Jenis Jenis Motherboard

Advertisements

Teknozone.ID – Jenis motherboard terbagi menjadi 2, yaitu AT dan ATX. Tetapi, pengkategorian ATX dibagi lagi menjadi 3 kategori, yaitu motherboard Micro-ATX, Mini ITX, E-ATX.

Seperti namanya, motherboard berfungsi sebagai platform utama antar komponen yang ada di PC. Motherboard juga menjadi komponen utama di perangkat mobile, tablet, laptop dan beberapa elektronik lainnya.

Di artikel ini, kalian akan menemukan pembahasan seputar jenis motherboard, beserta komponen, fungsi dan penjelasannya dengan bahas yang diusahakan mudah dipahami.


Jenis Motherboard AT

jenis motherboard at
gambar jenis motherboard at

Advertisements

Motherboard ini adalah motherboard tertua dari jenisnya. AT sendiri artinya adalah papan yang terdiri dari konektor daya Advanced Technology (AT). Motherboard AT digunakan pada pertengahan tahun 80-an.

Dikarenakan ukuran dimensi yang kecil (13,8 x 12 inci), motherboard ini dianggap menyulitkan pengguna untuk memasang drive yang baru.


Jenis Motherboard ATX

jenis motherboard atx
gambar jenis motherboard atx

Motherboard ATX adalah hasil improvisasi (peningkatan kualitas) dari Motherboard sebelumnya, seperti AT. ATX adalah desain motherboard yang umum digunakan untuk papan yang berukuran lebih kecil (seperti micro-ATX, Flex ATX, nano-ITX, mini-ITX).

Motherboard ATX modern memiliki banyak keunggulan dibandingkan pendahulunya. Beberapa fitur pada Motherboard ATX modern seperti:

  • Lebih banyak gelombang daya (sumber energi) masuk yang lebih bersih & stabil.
  • Area sekitar soket CPU lebih bersih dan lega untuk meletakkan heatsink.
  • Jarak yang lebih nyaman antara slot ekspansi dan cooler untuk graphic card.

Jenis Motherboard Micro-ATX

jenis motherboard micro atx
gambar jenis motherboard micro-atx

Mobo ini memiliki ukuran lebih kecil dibanding Motherboard ATX biasa. Beberapa manufaktur bahkan memiliki dimensi 9,6 x 8,1 inci. Kebanyakan motherboard ATX modern memiliki maksimum tujuh PCI atau slot ekspansi PCI-Express, tetapi micro ATX hanya memiliki sebanyak-banyaknya empat saja.

Berikut keunggulan dari Micro-ATX dibandingkan Motherboard ATX:

  • Ukurannya compact, dan lebih kecil dari Mobo jenis ATX.
  • Lebih budget friendly dibanding motherboard ATX atau ITX, dan lainnya.

Jenis Motherboard Mini ITX

jenis motherboard mini itx
jenis motherboard mini itx

Mini ITX berukuran sekitar 6,7 x 6,7 inci dan lebih kecil dari Motherboard lainnya. Beberapa fitur dan keunggulan Motherboard Mini ITX berikut di bawah ini:

  • Ukuran lebih kecil dan cooling fan memiliki konsumsi daya rendah.
  • Mini ITX dapat digunakan untuk tujuan apa pun yang dirancang untuk ATX, Micro-ATX dan varian ATX lainnya.

Jenis Motherboard E-ATX

jenis motherboard e atx
gambar jenis motherboard e-atx

E-ATX adalah extended-ATX Motherboard tetapi ukurannya lebih besar dibanding ATX Motherboard. Karena ukurannya yang besar, tentunya semakin banyak juga fitur & penggunaan yang lebih unggul dibanding mobo lainnya.

E-ATX biasanya digunakan untuk bermain game karena motherboard jenis ini dapat diupgrade, misalnya menambah memori atau upgrade CPU agar core nya lebih banyak. Berikut fitur dan kelebihan dari Motherboard E-ATX:

  • Memiliki banyak slot PCI dan slot DIMM.
  • Memiliki wifi built-in, sound card, fitur onboard troubleshooting, dan VRM yang kuat.
  • Memiliki kapasitas maksimal ram yang tinggi.

VRM adalah voltage regulator module. Ini adalah jenis motherboard yang banyak digunakan karena ada fitur seperti overclocking, USB 3.0, USB 3.1, etc. Kemungkinan besar motherboard kalian adalah jenis ini.

Advertisements

Beberapa merk / brand produsen motherboard:

  • ABIT
  • AOpen
  • ASUS
  • Biostar
  • Gigabyte
  • Intel
  • MSI

Komponen Motherboard

Motherboard komputer menghubungkan semua bagian (komponen) komputer secara bersamaan. Berikut beberapa komponen penting dari motherboard:

CMOS Battery

komponen motherboard - cmos
gambar: computerhope.com

CMOS adalah sebuah logam-oksida-semikonduktor yang digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS di motherboard komputer. Baterai CMOS juga menyimpan tanggal dan waktu.

CPU Chip

komponen motherboard - cpu chip
gambar: globalspec.com

CPU adalah sebutan / istilah untuk prosesor, central processing unit, dan mikroprosesor. Ia juga yang bertanggung jawab dalam melakukan tugas di dalam sistem komputer. CPU juga dikenal sebagai “otak”nya komputer.

Floppy controller

komponen motherboard - floppy
gambar: bigcommerce.com

Pada motherboard lama, floppy drive terhubung ke komputer melalui kabel dengan 34-pin, salah satu ujung kabel terhubung ke floppy drive dan ujung satunya terhubung ke motherboard.

IDE controller

komponen motherboard - ide
gambar: primelec.com

IDE adalah singkatan dari Integrated Drive Electronics, juga disebut sebagai ATA atau Parallel ATA (PATA). Kontroler yang bertanggung jawab untuk mengendalikan hard drive. Mayoritas komputer modern tidak lagi dilengkapi dengan pengontrol IDE.

Port Parallel

komponen motherboard - parallel
gambar: startech.com

Sebagian besar printer lama masih menggunakan port paralel untuk terhubung dengan komputer. Port paralel menggunakan lebih dari satu kabel untuk mengirim atau menerima beberapa bit data sekaligus, sedangkan port serial hanya menggunakan satu kabel. 25-pin.

Advertisements

Port USB

komponen motherboard - port usb
gambar: jakartanotebook.com

USB (Universal serial bus) umumnya digunakan perangkat peripheral untuk terhubung PC. Ada beberapa perangkat yang digunakan untuk terhubung dengan port USB seperti mouse, keyboard, scanner, kamera, dan bahkan printer. Konektor USB juga digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat periferal.

Slot AGP

komponen motherboard - slot agp
gambar: blogspot.com

Accelerated Graphics Port (AGP) adalah saluran point-to-point berkecepatan tinggi untuk memasang video card ke sistem komputer. Jika kalian memiliki motherboard modern, setidaknya kalian akan melihat satu konektor yang terlihat seperti slot PCI ini.

Slot CPU

komponen motherboard - slot cpu
gambar: wikimedia.org

Soket prosesor (juga disebut soket CPU) adalah konektor pada motherboard yang menghubungkan CPU dengan motherboard, umumnya bentuknya kotak dan memiliki PIN. Slot ini mudah ditemukan karena pastinya CPU disertai dengan pendingin, baik itu berupa fan heatsink atau liquid cooler.

Slot ISA

komponen motherboard - slot isa
gambar: wikimedia.org

ISA adalah singkatan dari Industry Standard Architecture, ISA adalah arsitektur standar dari ekspansi bus. Slot ini biasanya digunakan untuk menghubungkan modem dan perangkat input.

Slot PCI

komponen motherboard - slot pci
gambar: amazon.com

PCI merupakan singkatan dari Peripheral Component Interface, slot PCI memungkinkan penggunanya untuk memasukkan kartu ekspansi ke motherboard / sistem komputer.

PCI digunakan untuk menghubungkan perangkat PCI tambahan seperti network card, sound card, modem, video card. Tetapi, komputer modern kebanyakan tidak lagi dilengkapi dengan slot ekspansi PCI.

Advertisements

Slot Power Supply

komponen motherboard - power supply
gambar: bigcommerce.com

Power supply digunakan sebagai menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk membuat sistem komputer beroperasi. Power supply mengambil daya AC 110-V standar dan mengubahnya menjadi +/- 12-Volt, +/- 5-Volt, dan 3,3-Volt DC. Konektor power supply memiliki 20-pin, dan konektornya hanya masuk satu arah, dari PSU ke Mobo.

Slot RAM

komponen motherboard - slot ram
gambar: alicdn.com

Slot RAM di motherboard digunakan untuk memasang RAM, setidaknya kita dapat melihat dua slot RAM dengan beragam ukuran memory. Tetapi, slot RAM pada motherboard server, bisa lebih dari 4 slot RAM.

Sumber artikel ini: getdroidtips.com, kencorner.com

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊