Pengertian ARP & Cara Kerjanya

Advertisement

Apa itu ARP? ARP atau Address Resolution Protocol adalah salah satu protokol yang paling penting dari lapisan jaringan dalam model OSI / OSI Layer yang membantu dalam menemukan alamat MAC yang diberikan alamat IP sistem

Tugas atau fungsi utama protokol ARP adalah untuk mengubah 32- bit alamat IP (untuk IPv4) ke alamat 48-bit yaitu alamat MAC

Di Windows, perintah ARP adalah utilitas TCP/IP dan perintah Microsoft Windows untuk melihat dan memodifikasi cache Address Resolution Protocol (ARP) lokal, yang berisi daftar alamat MAC host Internet Protocol (IP) yang baru diselesaikan di jaringan.

Advertisement

 

Cara Kerja ARP

cara kerja arp
gambar cara kerja arp | ipcisco.com

ARP memaksa semua host penerima untuk membandingkan alamat IP mereka dengan alamat IP dari permintaan ARP. Jadi jika host 1 mengirim paket IP lain ke host 2, host 1 mencari tabel ARP untuk alamat MAC router 1.

Jika router/gateway default menjadi tidak tersedia / mati, maka semua penerusan rute/paket ke tujuan jarak jauh akan berhenti.

Advertisement

ARP itu Layer Berapa?

ARP bekerja di antara lapisan jaringan 2 dan 3 dari model Open Systems Interconnection (model OSI). Alamat MAC ada di lapisan 2 model OSI, lapisan data link, sedangkan alamat IP ada di lapisan 3, lapisan jaringan.

Beda ARP dan DNS

ARP menerjemahkan alamat IP ke alamat fisik terkait (tujuan). Tujuan dari Address Resolution Protocol untuk mengetahui MAC Address suatu perangkat di LAN.

Advertisement

Sedangkan DNS (Domain name system/Domain name server) yang memetakan alamat IP menjadi nama yang dapat dibaca manusia dan sebaliknya (misal: 172.217.194.102 menjadi situs Google.com)

 

ARP diperlukan karena perangkat keras ethernet berkomunikasi menggunakan alamat ethernet, bukan alamat IP. Misalkan satu mesin, dengan alamat IP 2 di jaringan ethernet, ingin berbicara dengan mesin lain di jaringan yang sama dengan alamat IP 8.

Leave a Comment