Printer

Advertisement

Teknozone.ID – Di materi ini, kita akan membahas seputar Printer, mulai dari definisi alias pengertiannya, fungsi, cara kerja dan perkiraan macam-macamnya.

Di dunia komputer / komputasi, printer adalah perangkat peripheral yang digunakan untuk membuat representasi grafik atau text dalam bentuk kertas. Selain barcode, output dari printer bisa dibaca manusia.

Banyak printer yang dan dipasang oleh kabel khusus, tetapi jenis modern yang digunakan adalah kabel USB yang dicolokkan ke komputer dan berfungsi sebagai sumber dokumen. Printer dot-matrix biasanya digunakan untuk keperluan komputer pribadi.

 

Fungsi Printer

gambar printer
Gambar printer Canon Pixma TR4520

Printer berfungsi sebagai perangkat yang menerima data dari text dan grafik dari komputer, lalu menghasilkan informasi output ke kertas, dengan ukuran kertas yang standar. Printer memiliki variasi pilihan, mulai dari bentuk ukuran, kecepatan, fitur modern hingga biaya yang dibutuhkan. Tetapi, umumnya printer akan mahal jika digunakan untuk kepentingan percetakan warna dengan resolusi tinggi.

Ada 4 point utama yang bisa kita perhatikan saat memilih / membeli printer, yaitu:

  1. Akurasi warna: Warna sangat penting untuk beberapa pengguna yang memang bekerja dibidang percetakan yang mengutamakan akurasi dari warna, seperti peta, banner, spanduk, dan lainnya. Meskipun begitu, alat cetak dengan akurasi warna tinggi biasanya harganya lebih mahal.
  2. Resolusi output: Ketajaman hasil cetak dari perangkat bisa dilihat dari huruf dan gambar, istilahnya sering dikenal dengan dpi.
  3. Kecepatan print: Kecepatan untuk mencetak dokumen jadi penting ketika penggunanya mencetak dokumen dengan skala besar / banyak. Semakin cepat, biasanya semakin mahal juga harganya.
  4. Kapasitas memori: Memiliki kapasitas memori besar membantu user untuk mencetak gambar atau tabel yang rumit lebih cepat.

Terlepas dari merk dan jenis printer apa yang kalian gunakan, secara umum orang membutuhkan alat cetak dengan warna tinta hitam-putih.

 

Jenis – Jenis Printer

jenis jenis printer

Di bawah ini kalian akan penjelasan dari berbagai jenis printer yang ada di pasaran, dari laser printer hingga inkjet:

1. 3D Printers

3D printing menjadi lebih terjangkau bagi pengguna profesional dan domestik. Printer 3D modern mampu menghasilkan objek dan barang 3D menggunakan resin berkualitas tinggi.

2. Business Inkjet Printers

Memanfaatkan teknologi inkjet dalam skala besar untuk mengakomodasi kebutuhan kantor yang sibuk dengan ketergantungan besar pada hasil cetak, printer inkjet sangat populer karena handal dan sifatnya yang kuat.

Advertisement

3. Dot Matrix Printers

Printer dot matrix adalah jenis printer tertua yang masih tersedia di pasaran. Gambar dan teks digambar dalam bentuk titik-titik kecil ketika print head menulis ke kertas.

4. Home Inkjet Printers

Printer inkjet adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan. Dikembangkan pada tahun 1950-an, teknologi pencetakan inkjet masih sangat populer sampai saat ini karena lebih banyak kelebihan dibanding kekurangannya.

5. LED Printers

Printer LED mirip dengan printer laser tetapi menggunakan dioda pemancar cahaya untuk membuat gambar pada drum. Karena lebih sedikit bagian yang bergerak, printer LED sering dianggap lebih efisien dan dapat diandalkan daripada printer laser.

6. Laser Printers

Printer laser masih banyak digunakan di kantor-kantor besar karena secara tradisional lebih efisien daripada printer inkjet. Printer laser dikembangkan oleh Xerox pada 1960-an ketika gagasan menggunakan laser untuk menggambar gambar ke drum mesin fotokopi pertama kali dipertimbangkan.

7. Multifunction Printers

Kadang-kadang dikenal sebagai printer all-in-one atau AIO, printer multifungsi mampu melakukan tugas-tugas pencetakan, mengcopy, scanning, dan faks. Cukup beli 1 unit, dan keperluan lain bisa teratasi.

8. Solid Ink Printers

Solid ink printers menggunakan bentuk teknologi tinta yang unik, dirancang untuk menghemat ruang dan uang. Printer akan melelehkan stick tinta padat selama proses pencetakan – metode ini dapat membantu menghasilkan warna yang lebih cerah.

 

Informasi Tambahan

Selain beberapa penjelasan di atas, ada beberapa info yang mungkin bisa jadi tambahan ilmu untuk kita bersama.

Printer Murah & Berkualitas

Saat ini, ada 2 jenis printer yang paling banyak tersedia dan hemat biaya untuk rumah dan kantor adalah jenis printer inkjet dan laser.

Printer InkJet

Advertisement

Printer inkjet menyemprotkan tinta (spray) ke atas kertas, tintanya disimpan di dalam katrid yang dapat diganti atau diisi ulang (refill), untuk menghemat biaya lebih murah me-refillnya dari pada beli katrid baru.

Beberapa printer memiliki fitur built-in printer heads yang terpisah dari katrid tinta warna. Printer inkjet dapat mencetak pada berbagai media, termasuk berbagai jenis kertas dan bahan khusus seperti kain, kanvas, transparansi, dan label CD atau DVD

Printer Laser

Printer laser menggunakan toner (bubuk) yang terbuat dari partikel plastik berwarna, jadi bukan tinta cair. Laser akan memproyeksikan gambar ke rotating drum atau belt yang dilapisi dengan bahan bermaterial photosensitive.

Toner diisi dengan listrik statis dengan polaritas yang berlawanan, dan ketika drum diputar melalui toner, toner tertarik ke area gambar yang dibuat oleh laser. Kertas dipanaskan dan ditekan melalui rol sehingga toner meleleh dan gambar melebur ke kertas

Berbagai jenis printer untuk penggunaan rumah dan kantor juga dilengkapi dengan berbagai fungsi yang berbeda. Perangkat ini juga digunakan pada berbagai ukuran dan jenis kertas dan media yang beragam.

Advertisement

 

Font pada Printer

Font atau huruf pada printer adalah sekumpulan karakter dari style dan ukuran typeface. Printer menggunakan font tetap dan soft fonts untuk mencetak dokumen.

Font tetap ditanamkan ke perangkat keras printer. Mereka juga disebut font internal, font bawaan atau font resident. Semua printer dilengkapi dengan setidaknya satu font yang residen.

Berbeda dengan soft-font, font resident tidak dapat dihapus. Tetapi, Font tambahan dapat ditambahkan dengan memasukkan kartrid font ke dalam printer atau menginstal soft-font ke hard drive.

 

Penggunaan Printer

Beberapa printer umumnya digunakan sebagai printer jaringan, memiliki interface jaringan built-in (biasanya nirkabel dan / atau Ethernet), dan dapat berfungsi sebagai perangkat hardcopy untuk setiap pengguna yang berada di jaringan yang sama.

Sedangkan, printer individual seringkali dirancang untuk mendukung pengguna yang terhubung dengan jaringan dan lokal secara bersamaan. Ditambah, perangkat peripheral ini juga bisa digabungkan dengan perangkat lain, seperti scanner, faks.

Beberapa printer modern juga dapat langsung berinteraksi dengan media elektronik seperti memory stick atau kartu memori, atau ke perangkat pengambilan gambar seperti kamera digital, pemindai tak perlu terhubung ke komputer / laptop dulu.


Sumber artikel ini: techtarget.com, howstuffworks.com, quora.com, printerland.co.uk

Leave a Comment