Kelebihan dan Kekurangan PHP

X
Loading...

PHP atau hypertext preprocessor merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan pengembangan web bawaan.

Artinya, bahasa pemrograman ini dibuat khusus untuk web development atau pengembangan web.

Biasanya PHP dipakai bersama dengan HTML untuk membuat suatu website. Sebagai bahasa pemrograman, PHP mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan.

Nah, bagi kamu yang baru belajar PHP penting untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan PHP. Yuk simak pembahasannya!


Kelebihan / Keunggulan PHP

kelebihan bahasa php

Advertisement

Terdapat beberapa kelebihan atau keunggulan dari PHP yang bisa dibilang cukup banyak bahkan bisa membuat kamu semakin tertarik untuk mempelajarinya. Berikut kelebihan dari PHP:

1. Mempercepat Pengembangan Aplikasi Web Khusus

Sekarang, para programmer dituntut agar membuat sebuah aplikasi web yang berdasarkan pada kebutuhan bisnis yang kompleks.

Selain itu, mereka juga harus mencari cara untuk membuat sebuah aplikasi web yang mampu memberikan pengalaman bagi para penggunanya.

Dalam hal ini, kerangka kerja PHP dapat membantu para programmer untuk mempercepat pengembangan aplikasi web tersebut.

Hal tersebut karena alat, fitur dan cuplikan kode yang ditawarkan oleh PHP ini mampu mempermudah para programmer.

2. Menyederhanakan Pemeliharaan Aplikasi Web

Tidak seperti bahasa pemrograman yang lainnya, kerangka kerja PHP ini mampu menyederhanakan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi web dengan mendukung arsitektur MVC (Model View Controller).

Para programmer ini bisa menggunakan arsitektur MVC untuk membagi aplikasi web menjadi model, tampilan, dan juga pengontrol.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk menjaga antarmuka para pengguna aplikasi dan lapisan logika bisnis yang terpisah.

3. Tidak Membutuhkan Kode Tambahan

Kerangka kerja yang ditawarkan oleh PHP dapat memungkinkan untuk mengurangi waktu pengkodean secara signifikan yaitu dengan cara menyediakan fitur pembuatan kode.

Advertisement

Selain itu, fitur tersebut juga dibuat untuk memungkinkan para programmer menjaga kode sumber aplikasi web agar tetap bersih dan bisa dipelihara.

4. Database yang Lebih Efisien

Para programmer akan dimanjakan dengan beberapa kerangka kerja PHP yang menyediakan sejumlah basis data relasional yang banyak dipakai.

Kerangka kerja PHP menyederhanakan operasi basis data dengan menyediakan sistem ORM (Object Relational Mapping).

Dengan menggunakan sistem tersebut para programmer bisa melakukan operasi database tanpa menulis kode SQL yang panjang.

Selain itu, ORM juga bisa digunakan untuk menulis kode objek secara langsung dalam bahasa pemrograman PHP.

5. Memaksimalkan Pengembangan Web

Pada saat membuat aplikasi web, programmer harus melakukan pekerjaan lain selain membuat kode.

Beberapa pekerjaan lain tersebut mengharuskan para programmer untuk meluangkan waktu dan usaha tambahan.

Nah, dalam hal ini fungsi dan juga alat yang disediakan oleh kerangka kerja PHP mampu membantu programmer untuk memaksimalkan pekerjaannya seperti caching, otentikasi, dan pemetaan URL.

6. Melindungi Web dari Serangan

Fitur dan juga mekanisme keamanan yang ditawarkan oleh kerangka kerja PHP mampu mempermudah para programmer dalam melakukan pengembangan untuk melindungi web dari ancaman keamanan.

Beberapa ancaman keamanan misalnya seperti injeksi SQL, pemalsuan permintaan lintas situs, dan juga gangguan data.

7. Pengujian Unit Secara Efisien

Ketika membangun sebuah aplikasi web, programmer harus melakukan uji coba unit secara teratur dengan tujuan untuk mengevaluasi unit tersebut.

Untuk melakukan pengujian tersebut, programmer bisa menggunakan PHPUnit untuk melakukan pengujian unit yang berorientasi bahasa pemrograman PHP.

Kemudian PHPUnit akan membantu programmer untuk menulis dan juga menjalankan uji coba unit dengan memberikan bantuan pengkodean.

Advertisement

8. Open Source / Gratis

PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang fitur-fiturnya bisa kamu gunakan secara gratis, karena sifatnya yang open source.

Jadi setiap pengguna PHP beban menggunakan bahasa pemrograman ini secara bebas tanpa harus membayar royalty dalam bentuk apa pun.

Akan tetapi, para pengguna wajib mencantumkan lisensi yang dimiliki PHP Group atas PHP yang digunakan.

Artinya, selama pengguna tidak mengakui bahwa produk PHP adalah buatannya, maka pengguna bisa melakukan jual beli program yang menggunakan PHP dengan bebas tanpa dikenai biaya.


Kekurangan PHP

kekurangan bahasa php

Sesuatu yang mempunyai kelebihan tentu saja mempunyai kekurangan atau kelemahan. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan / kelemahan PHP:

1. Lebih Fokus Pada Kerangka Kerja PHP

Kerangka kerja PHP dapat memungkinkan para programmer untuk menambahkan fungsionalitas ke aplikasi web tanpa harus memasukkan kode tambahan.

Nah, dalam hal ini programmer akan lebih fokus untuk mempelajari kerangka kerja PHP yang jumlahnya ada banyak tersebut daripada mempelajari PHP itu sendiri.

2. Kualitas Kerangka Kerja yang Berbeda

Kerangka kerja PHP yang banyak digunakan adalah kerangka kerja PHP yang gratis. Sehingga, para programmer bisa menggunakan kerangka kerja tersebut tanpa mengeluarkan biaya.

Advertisement

Namun kualitas dari setiap kerangka kerja berbeda-beda tergantung dari fitur yang ditawarkan.

Selain itu, kekuatan komunitas dari setiap kerangka kerja PHP juga berbeda-beda. Oleh karena itu, beberapa kerangka kerja PHP tidak mempunyai dukungan yang fast respons dan memadai.

3. Tidak Banyak Pilihan Untuk Mengubah Core Behavior

Selain mampu membuktikan struktur dasar dalam pengembangan web, kerangka kerja PHP juga lebih bisa mempercepat pengembangan web kustom.

Namun, para programmer masih kekurangan pilihan untuk membuat perubahan pada core behavior dari kerangka kerja PHP.

Beberapa kerangka kerja PHP bahkan mewajibkan programmer untuk memakai alat khusus untuk mengembangkan pola pengembangan web tertentu.

4. Tidak Ada Tipe Data

Bahasa pemrograman PHP tidak mempunyai tipe data, hal ini tentu saja akan berakibat ketika mengerjakan suatu proyek akan muncul bug bug yang tidak diinginkan.

Misalnya saja data "1000" dan "le3" apabila kita bandingkan mempunyai tipe data yang sama, karena secara implisit data tersebut diubah menjadi floating point.

Kekurangan ini berkaitan juga pada pengalaman programmer yang memakai PHP, programmer yang sudah ahli tentu saja akan bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Namun, jika masih pemula akan susah untuk mengatasi masalah tersebut.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊