Netflix Tidak Bisa Dibuka

 

Teknozone.ID – Waktu luang sangat cocok untuk diisi dengan kegiatan hiburan, dan salah satunya adalah dengan menonton acara Netflix. Sayangnya, dengan alasan tertentu, aplikasi ini tidak bisa dibuka secara normal, kira-kira apa penyebabnya ya?.

Tak hanya di Indonesia, Netflix telah menjadi salah satu media streaming yang cukup populer di negara lainnya. Jika kamu mengalami beberapa kendala di bawah ini, coba lakukan solusi yang kami sarankan.

Disclaimer: Beberapa solusi di bawah ini berhasil tergantung perangkat, akun dan kondisi orang lain. Tetap ada kemungkinan gagal saat melakukannya.

Penyebab Masalah Pada Netflix dan Solusinya

Meskipun sebanding dengan kualitas yang kita dapat dengan membayar premium, berikut beberapa masalah yang sering dihadapi pengguna beserta solusinya:

1. Aplikasi crash saat digunakan

cara memperbaiki netflix yang error

Masalah ini yang paling klasik dan banyak yang mengalaminya. Jika ini terjadi pada kamu, maka jangan panik. Jika kamu menggunakan aplikasi di smartphone, cukup force close aplikasinya dan buka ulang. Jika masalah tak kunjung selesai, cukup install ulang saja dari App Store atau Play Store kamu.

Bagi pengguna Smart TV, caranya sebenarnya sama, cukup logout dari Netflix, hapus cache yang tersimpan, lalu login kembali untuk memuat cache baru. Jika loadingnya sedikit lebih lama, tak apa karena memang tujuannya untuk memuat ulang data-nya.

Bagi pengguna komputer dan gadget lainnya, coba matikan antivirus, firewall atau VPN yang kamu gunakan untuk sementara waktu. Antivirus memiliki kemampuan untuk memutuskan jaringan, menutup program dan akses lain yang dirasa mengganggu keamanan.

2. Error 12001 Netflix di Smartphone (Android)

netflix error - error 12001

Bagi pengguna Android, error ini muncul ketika kamu akan menggunakan aplikasi Netflix. Entah itu Smartphone ataupun tablet, jadi tak masalah. Penyebabnya adalah data yang outdated dan user harus me-refresh data tersebut sebagai solusinya, bagaimana caranya?.

Buka Settings di Android, lalu buka kolom yang mengontrol aplikasi, biasanya di SettingsApps. Scroll sampai kalian menemukan Netflix di sana. Cari tombol Storage, lalu klik Clear Data. Untuk masalah ini, tombolnya bisa berbeda-beda tergantung brand smartphone yang kamu gunakan.

3. Tidak bisa mendownload konten di Netflix

Mulai tahun 2016, pengguna bisa menonton film favorit mereka dengan mode offline, alias download dulu nontonnya nanti. Hal ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki kualitas internet yang kurang baik, tetapi sayang terkadang kita tidak bisa mendownloadnya.

Untuk solusi yang satu ini, kita tidak punya saran lain selain me-reset aplikasinya atau menggunakan smartphone yang sudah di “root / jb”. Pastikan juga kamu memiliki storage yang cukup saat mendownload film. Jika filmnya 1 GB, maka sediakan storage 2 GB.

Untuk me-reset caranya sama dengan melakukan Clear data di atas. Lebih mudahnya kamu bisa Re-install Netflix dari awal. Catatan, kamu tidak perlu melakukan factory default.

4. Error 1012 di Netflix iOS (Apple)

netflix error - error 1012

Penyebab munculnya error 1012 di Netflix pada iOS adalah aplikasi Netflix tidak dapat terhubung dengan servernya. Artinya, ini masalah konektivitas atau bisa jadi jaringan. Metode dasar untuk mengatasi masalah ini adalah restart aplikasi, restart perangkat atau restart router (internet).

Jika ke-3 cara di atas sudah kamu lakukan dan tak menunjukkan hasil yang positif, uninstall netflixnya, bersihkan data (cache) pada perangkat kamu, lalu download lagi dari awal.

Jangan lupa untuk menutup aplikasi nya dengan menekan tombol Home 2x dan swipe up aplikasi Netflix, lalu buka ulang aplikasinya. (Catatan: kamu harus memasukkan data login lagi).

5. Hanya muncul layar blank / black screen

Bagi pengguna Windows atau MacOS, masalah yang bisa muncul di Desktop mereka adalah aplikasi yang blank, ada 3 penyebab utamanya, yaitu:

  1. Cookies. Lakukan clear browser cookies & cache.
  2. Microsoft Silverlight. Beberapa browser mungkin masih memiliki ini, bisa jadi Silverlight yang membuat video di netflix tidak bisa dibuka.
  3. Antivirus. Beberapa antivirus tidak cocok dengan netflix, matikan untuk sementara waktu.

Untuk cabang antivirus, mungkin Windows Defender juga termasuk. Dan jika kamu men -setting firewall secara manual, pastikan kamu tidak memblokir jaringan untuk aplikasi Netflix.

Jika masalah masih tidak teratasi, coba matikan ekstensi jika kamu menggunakan Chrome, matikan plugin, add-ons, gunakan incognito atau gunakan browser lain.

6. Terlalu banyak orang menggunakan Netflix

netflix error - too much user

Sering terjadi jika kamu lupa untuk me-logout user di perangkat lainnya. Sesuai keterangan yang tertulis, penyebabnya adalah terlalu banyak akses menggunakan akun Netflix yang sama, sehingga aplikasi tidak bisa dibuka.

Untuk solusina, akses AccountSettingsSign out of all devices. Kamu bisa melihat daftar sesi yang menggunakan akun di Recent device streaming activity. Cek juga paket yang kamu gunakan, maksimal untuk berapa layar di AccountPlan Details.

7. Tidak bisa login ke akun Netflix

Untuk masalah ini sebenarnya kamu bisa dengan mudah mengembalikan password jika memang kamu berlangganan akun resminya. Tapi, sebelum kamu menekan tombol “reset password”, pastikan dulu siapa orang yang bisa mengakses akun.

Masalahnya, jika Netflix mendeteksi aktivitas tidak valid, atau login yang mencurigakan, mereka akan mem-block akun kamu dan mengirim email untuk melakukan reset password. Tidak disarankan menggunakan akun diluar pembayaran langsung ke Netflix. Kamu bisa menggunakan fitur free trial untuk mencoba.

8. Netflix diblokir oleh pihak ISP

netflix error - situs tidak bisa dibuka

Di beberapa negara, termasuk Indonesia sendiri, akses untuk menonton Netflix masih sangat sulit bagi beberapa orang yang belum mengenal VPN. Terlebih, VPN yang digunakan cukup mahal dan tak semuanya bisa berhasil saat digunakan.

Jadi, kenapa netflix tidak bisa dibuka?

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah aplikasi Netflix yang belum update, hal ini bisa menyebabkan bug tertentu sehingga Netflix tidak bisa login atau dibuka dengan semestinya.

Kemudian, penggunaan aplikasi VPN untuk Netflix yang tidak tepat juga bisa membuat aplikasi itu sendiri diblokir, sehingga akses ke Netflix tidak dapat dilakukan.

Terlepas dari kualitas pelayanan (baik dan buruk), pemblokiran konten Netflix ini sepertinya tidak diperlukan, karena “hiburan” di TV lokal lebih tidak berkualitas.

Solusinya, gunakan VPN. Tetapi, gunakan VPN yang berkualitas yang menjaga data privacy-mu, jangan tergiur dari harga atau VPN gratis.

Cek juga artikel ini:

fast
close

Leave a Comment