Jenis Jenis RAM

Teknozone.ID – Sedang upgrade laptop / komputer dan bingung harus memilih jenis memori RAM yang harus kalian beli?. Jenis RAM yang dibeli dengan yang digunakan harus cocok.

Di artikel ini, kita akan membahas jenis jenis RAM, dan cara cek jenis RAM yang digunakan pada komputer & laptop kalian. Mulai dari SRAM, DRAM, SDRAM, DDR SDRAM, RDRAM, CDRAM, Flash Memory, SO-DIMM, dan lainnya

 

Jenis RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, dan memberikan komputer ruang virtual yang diperlukan untuk mengelola data & informasi yang sedang diproses saat itu.

1. SRAM

macam ram sram

SRAM (Static RAM) adalah random access memory (RAM) yang menyimpan bit data dalam memori. Tidak seperti RAM dinamis (DRAM), yang menyimpan bit dalam sel yang terdiri dari kapasitor dan transistor.

2. DRAM

macam ram dram

Dynamic random access memory (DRAM) adalah jenis memori semikonduktor yang biasanya digunakan untuk data atau kode program yang dibutuhkan oleh prosesor komputer agar berfungsi. DRAM adalah jenis umum dari random access memory (RAM) yang digunakan di komputer pribadi (PC), workstation dan server

3. SDRAM

macam ram sdram

SDRAM adalah nama lain dari Synchronous Dynamic Random Access Memory DRAM dimana external operasi eksternal disinkronkan oleh sinyal clock eksternal – itulah kenapa namanya synchronous DRAM.

4. DDR SDRAM

macam ram ddr sdram

DDR SDRAM adalah setumpuk akronim. Double Data Rate (DDR) Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) adalah jenis memori yang umum digunakan sebagai RAM untuk sebagian besar setiap prosesor modern

5. RDRAM

macam ram rdram

RDRAM (Rambus DRAM) adalah jenis memori aktif perangkat komputer yang dikembangkan dan dilisensikan oleh Rambus Inc. RDRAM bersaing dengan synchronous dynamic RAM (SDRAM) selama akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Sebagai subsistem memori keseluruhan, RDRAM terdiri dari: Random access memory (RAM); RAM controller; jalur yang menghubungkan RAM ke mikroprosesor dan perangkat komputer yang menggunakan.

6. CDRAM

macam ram cdram

(Cached DRAM) Sebuah chip memori DRAM berkecepatan tinggi yang dikembangkan oleh Mitsubishi yang mencakup cache SRAM yang kecil.

7. Flash Memory

macam ram flash memory

Memori flash adalah chip memori non-volatile yang digunakan untuk penyimpanan dan untuk mentransfer data antara komputer pribadi (PC) dan perangkat digital. Memory ini memiliki kemampuan untuk diprogram ulang secara elektronik dan dihapus. Biasanya ditemukan pada USB flash drive, MP3 player, kamera digital dan solid-state drive. 7, 2018

8. SO – DIMM

SO-DIMM, SODIMM, atau Small Outline Dual Inline Memory Module adalah jenis memori komputer yang dibuat menggunakan sirkuit terintegrasi. SO-DIMM adalah alternatif memory yang lebih kecil daripada DIMM, ukurannya setengah dari ukuran DIMM biasa.

9. EDORAM

macam ram edoram

EDORAM merupakan singkatan dari Extended Data Out Random Access Memory. Dikembangkan pada tahun 1995 dan memiliki kecepatan yang paling tinggi diantara jenis ram lain pada masanya.

10. FPM DRAM

macam ram fpm dram

FPM DRAM yaitu First Page Mode DRAM. Merupakan desain awal dari DRAM yang dapat mentransfer data dengan maksimum mendekati 176 MB/detik pada cache L2.

 

Fungsi RAM

RAM atau Random-Access Memory adalah jenis penyimpanan data komputer dan menyimpan file yang sedang digunakan saat komputer sedang berjalan. File-file ini dapat mencakup berbagai program seperti sistem operasi, dll.

RAM memungkinkan akses file yang lebih cepat, dibandingkan dengan jenis penyimpanan data lainnya. RAM adalah jenis sementara perangkat penyimpanan data, karena semua file dan data di dalamnya akan hilang ketika kita mematikan komputer

RAM menyimpan file saat pertama kali diakses dan tetap bisa digunakan cepat saat komputer masih dihidupkan. Akses data cepat ini yang menjadi point penting dari RAM

 

Cara Cek Jenis RAM Laptop

cara cek jenis ram

Buka Task Manager ➡ lalu buka tab Performance. Pilih memory dari kolom sebelah kiri. Kalian bisa melihat berapa banyak RAM yang kalian punya dan tipenya apa.

Step by step:

  1. Buka Task Manager.
  2. Klik tab Performance.
  3. Lihat panel kiri ➡ lalu klik Memory.

Tapi, untuk versi yang lebih lengkap dan jelasnya memang sebaiknya harus lihat fisik langsung dan jangan lupa difoto.

Sumber artikel ini: enotes.com, microcontrollertips.com, searchstorage.techtarget.com, pcmag.com, techopedia.com, lifewire.com, geeksforgeeks.org

Artikel Terkait:

Jenis VGAJenis CPU KomputerJenis Keyboard
Jenis Hard DiskJenis MonitorJenis Printer
Jenis ROMJenis Power SupplyJenis Mouse
Jenis ScannerJenis MotherboardJenis RAM

Leave a Comment