Jenis Jenis Scanner

Advertisements

Teknozone.ID – Di artikel ini akan membaca tulisan tentang jenis jenis scanner, baik untuk komputer/ PC hingga Smartphone, adapun empat jenis scanner yang umum adalah: Scanner Flatbed, Sheet-fed, Handheld / Portable, and Drum scanner.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga dari scanner adalah kualitas warna yang terbaca, fitur dan kompatibilitas. Misalnya, scanner portable yang lebih murah dari pada planetary scanner


9 Jenis Scanner yang Umum Digunakan

Scanner adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap gambar dari cetakan foto, poster, halaman majalah, untuk ditampilkan komputer. Ada berbagai jenis scanner, seperti: hand-held, feed-in, dan flatbed dan hitam-putih dan atau scan warna.

Scanner Drum

jenis scanner drum
gambar scanner drum

Advertisements

Drum scanner pada dasarnya bertindak sebagai kamera digital yang presisi, digunakan untuk memindai bahan reflektif dan transparan pada resolusi yang sangat tinggi.

Drum scanner menangkap gambar dengan cahaya analog, menghasilkan detail paling mungkin di setiap channel warna dan kemudian mengubahnya menjadi file digital.

Dengan begitu, kita bisa menghasilkan area berbayang yang lebih sedikit noise, meningkatkan detail dan secara keseluruhan meningkatkan ketajaman. Meski terdengar sangat kompleks, sebenarnya prosesnya simpel.

Pengguna memasukkan dokumen atau bahan transparan pada drum akrilik, yang berputar pada mesin hingga 2.000 RPM

Scanner Flatbed

jenis scanner flatbed
gambar scanner flatbed

Flatbed adalah jenis scanner atau mesin yang menggunakan permukaan kaca yang rata untuk memindai dokumen atau objek lainnya. Kebanyakan scanner flatbed memiliki tutup yang dapat disesuaikan agar dapat membuat majalah, buku, dan objek tebal lainnya untuk discan.

Scanner flatbed memiliki berbagai ukuran mulai dari ukuran standar (8,5 “x 11”) hingga ukuran legal dan seterusnya. Misalnya, scanner yang digunakan untuk memindai architectural blueprints mungkin berukuran mirip dengan letter-size.

Karena kapasitas ukurannya yang besar dan kemampuan untuk memindai benda-benda tebal, pemindai flatbed lebih fleksibel daripada scanner sheet-fed

Scanner Film

jenis scanner film
gambar scanner film

Scanner Film, memberikan beberapa keuntungan dibanding menggunakan jenis flatbed, terutama dalam urusan gambar / film. Fotografer memiliki kontrol langsung atas cropping dan aspek rasio dari gambar asli, tanpa gangguan pada film.

Dan banyak scanner film memiliki software atau hardware khusus yang menghilangkan “goresan” dan film grain serta meningkatkan reproduksi warna dari film. Ada juga negative film scanner, alat yang dapat mengubah data foto dari film menjadi bentuk digital.

Advertisements

Scanner Roller

jenis scanner roller
gambar scanner roller

Merupakan jenis scanner yang dapat menarik lembaran (kertas datar) / flat sheet di antara elemen pemindaian berupa rol yang berputar. Scanner ini biasanya hanya bisa menerima single sheet dengan lebar yang telah ditentukan, biasanya sekitar 210 mm.

Hasil scanning bisa dianggap bisa sangat rapi karena scanner ini menggunakan sepasang rol yang dempet dimana dokumen nanti akan lewat di antara keduanya.

Beberapa scanner bisa digunakan portable, menggunakan baterai dan kemudian mentransfer data hasil scanning ke komputer melalui USB atau interface lainnya.

Scanner 3D

jenis scanner 3d
gambar scanner 3d

Teknologi 3D scanner bisa berbasis dari berbagai teknologi, dan masing-masing memiliki keterbatasan, kelebihan, dan biaya yang berbeda-beda.

3D Scanning adalah proses menganalisis objek atau lingkungan dunia nyata untuk mengumpulkan data pada bentuk dan tampilannya. Data yang dikumpulkan kemudian digunakan untuk membangun model 3D digital.

Scanner Planetary

jenis scanner planetary
gambar scanner planetary

Planetary scanner adalah jenis alat pindah yang digunakan untuk men-scan buku-buku langka dan atau dokumen yang mudah rusak. Scanner semacam ini seperti kamera yang dipasang untuk mengambil foto dari lingkungan yang cukup terang

Advertisements

Tentunya, scanner seperti ini termasuk mahal dan biasanya bisa ditemukan pada museum atau tempat archive buku tua. Saat ini, sudah ada juga planetary scanner DIY (buatan) yang harganya lebih terjangkau namun tetap menghasilkan resolusi gambar yang tinggi.

Scanner Hand

jenis scanner hand
gambar scanner hand

Seperti namanya, scanner ini digerakkan menggunakan tangan untuk mengambil hasil scan dari objek yang digunakan. Hand-held scanner biasanya berukuran kecil dan lebih murah dari versi desktop tetapi hasil scanning bergantung pada keahlian penggunanya.

Contoh hand scanner bisa kita temukan pada barcode reader. Barcode reader adalah alat pemindai optik yang dapat membaca barcode, mendekode data yang terkandung dalam barcode dan mengirimkan datanya ke komputer.

Scanner Portable

jenis scanner portable
gambar scanner portable

Scanner portable dirancang untuk menangkap teks dan data secara portable, misalnya saat bepergian. Biasanya, scanner ini menggunakan baterai dan begitu memindai teks, konten disimpan di internal storage. Nantinya, data-data ini dapat ditransfer ke komputer dengan menggunakan kabel atau koneksi wireless.


Scanner Smartphone (Aplikasi)

Untuk menscan sebuah dokumen melalui smartphone, pengguna harus mendownload aplikasi tertentu dan mengsintallnya.

Advertisements

Aplikasi scanner digunakan untuk mencovert text, data dan lainnya untuk dipindai dan membuat salinan dalam bentuk digital (umumnya PDF).

Untuk menscan sebuah dokumen, pertama letakkan dokumen pada bidang datar, lalu buka aplikasi scanner dan ikuti instruksi yang diberikan, tekan tombol untuk men-scan dan tunggu lembar kertas terpindai semua. Jika sudah, kalian bisa memindahkan data hasil scan lewat kabel atau koneksi wireless.

Sumber artikel ini: michaelstricklandimages.com, techterms.com, wikibooks.org, yourdictionary.com, gcfglobal.org, techtarget.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊