Fungsi Kabel HDMI

HDMI, singkatan dari High Definition Multimedia Interface, sering kita jumpai dalam media Audio maupun Video Digital. Fungsi dari kabel HDMI dapat menghasilkan output audio atau video lebih jernih daripada kabel komposit dan mampu menyalurkan sampai dengan 8 sumber

Kabel HDMI merupakan versi modernnya Kabel komposit yang biasanya digunakan pada TV jadul, yang dimana kabel HDMI hanya berwujud satu konektor saja daripada komposit yang terdiri 3 konektor yang cukup merepotkan.

Kabel HDMI dikembangkan oleh beberapa brand teratas, termasuk Hitachi, Philips, Sony, dan lainnya. Ada 3 jenis HDMI yang umum digunakan, berikut jenis-jenisnya.

 

Fungsi Kabel HDMI

kabel hdmi

Fungsi Utama Kabel HDMI adalah menyalurkan transmisi data dari sumber data, ke perangkat output seperti TV,Monitor, LCD, dan sebagainya yang menghasilkan audio atau video.

Bisa dibilang kalau HDMI tidak bisa dipisahkan dari kegiatan kita sehari-hari, seperti menonton TV, menggunakan Komputer, dan menonton film di bioskop

Simak informasi seputar kabel lainnya di sini:

 

Jenis-Jenis Kabel HDMI

kelebihan kabel hdmi

1. TYPE A Connector (Standard)

Konektor ini paling sering dijumpai di elektronik audiovisual seperti TV, PS, Komputer, dan sebagainya.

2. TYPE C Connector (Mini)

Konektor ini terdapat pada elektronik yang bersifat portable. Ukurannya yang kecil memudahkan barang untuk dibawa kemana-mana dan mentransfer data kapan saja.

3. TYPE D Connector (Micro)

Sedangkan konektor tipe D, lebih banyak dijumpai pada elektronik yang lebih kecil lagi, seperti smartphone, pocket camera, dan sebagainya. Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kita tinggal memahami apa saja Fungsi Kabel HDMI.

 

Kelebihan Kabel HDMI

jenis kabel hdmi

HDMI mempunyai banyak kelebihan, berikut daftarnya:

  1. HDMI tidak mengurangi kualitas sinyal karena HDMI bekerja pada sinyal digital, berbeda dengan pendahulunya yang bekerja pada sinyal analog, sehingga HDMI dapat mentransfer sinyal tanpa mengubah kualitas audio atau video sedikitpun, maka hasil outputnya pun jernih.
  2. HDMI memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat, diketahui bahwa Kabel HDMI bisa mencapai kecepatan transfer 5GB per detik, sehingga meminimalisir adanya buffer.
  3. Lebih praktis, HDMI hanya berupa 1 konektor yang didalamnya terdapat 19 kabel dengan tugasnya masing-masing.
 

Perkembangan Teknologi HDMI

Berikut perkembangan yang dialami kabel kabel HDMI:

  1. Tahun 2002, ini merupakan versi paling awal dari Kabel HDMI, disebut dengan HDMI 1,0. Saat Kabel ini dirilis, Kecepatan transfernya adalah 4,95 Gbps dan sudah mendukung DVD dan Blu-ray. Juga mendukung 8 channel suara PCM dengan sumber bitrate suara 24 bit atau 192kHz, dengan arti, HDMI sudah mendukung resolusi 1080p dan sound system 7.1.
  2. Tahun 2004 merupakan tahun rilis HDMI 1.1. HDMI menambahkan support untuk DVD-Audio.
  3. Pada tahun 2005, HDMI 1.2 menambahkan dukungan format lossless DSD.
  4. Pada 2006, HDMI 1.3 mulai meningkatkan bandwidth menjadi 10.2Gbps, mensupport Dolby TrueHD dan DTS-HD MA. Setelah versi tersebut, ada serangkaian modifikasi kecil seperti 1.3a, 1.3b, 1.3b1 dan 1.3c dirilis. Pada tahun yang sama, pemutar Blu ray pertama di dunia, yaitu Samsung BD-P1000 diluncurkan dengan Interface HDMI.
  5. Pada tahun 2009, HDMI 1.4, mensupport 4K 30p dan 3D, juga menambahkan fungsi transmisi jaringan 100Mbps.
  6. Tahun 2013, meluncur HDMI 2.0 yang meningkatkan bandwidth dari 10.2Gbps menjadi 18Gbps, mendukung 4K 60p. Dan mendukung 32 channel suara.
  7. Pada tahun 2015, HDMI 2.0a menambahkan support HDR, sedangkan HDMI 2.0b menambahkan support untuk teknologi High Dynamic Range HLG lainnya.
  8. Di tahun 2017, HDMI 2.1 meningkatkan bandwidth menjadi 48Gbps, mendukung video format 8K / 60Hz, dan 4K / 120Hz, color depth 16 bit, dan dapat mengirimkan data dynamic HDR, yaitu Dolby Vision.

Sumber gambar artikel ini:

  • https://simplynuc.co.uk/wp-content/uploads/2017/05/Cable-HDMI-HDMI-6ft.jpg
  • https://www.intel.com/content/dam/support/us/en/images/graphics/29650_image2.png
  • https://www.tethertools.com/wordpress/wp-content/uploads/2013/10/HDMI-1.jpg
  • https://fgee.co.ke/wp-content/uploads/2017/07/1.5M-HDMI-Cable.jpg

Leave a Comment