api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

Teknozone.ID – Sedang mencoba membuka file di komputer tapi muncul tulisan ini: The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem?.

Tenang, kalian tidak sendiri. Di sini team mencoba mencari beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing / hilang. Kesimpulannya, cara ini masih bisa diperbaiki tanpa harus install ulang.

Ini link yang nantinya mungkin kamu butuhkan:

Penyebab error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0

Singkatnya, api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll adalah file yang dibutuhkan sebuah program dan bisa kalian dapatkan melalui Microsoft Visual C++ Redistributable untuk Visual Studio 2015. Jadi, jika file ini memang tidak ditemukan pada komputermu, pesan error akan muncul.

Saat kamu menginstall game / software, tentunya akan ditawarkan untuk menginstall beberapa Microsoft Visual C++, untuk pencegahan kamu bisa mencentang keduanya sebelum melakukan instalasi. Tapi jika sudah terlanjur error, coba beberapa solusi di bawah ini.

 

5 Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

Pesan error yang kamu dapat akan bertuliskan seperti di bawah ini, perhatikan juga nama dll yang hilang karena ada 1-2-0 dll juga.

The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem

Di Windows, kamu bisa mendapatkan file yang corrupt atau hilang dengan mudah. Tapi, beberapa metode di bawah ini membutuhkan koneksi internet.

Cara 1: Download & Install Visual C++

Karena file ini tersedia pada Visual C++ Redistributable untuk VS 2015, kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu lalu menginstalnya di komputer. Kamu bisa mendapatkan linknya di situs resmi Microsoft.

download api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll microsoft

Cukup pilih bahasa (default: English) ➡ lalu klik tombol Download ➡ kemudian pilih versi yang digunakan (64/32 bit) ➡ klik Next. Terakhir, tentukan lokasi penyimpanan file ➡ lalu install Visual C++ setelah proses download selesai.

Setelah proses install selesai, lakukan restart komputer. Saat proses instalasi berjalan, ada baiknya untuk tetap menggunakan koneksi internet.

 

Cara 2: Mendapatkan File dari WIndows Update

Di Windows 10, user dimanjakan dengan fitur Windows Update yang semakin canggih. Kamu bisa mendownload mulai dari driver yang dibutuhkan, hingga beberapa vcredist yang dibutuhkan program agar dapat berjalan maksimal.

Untuk mendapatkan visual c++ dari Windows Update, buka Start Menu ➡ lalu klik Settings ➡ klik Update & Security ➡ lalu klik Check Updates.

cara download api-ms-win-crt-runtime

Jika kamu masih menggunakan Windows 7, jangan khawatir, cukup buka Control Panel ➡ sortir icon berdasarkan Category ➡ klik System and Security ➡ lalu klik Windows Update.

 

Cara 3: Copy file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Untuk melakukan hal ini ada syarat yang harus kamu penuhi, yaitu kesamaan jenis sistem operasi yang digunakan (versi Windows dan tipe 32 / 64 bit). Meskipun mungkin jika beda versi bisa dicoba, hal ini meminimalisir kemungkinan error yang meluas.

copy file api-ms-win-crt-runtime

Solusi untuk mengcopy file juga kadang bisa dilakukan jika kamu pengguna Windows 8 (karena biasanya ada bug yang membuat vcredist 2015 ini tidak bisa diinstall). Jika syaratnya terpenuhi, cukup Copy ➡ lalu paste file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll di folder yang mengalami error atau di %Windir%\System32 atau SysWOW64.

 

Cara 4: Memperbaiki Visual C++ 2015 yang rusak

File corrupt, rusak, hilang, adalah hal lumrah bagi pengguna Windows. Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi Antivirus tambahan, terlepas dari nama & kualitas aplikasinya. Bukan hal yang baru lagi jika Antivirus salah mendeteksi file.

cara memperbaiki api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0

Untuk masalah ini, solusinya hanya memperbaiki vcredist yang rusak. Untuk itu kamu membutuhkan file setup dari Microsoft. Buka halaman download api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll dari Microsoft ➡ pilih tipe OS yang digunakan ➡ Download & install programnya.

 

Cara 5: Mendownload file dll dari internet

download file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Meskipun tidak direkomendasikan, mendapatkan file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll dari Internet bukanlah hal yang mustahil. Tetapi, saat mendownload file dari pihak ke-3 pertimbangkan tentang beberapa hal seperti: apakah file bisa terjangkit virus, apakah situsnya terlihat profesional, apakah file tersebut memang asli dari Microsoft?.

Untuk metode ini, kamu cukup mencari dengan kata kunci “api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll download“. Setelah itu cari situs yang menurutmu paling relevan & aman untuk digunakan. Saat artikel ini dibuat, file dll ini berukuran kurang dari 50kb, jadi kamu ada gambarnya?

Leave a Comment