Jenis Jenis CPU Komputer

 

Teknozone.ID – CPU / prosesor memproses instruksi atau operasi yang terkandung dalam program komputer yang dapat dieksekusi. Apapun jenis CPU-nya, CPU tetap dianggap sebagai otak komputer.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang jenis jenis CPU, fungsi singkat CPU, dan penggunaannya untuk apa. Setelah menerima data, CPU akan memroses data dengan cara yang sudah diatur.

Beberapa Jenis CPU / Processor

Saat ini, ada dua produsen utama mikroprosesor komputer, yaitu Intel dan Advanced Micro Devices (AMD) yang menjadi nomor satu di pasar dalam hal kecepatan dan kualitas.

Intel membuat Celeron M, Pentium M dan Core mobile processors untuk notebook. Sedangkan AMD membuat versi mobile dari Sempron dan Athlon-nya. Kedua perusahaan membuat prosesor single-core dan multi-core dan

Bicara jenis CPU, ini beberapa processor yang paling sering ditemui:

1. AMD Processor

jenis cpu - amd

Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi terkait untuk pasar bisnis dan konsumen.

2. ARM Processor

jenis cpu - arm

ARM, sebelumnya Advanced RISC Machine, dan originalnya Acorn RISC Machine, masih masuk kedalam keluarga arsitektur komputasi yang direduksi untuk prosesor komputer, yang dikonfigurasi untuk berbagai keperluan.

3. Apple Processor

jenis cpu - apple

Sampai saat ini, Apple Inc. telah merancang processor System on Chip (SoC) dan System in Package (SiP) untuk perangkat konsumen seluler mereka. Mereka menggabungkan central processing unit berdaya rendah dan komponen lainnya secara fisik.

4. Cyrix Processor

jenis cpu - cyrix

Cyrix Corporation adalah pengembang mikroprosesor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson, Texas. Cyrix berperan sebagai pemasok spesialis coprocessor matematika untuk 286 dan 386 mikroprosesor.

5. IBM Processor

jenis cpu - ibm

IBM memiliki serangkaian mikroprosesor berkinerja tinggi yang disebut POWER, ditandai dengan nomor generasis, contohnya POWER1, POWER2, POWER 3 dan sebagainya hingga POWER 9 terbaru

6. Intel Processor

jenis cpu - intel

Intel Core adalah prosesor yang ditargetkan untuk konsumen, workstation, yang dipasarkan oleh Intel Corporation. Versi yang lebih handal dari prosesor Core juga dijual sebagai prosesor Xeon untuk pasaran server dan workstation.

Jenis CPU berdasarkan Core

Berdasarkan core yang dimiliki, prosesor terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

Single Core

Prosesor single-core adalah mikroprosesor dengan satu inti yang ada pada sebuah chip, menjalankan satu thread pada satu waktu. Istilah ini menjadi umum digunakan setelah munculnya prosesor multi-core untuk membedakan.

Dual Core

Prosesor dual-core adalah CPU yang memiliki dua prosesor atau “execution cores” dalam sirkuit terintegrasi yang sama. Setiap prosesor memiliki cache dan pengontrolnya sendiri, hal ini memungkinkan prosesor berfungsi lebih efisien dibanding prosesor tunggal.

Quad Core

Prosesor Quad Core masuk ke dalam kategori multi-core, Quad Core adalah sirkuit terintegrasi prosesor komputer dengan 4 unit pemrosesan terpisah, yang disebut core, masing-masing membaca dan menjalankan instruksi program, seolah-olah komputer memiliki beberapa prosesor.

Ada banyak jenis CPU yang beredar di pasaran, dan kembali lagi semua tergantung pada keperluan. CPU paling umum digunakan pada perangkat biasa memiliki arsitektur x86 seperti pada PC dan tablet dan arsitektur berbasis ARM untuk ponsel dan tablet ringan.

Membahas Intel dan AMD, Intel memiliki Celeron, Pentium, Core i3, Core i5, Core i7, dan Core i9 yang ditargetkan untuk pengguna PC. Ada juga Xeon E3 dan Xeon E5 untuk workstation dan server. AMD memiliki seri Ryzen 3, 5, 7 dan Ryzen Pro 3, 5 ,7. AMD juga memiliki CPU A6, A8, A10, A12 yang bisa dibilang “sebanding” dengan Intel Celeron dan Pentium.

Sumber artikel ini: techwalla.com, computerhunger.com, wikipedia.org, quora.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM
fast
close

Leave a Comment