Jenis Jenis Memory VGA

Teknozone.ID – Di postingan ini, kalian akan menemukan pembahasan tentang jenis jenis VGA, penggunaan dan juga penjelasan singkat mengenai fungsi dari VGA.

Kabel VGA digunakan untuk menghubungkan komputer ke monitor komputer. Dari port VGA, lalu ke kabel, kemudian mentransfer sinyal gambar ke monitor sehingga monitor dapat menampilkan output.

 

Jenis Jenis Memori VGA

Berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan, kartu VGA dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

DRAM (Dynamic RAM)

jenis vga - dram
gambar: ebayimg.com

Dynamic random access memory (DRAM) adalah jenis memori semikonduktor yang biasanya digunakan untuk data atau kode program yang dibutuhkan oleh prosesor komputer. Biasanya, DRAM sering ditemukan pada komputer pribadi (PC), workstation dan server.

Kecepatan kartu VGA yang menggunakan DRAM 80 ns atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang menggunakan DRAM berlapis. DRAM digunakan pada banyak kartu grafik 8, 16, atau 32 bit. Penggunaan DRAM ditujukan untuk komputer yang tidak terlalu memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak.

EDO RAM

jenis vga - edo ram
gambar: googleusercontent.com

Extended data output (EDO) RAM adalah jenis random access memory yang mampu meningkatkan waktu untuk membaca dari memori pada mikroprosesor yang lebih cepat. Awalnya, EDO RAM dioptimalkan untuk Pentium 66 MHz.

Kecepatan kartu VGA yang menggunakan EDO RAM adalah 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemukan pada graphic card 64 bit. Umumnya, EDO RAM yang dipakai mempunyai speed 60 MHz 60/40ns. Contoh: WinFast S280/S600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach64, dsb.

Rambus Memory

jenis vga - rambus
gambar: anysilicon.com

Rambus DRAM (RDRAM), Concurrent Rambus DRAM (CRDRAM) dan Direct Rambus DRAM (DRDRAM) adalah jenis synchronous dynamic random-access memory (SDRAM) yang dikembangkan oleh Rambus pada 1990-an hingga awal 2000-an dan Rambus DRAM generasi ketiga digantikan oleh XDR DRAM.

Rambus DRAM dikembangkan untuk aplikasi bandwidth tinggi (high-bandwidth applications), dan diposisikan sebagai pengganti berbagai jenis memori kontemporer, seperti SDRAM.

Kartu VGA yang menggunakan memori RAMBUS jumlahnya masih sedikit (RAMBUS adalah memori yang digunakan pada mesin-mesin game, seperti: Nintendo dan Sega).

SGRAM (Synchronous Graphic RAM)

jenis vga - sgram
gambar: amazon.com

Synchronous Graphics RAM (SGRAM) adalah jenis clock-synchronized random access memory yang digunakan untuk memori video. Ini adalah jenis memori video yang relatif murah dan menggunakan masked write. SGRAM memungkinkan data untuk dipilih dan dimodifikasi dalam satu operasi, istilahnya satu kali jalan.

Kecepatan kartu VGA yang menggunakan SGRAM adalah kurang dari 10 ns, SGRAM pada kartu VGA juga berbasiskan teknologi SDRAM. SGRAM banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator. Contohnya: Matrox MGA Millennium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II S220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, dsb.

VRAM (Video RAM)

jenis vga - vram
gambar: vgamuseum.info

Video RAM, or VRAM, is a dual-ported variant of dynamic RAM, which was once commonly used to store the framebuffer in graphics adapters. Note that most computers and game consoles do not use this form of memory, and dual-ported VRAM should not be confused with other forms of video memory

Kartu VGA yang mengintegrasikan memory VRAM adalah berkecepatan 20 atau 10 ns, VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Penggunaan VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas. VRAM biasa dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain grafis. Contoh kartu VGA yang menggunakan VRAM adalah Diamond Fire GL, Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Stealth 64, dsb.

 

Arsitektur Bus Pada Sistem I/O VGA

Berdasarkan arsitektur sistem I/O bus peripheral-nya, bentuk fisik kartu VGA dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

VGA AGP

jenis slot vga - agp

Singkatan dari Accelerated Graphics Port. AGP adalah jenis slot ekspansi yang dirancang khusus untuk kartu grafis. Karena interface AGP menyediakan dedicated bus untuk data grafik, kartu AGP membuat grafik lebih cepat daripada kartu grafis PCI yang “setara”. Seperti slot PCI, slot AGP di-built ke motherboard komputer.

Kartu VGA AGP adalah jenis VGA card yang dipasangkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus dengan sistem I/O 128-bit atau 256-bit. Pada awalnya, VGA AGP dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke display device.

Kartu VGA AGP dibuat berdasarkan nilai voltase yang digunakan, misal: AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt; AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt; dan terakhir, AGP Universal. VGA Card AGP terakhir yang muncul adalah AGP Pro dengan nilai tegangan 1,5 volt dan 3,3 volt, serta AGP Pro Universal. Ciri-ciri slot AGP ini adalah bentuk pinyang vertikal mirip sarang lebah.

VGA EISA

jenis slot vga - eisa

Singkatan dari Extended Industry Standard Architecture. EISA adalah standar bus untuk komputer IBM yang kompatibel. VGA ini dipublikasikan pada tahun 1988. EISA adalah jenis VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang sistem I/O-nya 32-bit .

Tetapi, kartu VGA jenis ini sudah tidak pernah lagi dipergunakan, sama seperti VGA ISA karena keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya.

Teknologi slot ekspansi EISA bus dengan sistem I/O 32-bit pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh “Gang of Nine”, dengan nilai tegangan 5 dan 12 volt, kecepatan clock 8,33MHz, dan kecepatan transfer 32MB/s.

VGA ISA

jenis slot vga - isa

Singkatan dari Arsitektur Standar Industri (ISA). ISA adalah spesifikasi bus pada komputer untuk sistem yang kompatibel dengan IBM 8-bit. Bus ISA menyediakan rute untuk perangkat periferal yang terpasang pada motherboard untuk terhubung dengan sirkuit yang berbeda atau perangkat lain yang terpasang pada motherboard yang sama.

Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak lagi dipergunakan, karena selain kecepatan transfer datanya yang lambat, tampilan gambar yang halus serta kombinasi warna yang dihasilkannya pun juga sangat terbatas.

Teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 8-bit, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981. Sedangkan, teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 16-bit diperkenalkan pada tahun 1984.

VGA PCI

jenis slot vga - pci

Singkatan dari Interconnect Component Component. PCI adalah hardware bus yang digunakan untuk memasang komponen ke komputer desktop. Misalnya, PCI card dapat dipasang ke slot PCI pada motherboard, memberikan port I / O tambahan di bagian belakang komputer.

VGA card jenis PCI adalah jenis VGA yang dipasangkan pada slot PCI yang menggunakan sistem I/O 32-bit atau 64-bit. Teknologi ini pertama kali digunakan pada tahun 1993. Ciri-ciri slot ekspansi PCI bus ini adalah, pada bagian depan slot-nya terdapat lekukan, dan jenis pin-nya lurus (vertikal).

VGA PCIe

jenis slot vga - pcie

Singkatan dari (Peripheral Component Interconnect Express). PCIe adalah standar interface yang digunakan untuk menghubungkan komponen berkecepatan tinggi. Setiap motherboard PC desktop biasanya sudah memiliki sejumlah slot PCIe yang dapat digunakan sebagai slot GPU (VGA card / graphic card), RAID Card, WiFi Card atau SSD (solid-state drive).

VGA Card jenis PCIe (PCI Express) adalah jenis yang dimasukkan pada slot PCIe, dengan kecepatan transfer yang mencapai 32 GByte/s. Slot expansi PCIe adalah pengembangan dari slot PCI sebelumnya. Teknologi slot ekspansi PCIe bus dengan sistem I/O berangkaian seri ini pertama kali dipakai pada tahun 2004.

Adapun versi slot ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x. Khusus slot ekspansi PCIe 8x dan PCIe 16x digunakan untuk memasang kartu VGA PCI Express, sedangkan PCIe 1x digunakan untuk memasang interface tambahan lainnya. Ciri-ciri slot ekspansi PCIe ini adalah bentuknya yang kebalikan dari slot ekspansi PCI sebelumnya.

 

Video Graphics Array adalah standar grafis / graphics standard untuk pengontrol tampilan video yang pertama kali diperkenalkan pada komputer IBM PS / 2 pada tahun 1987.

Sumber artikel ini: wikipedia.org, techtarget.com, techopedia.com, techterms.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

Leave a Comment