Jenis Jenis Power Supply

Advertisements

Teknozone.ID – Ada tiga jenis utama power supply, yaitu : unregulated (juga disebut brute force), linear regulated, dan switching.

Sedangkan Jenis power supply circuit yang disebut ripple-regulated, adalah gabungan (hybrid) dari desain brute force dan switching.

Power Supply, atau PSU merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah set komputer. Di Indonesia, kebanyakan jenis Power Supply Unit dikenal dengan AT, ATX dan BTX.

Di artikel ini, kalian akan membaca tentang jenis jenis Power Supply Unit (PSU) beserta penjelasan lengkapnya.


Jenis Power Supply Berdasarkan Desain

1. Jenis Power Supply Unregulated

jenis power supply unregulated
gambar power supply Unregulated

Advertisements

Unregulated power supplies dirancang untuk menghasilkan tegangan tertentu pada arus tertentu. Tanpa regulator untuk menstabilkan tegangan output, setiap perubahan tegangan input akan langsung menjadi tegangan output.

Power Supplies ini biasanya menunjukkan banyaknya “riak” atau ripple pada tegangan (ketidakstabilan yang bervariasi dan cepat) dan noise AC lainnya ditumpangkan pada aliran DC.

Jika tegangan inputnya bervariasi, maka tegangan output juga akan bervariasi tapi dengan jumlah yang proporsional.

Keuntungan dari power supply unregulated adalah murah, sederhana, dan efisien.

2. Jenis Power Supply Linear regulated

jenis power supply linear regulated
gambar power supply linear regulated

Power supply linear regulated, mengatur tegangan output dengan mengurangi / menurunkan tegangan berlebih dalam komponen dissipate berseri.

Jenis ini menggunakan Sirkuit regulator yang cukup kompleks agar regulasi beban dan saluran yang sangat rendah bisa terjadi.

Linear regulated power supplies juga memiliki riak / ripple yang sangat sedikit dan output noise sangat yang sedikit pula.

Linear regulated power supply hanyalah power supply memiliki rangkaian transistor yang beroperasi dalam mode “aktif” atau “linier”, itulah kenapa dinamakan linear regulator.

Regulator linier tipikalnya dirancang agar menghasilkan tegangan tetap untuk berbagai tegangan input, dan menurunkan tegangan input berlebih untuk memungkinkan muatan tegangan output yang maksimum.

3. Jenis Power Supply Switching

jenis power supply switching
gambar power supply Switching

Power supply switched-mode adalah power supply elektronik yang dilengkapi dengan regulator switching untuk mengubah daya listrik secara efisien.

Advertisements

Seperti power supply lainnya, SMPS (switched-mode power supply) me transfer daya dari sumber DC atau AC ke muatan DC, seperti komputer pribadi, sambil mengubah voltase dan karakteristik arus.

Prinsip kerja power supply switching adalah dengan memperbaiki tegangan saluran listrik AC yang masuk menjadi DC.

Lalu mengubahnya kembali menjadi gelombang persegi AC berfrekuensi tinggi melalui transistor yang dioperasikan sebagai saklar on / off, mengatur voltase AC (naik atau turun) dengan menggunakan transformator ringan.

Kemudian memperbaiki output AC transformator menjadi DC dan memfilter untuk hasil akhir.

4. Jenis Power Supply Ripple regulated

jenis power supply ripple regulated
gambar power supply ripple regulated

Power supply ripple regulated adalah alternatif lain dari desain linear regulated.

Transformator, rectifier, filter merupakan “front-end” dari rangkaian, transistor dioperasikan secara ketat dalam mode on / off, me transfer daya DC ke kapasitor sesuai dengan kebutuhan untuk mempertahankan tegangan output antara tinggi dan rendah.


Jenis Power Supply Berdasarkan Spesifikasi

1. Jenis Power Supply AT

jenis power supply at
gambar power supply AT

AT adalah singkatan dari Advanced Technology, atau “Teknologi Lanjut”, merupakan pendahulu dari format standar ATX yang saat ini banyak digunakan.

Power Supply AT terhubung langsung ke saluran utama listrik bertegangan 230 volt. Sehingga hanya bisa dimatikan total dan tidak ada standby mode.

Advertisements

Koneksi standar untuk power supply AT terdiri dari dua colokan, masing-masing dengan enam pin.

Colokan ini akan terhubung ke motherboard, yang biasanya terdiri dari empat kabel hitam dan berkumpul di tengah.

2. Jenis Power Supply ATX

jenis power supply atx
gambar power supply ATX

Power supply ATX dinyalakan dan dimatikan oleh sinyal dari motherboard. PSU juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menunjukkan kapan masuk, sehingga komputer dapat dinyalakan dan booting dengan aman.

Sebagian besar power supply pada komputer pribadi (desktop) modern sudah sesuai dengan standar spesifikasi ATX, baik dari faktor bentuk dan ataupun toleransi tegangan.

3. Jenis Power Supply BTX

jenis power supply btx
gambar power supply BTX

BTX adalah singkatan dari Balanced Technology eXtended adalah form factor untuk motherboard, pada awalnya dimaksudkan sebagai pengganti bentuk motherboard ATX yang dianggap sudah harus update pada akhir 2004 dan awal 2005.

Power supply jenis “BTX” dapat diganti dengan versi baru unit ATX12V, tetapi tidak berlaku dengan dengan power supply ATX versi lama yang tidak memiliki konektor 12V 4-pin tambahan.

Power supply unit (atau PSU) mengubah tegangan AC menjadi DC bertegangan rendah untuk keperluan listrik komponen komputer.

Advertisements

Komputer modern, baik itu pribadi atau bukan, umumnya menggunakan power supply mode switch.

Beberapa jenis PSU memiliki saklar manual untuk memilih tegangan input, tetapi ada juga yang tidak.


Sumber artikel ini: allaboutcircuits.com, powersupply33.com, wikipedia.org, apgsensors.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊