Fungsi Kabel Crossover

Teknozone.ID – Fungsi kabel crossover juga untuk menghubungkan perangkat dalam membangun jaringan agar dapat saling terkoneksi.

Berbeda dengan kabel straight, kabel crossover mempunyai fungsi yang sedikit berbeda, dimana perbedaan itu? tim akan menjawab pertanyaan tersebut.

Kabel Crossover merupakan salah satu jenis dalam pengkabelan UTP, yaitu kabel straight dan crossover. Bagi sebagian orang mungkin paham apa yang dimaksud dengan kabel straight, namun asing saat mendengar kabel crossover.

 

Apa itu Kabel Jenis Crossover

Kabel crossover digunakan untuk menyambungkan antar perangkat yang memiliki peran yang sama. Sedangkan kabel straight menghubungkan antar perangkat yang berbeda fungsi.

warna kabel crossover

Struktur kabel crossover memiliki urutan kabel konektor RJ45 yang berbeda antar ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel crossover menggunakan urutan putih hijau, hijau, putih oranye, biru, putih biru, oranye, putih coklat, dan coklat.

Untuk ujung lainnya, kita bisa memakai urutan kabel straight. Untuk cara menghafalnya, bisa memakai patokan kabel straight, yaitu kabel 1 dipindah ke 3, dan kabel 2 dipindahkan ke kabel 6, atau bisa juga dengan metode lain sesuai keinginan.

Simak informasi seputar kabel lainnya di sini:

 

Fungsi Kabel Crossover

kabel utp jenis crossover

Kabel crossover seringkali digunakan untuk mengkoneksikan kedua perangkat yang memiliki peran dan fungsi yang sama agar dapat saling terhubung.

Contoh penggunaan kabel crossover adalah :

  1. Menghubungkan komputer ke komputer lainnya tanpa perantara lagi.
  2. Menghubungkan port switch/ hub ke port switch/ hub lainnya (biasanya untuk meluaskan jaringan yang ada)
  3. Menghubungkan 2 switch atau hub dengan cara kedua perangkat menggunakan jenis port yang sama
 

Perbedaan Crossover dan Straight

Perlu diketahui bahwa perbedaan Kabel Straight dan Crossover itu hanya berbeda sedikit fungsinya, yaitu pada perangkat yang disambungkan dan urutan kabel pada konektor RJ45, logikanya begini

  • Dalam segi fungsi, kabel crossover untuk menghubungkan perangkat yang sama, sedangkan straight digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat yang berbeda, baik perangkatnya maupun port nya.
  • Urutan kabel pada konektor RJ45 kabel Crossover berbeda dengan ujung satu dengan ujung lainnya, misal satu urutan Straight dan satunya lagi dengan urutan Crossover. Sedangkan kabel Straight membutuhkan kedua konektor mempunyai urutan kabel yang sama
 

Sumber gambar artikel ini:

  • https://i.pinimg.com/originals/9a/71/e0/9a71e0f9709245ccb02b1695ebe04e0f.png
  • https://i.ytimg.com/vi/tOhER85dyFw/maxresdefault.jpg
  • https://www.fomsn.com/wp-content/uploads/2016/07/Crossover-cable.jpg
  • https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/96/Vergleich_2von2_Crossoverkabel.jpg/1200px-Vergleich_2von2_Crossoverkabel.jpg

Leave a Comment