Fungsi GPU Komputer

Advertisement

Unit pemrosesan grafis / graphics processing unit (GPU) adalah sirkuit elektronik yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori untuk mempercepat pembuatan gambar yang ditujukan untuk output ke perangkat display.

GPU digunakan dalam sistem tertanam, ponsel, komputer pribadi, workstation, dan konsol game, di komputer, GPU tanam biasanya disebut iGPU.

GPU memiliki peran penting, terutama agar membuat game berjalan lebih efisien dan terlihat lebih baik dengan grafis beresolusi lebih tinggi dan framerate yang lebih halus.

Advertisement

 

Peran GPU pada Komputer

fungsi gpu komputer
gambar gpu komputer

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada banyak penjelasan tambahan yang mempermudah kamu untuk memahami fungsi GPU pada komputer.

Graphics processing unit, awalnya dirancang untuk mempercepat rendering grafis. GPU dapat memproses banyak data secara bersamaan, menjadikannya berguna untuk pembelajaran, pengeditan video, dan aplikasi game.

Seperti motherboard, GPU menampung prosesor dan RAM. Ia juga memiliki chip sistem input / output (BIOS), yang menyimpan pengaturan dan melakukan diagnostik pada memori, input dan output saat startup.

Advertisement

 

GPU pada Gaming

Untuk keperluan gaming, GPU adalah komponen yang sangat penting dan memiliki dampak yang besar daripada CPU dalam jenis game tertentu. GPU digunakan untuk mengelola dan meningkatkan kinerja video dan grafis

Meskipun Core CPU lebih sedikit, ia lebih kuat daripada ribuan core GPU. Selain itu biaya listrik GPU lebih tinggi daripada CPU.

Advertisement

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa membuat PC tanpa GPU / VGA Card. Menggunakan grafis bawaan motherboard meski kemampuannya tak sebagus eksternal

Jika penggunaan PC cenderung ke desain, gaming dan proses lain yang membutuhkan grafis, maka sangat disarankan untuk menggunakan GPU tinggi disertai CPU yang setara agar tidak bottleneck.

Leave a Comment