Fungsi DHCP

Teknozone.ID – Pernah konfigurasi Mikrotik? mungkin kalian penasaran dengan apa fungsi DHCP server dan fungsi DHCP client di mikrotik bukan?

Di artikel ini, kita akan membahas seputar DHCP. Tentunya dengan gambar ilustrasi yang saya dapat dari sumber yang tertera di bawah artikel.

 

Gambaran

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol jaringan yang memungkinkan server untuk secara otomatis menetapkan alamat IP ke komputer dari rentang angka yang ditentukan dan dikonfigurasi untuk jaringan tertentu.

Dengan kata lain, DHCP bertanggung jawab untuk mendistribusikan IP Address secara otomatis kepada setiap komputer client yang ingin terhubung dengan jaringan. DHCP juga mempermudah administrator untuk mengelola jaringan komputer.

Apakah DHCP penting?

Secara garis besar, ya. Karena DHCP memudahkan manajemen IP address. Tidak ada dua host yang dapat memiliki alamat IP yang sama. Selain itu, sangat besar kemungkinan terjadinya kesalahan jika dikonfigurasi manual.

 

Istilah Relay, Binding dan Lease

Leases

Gambar di bawah ini hanya contoh gambaran “Leases” yang terhubung dengan DCHP di Mikrotik, bisa kalian lihat di IP ➡ DHCP Server.

leases di dhcp server

Tapi, ketika komputer menggunakan alamat IP statis / static IP, artinya komputer dikonfigurasikan secara manual untuk menggunakan alamat IP tertentu.

Apa itu DHCP Relay?

DHCP relay agent adalah setiap host TCP / IP yang digunakan untuk meneruskan permintaan dan juga balasan antara DHCP server dan client ketika server berada di jaringan yang berbeda.

Ini contoh tampilan DHCP relay di MikroTik (cek artikel cara setting MikroTik sebagai station)

dhcp relay di mikrotik

Relay akan menerima pesan DHCP dan menghasilkan pesan DHCP baru untuk dikirim kepada INTERFACE lain.

Apa itu DHCP Binding

ilustrasi dhcp binding
DHCP Static Binding di Cisco IOS | gambar: networklessons.com

Fitur ini memungkinkan Administrator jaringan untuk memberikan beberapa perangkat alamat IP tertentu saat menggunakan DHCP untuk konfigurasi IP jaringan, terutama untuk perangkat yang sering diakses oleh klien LAN lain, seperti printer, network storage, atau server

 

Cara Kerja DHCP Memberikan Alamat IP

Dikutip dari situs Indiana University, kb.iu.edu. DHCP memberikan alamat IP ketika sistem dimulai. Seperti Ini proses bagaimana DHCP menetapkan alamat IP:

  1. Seorang pengguna menyalakan komputer dengan DHCP client.
  2. Client akan mengirimkan broadcast request, mencari DHCP server untuk menjawab.
  3. Router akan mengarahkan paket DISCOVER ke DHCP server yang benar.
  4. Server menerima paket DISCOVER.
  5. Client akan mengirim paket REQUEST (atau DHCPREQUEST), memberi tahu server bahwa ia bermaksud menggunakan alamat tersebut.
  6. Server mengirimkan paket ACK (atau DHCPACK), yang mengonfirmasi bahwa klien telah diberi alamat tetapi sesuai dengan periode waktu yang ditentukan server.

Broadcast request ini juga dikenal dengan nama lain discover atau dhcpdiscover. Berdasarkan ketersediaan dan kebijakan penggunaan yang ditetapkan pada server, server menentukan alamat yang sesuai (jika ada) untuk diberikan kepada klien.

Selain itu, server juga mengkonfigurasi server DNS klien, server WINS, server NTP, dan terkadang layanan lainnya.

 

Fungsi DHCP Server

fungsi dhcp server

DHCP Server adalah server jaringan yang menyediakan dan menetapkan alamat IP, default gateway, dan parameter jaringan lainnya ke perangkat klien secara otomatis.

Tentunya hal itu bergantung pada protokol standar yang dikenal sebagai Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP untuk menanggapi permintaan siaran (broadcast query) oleh klien.

Umumnya, DHCP server terletak dekat dengan jaringan yang harus dilayaninya. Hal ini dilakukan karena sinyal DHCPDiscover yang dikirimkan client yang meminta IP dilakukan dengan menggunakan broadcast.

Fungsi DHCP Client

DHCP client adalah host Internet yang menggunakan DHCP untuk mendapatkan parameter konfigurasi seperti alamat IP.

Gambar di bawah ini merupakan ilustrasi ketika Client meminta alamat IP dari DHCP server:

fungsi dhcp client
Komputer client mengirim DHCP discover, dan dilanjut dengan prosedur selanjutnya hingga muncul Ack

Gambar di bawah ini menunjukkan langkah-langkah dasar yang terjadi ketika klien DHCP meminta alamat IP dari server DHCP.

Begitulah penjelasan antara fungsi DHCP client dan DHCP server.

 

Sumber artikel ini: quora.com, infoblox.com, networkworld.com, cisco.com

Leave a Comment