Jenis Jenis Printer

Advertisements

Teknozone.ID – Di artikel kami akan kembali mengulas jenis jenis printer, fungsi & perkiraan harga yang bisa kalian spend untuk mendapatkan printer jenis tersebut.

Printer adalah perangkat yang digunakan untuk keperluan perkantoran dan tugas rumahan, pastinya untuk mencetak dokumen.

Semakin cepat proses pencetakan, semakin irit penggunaan daya bisa mempengaruhi harga sebuah printer.


9 Jenis Printer yang Sering Digunakan Sekarang

1. Printer Laser

jenis printer laser

Advertisements

Printer laser adalah jenis printer komputer pribadi yang populer yang menggunakan teknologi fotokopi yang non-impact (tidak menyentuh kertas). Saat dokumen dikirim ke printer, sinar laser akan “menggambar” dokumen pada drum berlapis selenium menggunakan muatan listrik.

Setelah drum diisi, drum digulung dalam toner, jenis tinta bubuk yang kering. Toner melekat pada drum lalu ditransfer dan menyatu ke kertas dengan cara ditekan dan dipanaskan, itulah kenapa kertas menjadi panas saat menggunakan printer ini.

Setelah dokumen dicetak, muatan listrik dikeluarkan dari drum dan toner yang lebih akan dikumpulkan. Sebagian besar printer laser hanya mencetak dalam monokrom. Printer laser berwarna lebih mahal dari yang monokrom (hanya satu warna).

2. Printer Solid Ink

jenis printer solid ink

Printer yang masuk kategori laser printer dan menggunakan tinta lilin padat yang dilelehkan menjadi cairan sebelum digunakan. Tetapi, printer ini akan menyuntikkan tinta ke drum bukan ke kertas secara langsung.

Warna-warna yang didapatkan dengan mentransfer tinta ke drum lebih dulu lalu ke printer lebih baik, karena drum dapat lebih dikontrol daripada kertas.

3. Printer LED

jenis printer led

Printer LED mirip dengan printer laser, menggunakan drum, toner, dan sistem fuser untuk menerapkan toner berwarna atau hitam ke kertas. Bedanya, printer laser menggunakan laser sementara model LED menggunakan strip LED.

Saat kertas masuk ke printer, kertas diisi listrik positif oleh kawat tegangan tinggi yang terpisah, ketika didorong melewati printing drum, ia akan memancing toner dari bagian yang bermuatan negatif.

Advertisements

Selembar kertas kemudian jalan melalui dua roller yang dipanaskan, meleburkan toner ke halaman kertas sebelum keluar dari printer.

4. Printer InkJet (Bisnis)

jenis printer bisnis inkjet

Memanfaatkan teknologi inkjet dalam skala besar untuk kebutuhan kantor yang serba sibuk dan bergantung pada kertas yang dicetak, printer inkjet sangat populer karena keandalan dan sifatnya yang kuat.

5. Printer InkJet (Home)

jenis printer home inkjet

Printer inkjet adalah jenis printer yang paling umum digunakan, dan memiliki range harga yang bisa disesuaikan dari harga yang murah dan terjangkau hingga mesin profesional yang mahal.

Pencetakan inkjet adalah jenis alat cetak komputer yang menggerakkan tetesan tinta ke kertas dan substrat plastik. Ia menyemprotkan tinta cair melalui nozzle mikroskopis ke atas kertas, setetes demi setetes.

6. Printer Multifungsi

jenis printer multifungsi

Terkadang, printer ini juga dikenal sebagai all-in-one printer, printer multifungsi yang bisa digunakan untuk mencetak, mencopy, scanning dan keperluan fax. Tujuan penggunaannya tentu untuk mempermudah pekerjaan.

Jika di-total, harga printer multifungsi lebih murah dibanding kita membeli perangkat printer, scanner dan fax satu per satu.

Advertisements

7. Printer Dot Matrix

jenis printer dot matrix

Printer dot matrix (DMP) adalah jenis printer yang menggunakan pin dan pita tinta untuk mencetak. Printer ini umumnya kurang diminati, karena tidak dapat membuat cetakan berkualitas tinggi dan harganya mahal juga. Printer dot matrix juga dikenal sebagai impact matrix printer.

8. Printer 3D

jenis printer 3d

3D Printer atau additive manufacturing adalah proses pembuatan benda padat berbentuk tiga dimensi dari file digital. 3D Printer memungkinkan kita untuk menghasilkan bentuk yang kompleks dengan menggunakan bahan yang lebih sedikit dibanding metode pembuatan tradisional.

3D Printer diawali dengan pembuatan model (dibuat sendiri atau dari repository), model ini bisa dengan menggunakan 3D scanner, app, haptic device, code atau software 3D modeling.

9. Printer Plotter

jenis printer plotter

Plotter adalah perangkat perangkat keras komputer yang digunakan untuk mencetak grafik vektor. Tetapi, plotters menggunakan pena, pensil, spidol, atau alat tulis lain untuk menggambar ke atas kertas dibanding titik-titik / dots seperti pada printer tradisional.


Perkiraan Harga Printer

Advertisements

Nama PrinterRange Harga
Printer LaserRp. 840.000 – Rp .1.850.000
Printer Solid InkRp. 6.000.000 – Rp. 38.000.000
Printer LEDRp. 3.000.000 – Rp. 25.590.000
Printer InkJet (Bisnis)Rp. 700.000 – Rp. 1.500.000
Printer InkJet (Home)Rp. 400.000 – Rp. 900.000
Printer MultifungsiRp. 500.000 – Rp. 2.000.000
Printer Dot MatrixRp. 450.000 – Rp. 2.500.000
Printer 3DRp. 1.000.000 – Rp. 15.000.000
Printer PlotterRp. 10.000.000 – Rp. 25.000.000

Range harga printer di atas saya ambil dari salah satu situs ecommerce, yaitu tokopedia. Harga sewaktu-waktu bisa berubah, dan ada beberapa harga dari jenis printer yang jauh di atas range di atas, tergantung kebutuhan dan fitur yang dimiliki.

Sumber artikel ini: printerland.co.uk, techtarget.com, pcmag.com, techopedia.com, 3dprinting.com, computerhope.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊