Kelebihan Android Pie

Teknozone.ID – Google merilis pembaruan atau update Android 9 Pie terbaru beserta banyak kelebihan-nya untuk ponsel Pixel pada Agustus 2018 dan pembaruan untuk ponsel lain yang juga juga akan segera keluar.

Android 9 Pie adalah Android edisi ke 9, ada beberapa fitur baru seperti tombol home berubah menjadi slide, perubahan yang paling terlihat adalah perubahan tombol Home, ini bukan tombol tiga titik melainkan berubah menjadi slide.

Advertisement

 

Dari berbagai data di atas, ini Kelebihan dari Android Pie

Android 9 Pie adalah software update yang cukup besar, pengguna akan lebih mudah menggunakan Android, dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat, seperti tampilan notifikasi yang lebih baik, kostumisasi yang lebih banyak, support dual camera dan lainnya.

sistem operasi android pie

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar yang saya kutip dari situs cumulations.com:

1. Baterai Adaptif

Fitur unik dari OS ini adalah fitur baterai adaptif. Dengan menggunakan teknik AI terbaru, OS dapat mendeteksi dan memahami aplikasi mana yang paling mungkin digunakan pengguna dalam beberapa jam ke depan.

Dengan informasi ini, OS dapat mengoptimalkan penggunaan CPU smartphone sesuai gilirannya agar meningkatkan kualitas kinerja baterai hingga 30%. Cara efisien & cerdas untuk menghemat konsumsi baterai.

2. Dashboard

Salah satu fitur yang menarik adalah fitur dashboard terbaru. Dengan adanya dashboard, pengguna dapat melihat beberapa wawasan yang mungkin berguna tentang bagaimana user menggunakan ponselnya.

Misal, dashboard dapat menunjukkan berapa banyak waktu yang kamu habiskan pada sebuah aplikasi, dll. Dengan begitu, pengguna dapat membagi fokus ke aplikasi yang memang berguna dan mengoptimalkan waktu untuk menggunakan smartphone.

3. Fitur “Swush”

Notifikasi smartphone memang terkadang mengganggu, terutama saat kita bekerja atau bermain game. Dengan fitur swush, pengguna dapat dengan mudah menjadikan ponsel ke mode “Do Not Disturb” hanya dengan membalik layarnya. Semua suara, lampu, dan getaran akan dinonaktifkan kecuali panggilan darurat.

4. Kecerahan Adaptif

Fitur adaptive brightness juga memanfaatkan teknik machine learning untuk menyesuaikan kecerahan layar sesuai penggunaan. Singkatnya, automatic brightness.

Kecerahan layar smartphone dapat secara otomatis menyesuaikan dengan lingkungan dan aktivitas pengguna. Kamu juga dapat mengatur preferensi hanya dengan menggerakan layar.

5. Navigasi Gerakan

Google’s shift ke navigasi berbasis gesture adalah fitur baru dari OS Android. Android UI sebagian besar terdiri dari tiga hingga empat tombol untuk navigasi, tetapi sekarang (Android Pie), semuanya diringkas menjadi menjadi satu tombol layar utama.

6. Tampilan Rotasi

Fitur rotasi tampilan mungkin akan menjadi fitur yang banyak digunakan. Dan, jika fitur rotasi otomatis dimatikan, setiap kali memutar ponsel, Android Pie tidak akan memutar layar. Layar hanya akan berputar jika kamu memang mengaktifkan fiturnya.

7. App action

App action adalah perintah kecil yang memicu aplikasi tertentu. Karena Android Pie sangat bergantung pada prediktabilitas, ia juga memiliki fitur yang muncul ketika OS berpikir kamu akan membutuhkannya. Misal, OS akan secara otomatis menampilkan popup aplikasi musik ketika kamu mencolokkan headphone.

8. Volume & Screenshot

Salah satu fitur Android Pie yang menonjol adalah perubahan interface, seperti screenshot dan UI volume.

Saat menaikkan atau menurunkan volume, Android Pie menghadirkan slider untuk menaikkan atau menurunkan volume.

Secara singkat, kelebihan dari Android Pie termasuk peningkatan kinerja baterai (battery performance), kecerahan layar adaptif (adaptive screen brightness), rotasi layar dan banyak lagi.

Leave a Comment