Jenis Jenis Mouse

 

Teknozone.ID – Dengan adanya jenis jenis mouse di pasaran elektronik komputer, pengguna jadi lebih leluasa untuk memilih tipe mouse yang “ergonomis” menurut mereka.

Di artikel ini, kami akan membagikan beberapa jenis mouse yang bisa dan pernah digunakan untuk komputer, beberapa di antaranya masih eksis sampai saat ini. Tapi kalau kita kategorikan secara universal, jenis mouse terbaik menjadi 3 saja, yaitu Trackball Mouse, Optical Mouse dan Wireless Mouse.

  1. Mouse trackball adalah mouse berteknologi lama yang memiliki bola dengan gerakan mekanis di dalamnya.
  2. Mouse optik adalah mouse yang memiliki teknologi sensitivitas inframerah. Mouse ini masih sering digunakan sampai saat ini.
  3. Mouse wireless adalah mouse yang dilengkapi dengan teknologi Bluetooth dan dapat digunakan dari jarak jauh.

Lebih lengkapnya, simak pembahasan di bawah ini:

1. Bus / Wired Mouse

jenis mouse - bus mouse

Mouse biasa yang masih menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkatnya dengan komputer untuk digunakan. Mouse standar dengan lampu infrared di bagian bawahnya, tombol scroll di tengah digunakan untuk menggeser layar secara vertikal.

2. Wireless Mouse

macam mouse - wireless

Mouse yang menggunakan teknologi bluetooth (atau mungkin sinyal lain) untuk dapat terhubung dengan perangkat hostnya, biasanya digunakan pada laptop untuk mengurangi kabel yang mudah kusut.

3. Ball / Mechanical Mouse

jenis mouse - mechanical mouse
gambar: shopee.co.id

Mouse yang masih menggunakan bola di bagian bawah untuk sensornya. Kalian bisa tahu bahwa komputer itu tua jika tampilannya usang dan masih menggunakan mouse ini. Bola karet di bagian bawah mouse digunakan untuk menangkap sensor

4. Wheel / Scroll Mouse

jenis mouse - wheel mouse

Wheel mouse bisa ditemukan di semua tipe mouse lainnya entah itu optical, wired atau wireless. Bulatan yang disebut wheel ini digunakan untuk menggerakan halaman ke atas dan kebawah.

5. Optical Mouse

jenis mouse - optical mouse
gambar: tokopedia.net

Mouse yang paling umum digunakan sampai saat ini, mouse optik menggunakan lampu LED di bagian bawah perangkat untuk mendeteksi pergerakan. Tetapi tidak berfungsi di semua permukaan, seperti di kaca atau bahan plastik.

6. Laser Mouse

jenis mouse - laser mouse

Laser mouse mirip dengan optik, bedanya ia menggunakan sinar laser untuk memantulkan cahaya dari permukaannya. Laser mouse bisa digunakan di permukaan kaca dan plastik tetapi tidak seakurat mouse LED / optik.

7. BlueTrack Mouse

jenis mouse - bluetrack mouse

Mouse BlueTrack ditemukan oleh Microsoft, ia memiliki teknologi unik yang menggunakan kombinasi sensor gambar dan geometri piksel untuk mendeteksi gerakan pada semua jenis permukaan secara akurat.

8. Touchpad

macam mouse - touchpad

Jenis ini, paling sering ditemukan di laptop. Touchpad memiliki permukaan datar yang memerlukan sentuhan jari mengontrol kursor. Untuk mengklik, biasanya ada 2 tombol yang disediakan di bawah touchpad, atau user bisa menekannya 2x di area touchpad.

9. Trackball Mouse

jenis mouse - trackball mouse

Mouse trackball terlihat seperti mechanical mouse versi lama. Bola ditampilkan di bagian atas mouse dan digunakan untuk mengontrol kursor dengan cara memutarnya.

10. Gaming Mouse

jenis mouse - gaming mouse

Biasanya mouse ini memiliki teknologi sensor yang terbaru dan memiliki beberapa extra tombol untuk fungsi tambahan, tujuannya untuk memudahkan pengguna saat bermain game. Fisiknya juga dibuat kokoh dan penggunaan yang lebih lama.

11. Vertical Mouse

jenis mouse - ergonomic mouse

Ini adalah mouse yang bentuknya sangat aneh ia berdiri tegak secara vertikal, hal ini dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang yang lebih ergonomis.

12. Stylus Mouse

jenis mouse - stylus mouse
gambar: optimole.com

Alternatif mouse dengan mahal dibanding mouse biasa, penggunaannya umumnya digunakan untuk desainer digital.

13. Serial Mouse

jenis mouse - serial mouse

Pada mouse jenis ini, penghubungnya menggunakan serial port, mungkin zaman sekarang sudah jarang digunakan atau bahkan hanya para kolektor yang masih mempunyai satu ini.

Seperti yang kalian lihat pada daftar di atas, selalu ada alternatif dan jenis mouse lain yang bisa kalian gunakan untuk memberikan kenyamanan saat menggunakan komputer, tentunya sesuaikan selera dengan budget yang kalian miliki


Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM
fast
close

Leave a Comment