecdn.com/introlatestfinal-130409093758-phpapp02/95/introduction-to-router-7-638.jpg

Jenis router terbagi menjadi berbagai macam, tergantung dari sudut pandang yang kalian gunakan.

Wired Router

Wired router adalah perangkat berbentuk kotak yang terhubung langsung ke komputer melalui koneksi “hard-lined” atau wired connection.

Advertisement

Sebuah port pada wired router memungkinkan router untuk terhubung ke modem untuk menerima paket data Internet. Sedangkan port-port lainnya digunakan untuk terhubung ke komputer agar paket data Internet dapat didistribusikan.

Wireless Router

Mirip dengan router kabel / wired router, wireless router terhubung ke modem untuk menerima paket data Internet, tetapi router wireless / nirkabel mendistribusikan paket data menggunakan bantuan antena

Core Routers vs. Edge Routers

Core Routers adalah router wired atau wireless yang mendistribusikan paket data Internet dalam suatu jaringan, tetapi tidak mendistribusikan paket data antar beberapa jaringan.

Sebaliknya, Edge Routers adalah router wired atau wireless yang mendistribusikan paket data Internet antara satu atau lebih jaringan, tetapi tidak mendistribusikan paket data dalam suatu jaringan.

Advertisement

Virtual Router

Seperti namanya, virtual router adalah objek yang tidak berwujud yang bertindak sebagai default router untuk komputer yang berbagi / sharing jaringan.

 

Cara Kerja

cara kerja router
image: grandmetric.com/wp-content/uploads/2017/12/Screenshot_541.png

Tujuan utama penciptaan router adalah untuk keperluan jaringan internet. Router menghubungkan komputer dan perangkat lain ke Internet

Cara Kerja Router

Router akan terhubung langsung ke modem melalui kabel, kemudian paket data (informasi) masuk ke dalam router agar bisa terhubung ke Internet. Selanjutnya, data tersebut akan diteruskan ke PC melalui kabel melalui kabel lain, pada router yang sama.

Cara Kerja Router WiFi

Router WiFi terhubung ke Internet dengan bantuan built-in antena untuk membuat / menyebarkan dan berkomunikasi dalam jaringan. Tujuannya adalah agar perangkat dalam jaringan rumah memiliki jaringan ke Internet.


Referensi: en.wikipedia.org, itstillworks.com, us.norton.com, mikrotik-routeros.net

Leave a Comment