Jenis Jenis Monitor

Teknozone.ID – Monitor, adalah perangkat output yang menampilkan data & informasi baik itu dalam bentuk text ataupun video. Beberapa jenis monitor di bawah ini akan sering kalian temukan dalam penggunaan sehari-hari.

Di artikel ini, materi yang kita bahas adalah jenis jenis monitor, fungsi dan beberapa penjelasan lainnya.

 

Berbagai Jenis Layar Monitor

  • Monitor CRT (Cathode Ray Tube).
  • Monitor LCD (Liquid Crystal Display).
  • Monitor TFT.
  • Monitor LED (Light-Emitting Diodes).
  • Monitor DLP.
  • Monitor Touchscreen.
  • Monitor Plasma Screen.
  • Monitor OLED.

Monitor CRT

jenis monitor - panel crt

Cathode-ray tube (CRT) adalah tabung hampa udara yang berisi satu atau lebih senjata elektron (senjata elektron) dan phosphorescent screen yang digunakan untuk menampilkan gambar seperti pada televisi, monitor dan osiloskop.

Teknologi CRT adalah monitor pertama alias perintis yang mudah untuk dikenali, karena monitor CRT mentransmisikan gambar dalam output berwarna hitam & putih.

CRT adalah singkatan dari Cathode Ray Tubes, dimana ia menggunakan elektron untuk mentransmisikan gambar yang telah ditangkap antena. Namun, era monitor CRT sudah lama berakhir dan hanya beberapa yang bertahan.

Monitor LCD

jenis monitor - panel lcd

Monitor LCD adalah monitor atau layar komputer yang menggunakan teknologi LCD untuk menampilkan gambar yang jelas, dan kebanyakan ditemukan di komputer laptop dan monitor panel datar. Kepanjangan dari LCD adalah Liquid Crystal Display, jenis display yang memiliki struktur tipis dan bekerja melalui serangkaian piksel monokrom yang terbentuk melalui cahaya.

Resolusi minimum dari monitor biasanya memiliki resolusi 1280 x 720 pixel hingga 3840 x 2160, dengan aspect ratio sebesar 16:9. Waktu untuk merespon gambar sama dengan waktu yang diperlukan piksel untuk mengubah warna.

Meskipun monitor LCD pada awalnya dibuat untuk industri televisi, teknologinya hadir dalam sejumlah besar peralatan pribadi yang sangat berguna, sebagai contoh, kalkulator dengan layar LCD.

Fitur:

  • Berat fisik yang ringan, sehingga bisa digantung di dinding.
  • Ukurannya sedang, dapat ditempatkan pada ruang pribadi atau perkantoran.

Monitor TFT

jenis monitor - panel tft

Thin-film-transistor liquid-crystal display adalah layar yang menggunakan teknologi transistor film tipis untuk meningkatkan kualitas gambar. LCD TFT adalah active matrix LCD, berbeda dengan passive matrix LCD.

TFT adalah variasi lain dari jenis LCD juga, berdasarkan ukuran layarnya, teknologi ini memungkinan perangkat untuk di-implementasi dengan komponen lain.

Teknologi ini memungkinkan pembesaran dan pencahayaan yang lebih baik karena memiliki transistor untuk masing-masing pixel layar. TFT adalah penemuan yang menggabungkan kristal cair (liquid crystal) dengan resolusi tinggi.

Monitor LED

jenis monitor - panel led

Jenis teknologi layar / screen yang terdiri dari light-emitting diodes atau dioda pemabcar cahaya (LED). Istilah LED berasal dari singkatan English, yaitu Light Emitting Diode, yang jika diartikan adalah dioda pemancar cahaya.

Modul LED monokromatik atau polikromatik ini memungkinkan penggunanya untuk melihat data dan gambar dengan RGB LED yang membentuk pixel layar. Resolusi layar minimum pada jenis monitor ini adalah 1024 × 768.

Fitur:

  • Mampu memproyeksikan gambar dengan resolusi yang baik
  • Kualitas (realisme) gambar dapat diproyeksikan pada layar dengan warna dan jelas.
  • Transmisi gambar dengan resolusi tinggi dapat dirasakan.

Monitor DLP

jenis monitor - panel dlp

Digital Light Processing adalah teknologi yang dikembangkan oleh Texas Instruments yang digunakan untuk memproyeksikan gambar dari monitor ke layar besar untuk presentasi. DLP menggunakan cermin kecil yang berlokasi di microchip jenis khusus yang disebut Digital Micromirror Device (DMD).

Monitor DLP bekerja berdasarkan prinsip perangkat mikro mirror digital atau DMD. Dalam proses ini, cahaya dimodulasi secara digital oleh jutaan micro mirrors.

Struktur kecil ini berkoordinasi untuk mengirimkan cahaya ini ke dalam ruang piksel. Dengan cara ini, mereka dapat menghasilkan 1024 gray scales. Ini adalah jenis layar yang ideal bagi yang suka bermain game atau pengeditan gambar atau video.

Monitor Touchscreen

jenis monitor - panel touch

Touchscreen atau layar sentuh adalah perangkat input sekaligus output yang biasanya diletakkan di atas tampilan visual elektronik dari sistem pemrosesan informasi.

Jenis monitor ini bekerja dengan cara yang sama seperti layar pada smartphone dan tablet digital. Cukup sentuh layar menggunakan jari, alat sentuh dan atau pen khusus untuk mengaktifkan menu atau menjalankan fungsi tertentu.

Struktur layar memang dibuat sensitif untuk agar fitur dragging (menyeret di layar) dapat digunakan untuk mensupport program grafis dan desain. Perangkat parsial juga dapat dipasangkan dengan monitor LCD atau LED..

Monitor Plasma Screen

jenis monitor - panel plasma

Layar plasma adalah jenis layar flat panel yang menggunakan sel kecil yang mengandung plasma, gas terionisasi yang merespons medan listrik. Display plasma masih sering digunakan pada televisi-televisi hingga sekitar tahun 2007.

Istilah nama Plasma Screen berasal dari penggunaan kamera dan lembar fluoresens di dalamnya. Fluoresens adalah unsur yang dapat memancarkan cahaya. Dengan adanya fitur ini, kita dapat menikmati gambar dan warna yang lebih baik.

Karakteristik utama layar ini adalah terletak pada keseimbangan antara kecerahan dan kontras gambarnya, semakin besar atau lebih baik keseimbangan keduanya, semakin tajam pula gambar dan resolusinya.

Monitor OLED

jenis monitor - panel oled

OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi tampilan baru yang kualitasnya lebih cerah, lebih efisien, lebih tipis dan memiliki refresh rate dan kontras yang lebih baik daripada layar LCD. OLED memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan digunakan di high-end smartphone dan tablet.

Jenis monitor OLED masih belum banyak di pasaran dan menjadi model monitor yang paling ekstrim dalam hal ini. Ia bekerja sebagai sarana dari light-emitting diode atau dioda pemancar cahaya. Dari sinilah istilah OLED (organic light-emitting diode) dikenal.

Dalam strukturnya yang tipis, lapisan electroluminescent dibuat dari komponen organik yang bekerja dengan cahaya yang dihasilkan di dalamnya. Itulah bagaimana gambar dari komputer terbentuk.

Sumber artikel ini: monitorbeasts.com, techopedia.com, webopedia.com, wikipedia.org

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

Leave a Comment