Fungsi Data Bus

Advertisement

Teknozone.ID – Fungsi data bus dapat didefinisikan secara luas. Standar pertama untuk Data Bus adalah 32-bit, sedangkan sistem 64-bit dapat menangani jumlah data yang lebih besar. Lebar Data Bus lainnya termasuk 1-bit, 4-bit, 8-bit, dan 16-bit.

Data Bus dapat mentransfer data ke dan dari memori komputer, masuk atau keluar dari central processing unit (CPU) yang bertindak sebagai “mesin” perangkat. Data Bus juga dapat mentransfer informasi antara dua komputer

Data Bus adalah sistem di dalam komputer atau perangkat yang terdiri dari konektor atau sekumpulan kabel, yang menyediakan transportasi untuk data. Berbagai jenis bus data telah berkembang bersamaan dengan komputer pribadi dan perangkat keras lainnya.

Advertisement

 

Penjelasan Detail Data Bus

Fungsi bus data yang lebih baru dapat menangani bitrate yang lebih tinggi, sedangkan jumlah data yang dapat ditransfer dikenal sebagai bandwidth.

pengertian data bus

Kecepatan pertukaran informasi antar komponen diatur oleh pengontrol bus. Informasi yang berasal dari CPU akan selalu berjalan dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada data yang berasal dari komponen lain.

Sayangnya, di komputer semuanya harus berjalan dengan kecepatan yang sama, dan bus controller berperan untuk tujuan ini. Sebelumnya, data bus generasi pertama tidak memiliki pengontrol, dan terdiri dari kumpulan kabel sederhana yang menghubungkan memori komputer ke berbagai perangkat periferal.

Advertisement

fungsi data bus

Data bus dapat beroperasi sebagai bus paralel atau serial tergantung pada bagaimana data dibawa.

  • Bus paralel digunakan dalam koneksi yang lebih kompleks yang harus membawa lebih dari satu bit pada satu waktu. Contoh: koneksi Peripheral Component Interconnect (PCI) Express dan Small Computer System Interface (SCSI).
  • Bus serial menggunakan satu kabel untuk mengirim dan menerima data antar komponen, dan biasanya terdiri dari jumlah kabel yang relatif kecil, sehingga lebih sederhana daripada koneksi paralel. Contoh: bus serial koneksi Universal serial bus (USB) dan serial advanced technology attachment (SATA).

Setiap komputer juga berisi bus data internal (atau lokal) dan bus data eksternal. Bus data lokal menghubungkan semua komponen motherboard, sedangkan Bus eksternal menghubungkan motherboard ke setiap perangkat periferal lainnya.

Advertisement

Penggunaan istilah “data bus” di IT agak mirip dengan penggunaan istilah “electric busbar” dalam dunia elektronik. Electric busbar menyediakan sarana untuk mentransfer arus dengan cara yang sama seperti fungsi bus data menyediakan cara untuk mentransfer data.

 

Untuk artikel lain seputar data lainnya, kamu bisa cek artikel ini:

Leave a Comment