Jenis Jenis Keyboard

Advertisements

Teknozone.ID – Di artikel ini, kalian akan menemukan materi berupa jenis jenis keyboard komputer dengan layout yang berbeda-beda selain QWERTY. Tetapi, fungsinya tetap sama.

Keyboard adalah salah satu perangkat input yang digunakan untuk mengetik data (text) di komputer. Selain QWERTY, masih ada banyak layout keyboard yang bisa kalian gunakan, jika kurang nyaman dengan layout yang biasa.


11 Jenis Keyboard Berdasarkan Susunan Hurufnya

Berikut daftar keyboard komputer yang pernah digunakan selama ini

1. Keyboard AZERTY

jenis keyboard azerty

Advertisements

AZERTY adalah jenis tata letak khusus untuk karakter alfabet Latin pada pada keyboard komputer. Layout ini dikenal AZERTY berdasarkan dari enam huruf pertama yang muncul pada baris pertama tombol abjad, yaitu A Z E R T Y.

Azerty Keyboard merupakan layout keyboard yang berasal dan dioptimalkan untuk wilayah negara Perancis yang mensupport karakter Latin Uni-Eropa, Yunani, dan Esperanto.

2. Keyboard QWERTZ

jenis keyboard qwertz

Keyboard QWERTZ atau QWERTZU adalah mesin tik dan tata letak keyboard yang banyak digunakan di Eropa Tengah. Nama keyboard ini diambil dari enam huruf pada baris pertama di kiri atas keyboard.

3. Keyboard Dvorak

jenis keyboard dvorak

Dvorak adalah tata letak keyboard untuk bahasa Inggris yang dipatenkan pada tahun 1936 oleh August Dvorak dan saudara ipar-nya, William Dealey sebagai alternatif yang lebih cepat dan lebih ergonomis dibanding layout QWERTY

4. Keyboard Colemak

jenis keyboard colemak

Colemak adalah tata letak keyboard untuk huruf latin-script, dibuat oleh dan dinamai Shai Coleman pada tahun 2006. Layout keyboard ini dirancang untuk membuat pengetikan lebih efisien dan nyaman dengan menempatkan huruf paling sering digunakan.

Advertisements

5. Keyboard Maltron

jenis keyboard maltron

MALTRON keyboard dirancang untuk memungkinkan orang dengan kebutuhan khusus untuk memasukkan data komputer lebih mudah dan cepat dibanding keyboard konvensional. Keyboard ini cocok dengan bentuk tangan dan panjang jari yang berbeda untuk mengurangi gerakan dan ketegangan pada jari.

6. Keyboard JCUKEN

jenis keyboard jcuken

JCUKEN (ЙЦУКЕН, juga dikenal sebagai YCUKEN, YTsUKEN dan JTSUKEN) adalah main layout Cyrillic keyboard untuk bahasa Rusia di komputer dan mesin ketik.

Sebelumnya, di Rusia tata letak JIUKEN (ЙІУКЕН) adalah layout utamanya, tetapi digantikan oleh JCUKEN ketika reformasi alfabet Rusia pada tahun 1917 dan menghapus huruf Ѣ, І, Ѵ, dan Ѳ

7. Keyboard KLOCKENBERG

jenis keyboard klockenberg

Keyboard ini memiliki dibuat dengan layout terpisah, tangan kanan menggunakan 1 keyboard dan tangan kiri juga 1 keyboard, tujuannya pembuatannya adalah untuk mengurangi ketegangan otot saat mengetik data di depan komputer.

Advertisements

8. Keyboard Palantype

jenis keyboard palantype

Layout keyboard Palantype terbagi di kedua tangan pengguna, meskipun pada awalnya pengguna akan merasa asing dengan layout ini.

9. Keyboard Stenotype

jenis keyboard stenotype

Kebanyakan keyboard stenotype modern memiliki banyak kesamaan dengan keyboard QWERTY komputer dan mesin tik dari segi bentuk. Sebagian besar berisi mikroprosesor, dan banyak yang memiliki fitur untuk penyesuaian sensitivitas.

10. Keyboard Alphabetik / QWERTY

jenis keyboard qwerty

QWERTY adalah desain keyboard untuk huruf latin-script. Nama QWERTY berasal dari urutan enam tombol pertama di baris huruf kiri atas keyboard, yaitu tombol Q W E R T Y. Desain keyboard didasarkan pada tata letak yang dibuat untuk mesin tik Sholes dan Glidden dan dijual ke E. Remington and Sons pada tahun 1873.

11. Keyboard Numeric

jenis keyboard numeric

Dikenal juga dengan numeric keypad, number pad, numpad, atau ten key, adalah bagian tombol standar yang berisi 17 tombol dari papan ketik komputer standar, biasanya posisinya berada di ujung kanan. Keyboard Numerik memberikan efisiensi untuk memasukkan angka

Advertisements

Dari beberapa jenis keyboard di atas, mayoritas orang Indonesia menggunakan jenis QWERTY yang memiliki numeric key di sebelah kanan papan keyboard.


Sumber artikel ini: mentalfloss.com, slant.co, wikipedia.org, maltron.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊