Cara Menentukan Channel WiFi Terbaik

Advertisements

Terkadang, memindahkan router WiFi lebih dekat atau reboot sepenuhnya tidak memperbaiki masalah jaringan yang lemot.

Ternyata, ada pengaturan router yang harus disesuaikan dan ini trik yang ampuh untuk mengatasi kualitas sinyal jaringan WiFi yang kurang baik.

Salah satu cara terbaik adalah menggunakan salah satu pita frekuensi WiFi ini yang lain yang sepi agar tidak terjadinya interferensi.

Menentukan Channel Sinyal WiFi

channel sinyal wifi
ilustrasi channel sinyal wifi | credit: minim

Advertisements

Note: Sangat disarankan untuk menggunakan bantuan MikroTik untuk menentukan channel mana yang kosong, atau menggunakan aplikasi NetSpot.

Ada salah satu dari dua pita frekuensi WiFi yang dapat digunakan router Anda (2,4 GHz, 5 GHz, atau keduanya jika router dual-band).

Di sini, channel 1, 6, dan 11 adalah saluran terbaik untuk WiFi di 2,4 GHz karena mereka adalah salah satu dari sekian channel yang tidak tumpang tindih (Interferensi).

Advertisements

Untuk 5GHz gunakan channel 36, 40, 44, 48, 52, 56, 60, 64, 100, 104, 108, 112, 116, 120, 124, 128, 132, 136, 140, 144, 149, 153, 157, 161, 165

Untuk mengubah saluran WiFi yang sedang digunakan, masuk ke pengaturan router dengan mengetikkan alamat IP-nya (dapat ditemukan di router) ke kolom URL alamat di browser. Gunakan nama pengguna dan kata sandi.

Advertisements

Mengganti Channel Sinyal WiFi

Jika terlalu banyak jaringan lain yang menggunakan channel yang sama dengan jaringan alias tumpang tindih sangat disarankan untuk mengubah saluran WiFi.

Umumnya, untuk mengganti channel WiFi:

Advertisements

  1. Buka browser web dan ketik alamat IP router ke address bar.
  2. Kemudian tekan Enter pada keyboard.
  3. Selanjutnya, masukkan nama pengguna dan kata sandi router.
  4. Kemudian buka Wireless Settings.
  5. Selanjutnya, klik menu Channel dan ubah saluran WiFi .
  6. Terakhir, pastikan untuk menekan Save atau Apply.

Memilih saluran WiFi yang tepat dapat meningkatkan jangkauan dan kinerja WiFi secara signifikan. Memilih satu atau lebih saluran ini merupakan bagian penting dari pengaturan jaringan dengan benar.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊