Alat – Alat di Minecraft

Advertisement

Teknozone.ID – kali ini mimin akan menjelaskan kalian kegunaan alat-alat di minecraft, mungkin sebagian besar dari kalian hanya menggunakannya untuk hal yang dasar, di sini mimin akan menjelaskannya untuk banyak hal.

Cek juga artikel tentang rekomendasi game survival terbaik dari kita dan kunci jawaban game Bully.

Beberapa versi atau macam macam minecraft yang bisa kamu mainkan:

  1. Minecraft Dungeons (2020)
  2. Minecraft Earth (2019)
  3. Minecraft: Story Mode (2015)
  4. Minecraft (2011)
  5. Minecraft Bedrock (2011)
 

Berikut beberapa nama dan penjelasan mengenai kegunaan alat di minecraft:

Kegunaan Alat-Alat di Minecraft

alat di minecraft - items

Ya bisa kalian lihat disini, kalau banyak sekali alat-alat di minecraft pc maupun pe. Seperti yang kalian lihat gambar di atas, bagian sebelah kiri itu ada Block atau benda yang bisa ditaruh di tempat tertentu.

Dan yang di sebelah kanan itu adalah Tools atau Alat-alat yang bisa dipakai untuk berbagai crafting atau yang lain-lain misalnya, memancing, membuat warna, membuat kue, melawan monster, menambang, menebang pohon, dll.

Pedang

alat di minecraft - pedang
  • Fungsi: Menyerang hewan & monster
  • Bahan : 1 Stick, 2 Ore atau kayu

Kalian pasti sering menggunakan alat ini hanya untuk melawan musuh, padahal masih banyak lagi fungsi dari pedang di minecraft. Kalian juga dapat menggunakannya untuk menghancurkan cobweb dengan cepat.

Berikut adalah fitur pedang lainnya yang sangat berguna untuk para pemain:

Critical

Critical adalah serangan yang mempunyai damage dua kali lipat, jika kalian menyerang makhluk hidup dengan melompat kalian bisa membunuh lawan dengan cepat, atau bisa dibilang Critical Damage.

Ketika critical sukses, kalian akan melihat percikan percikan putih. Ada caranya untuk melakukan critical damage. Kalian hanya perlu melompat dan menyerang ketika menyentuh daratan.

Advertisement

Fury Swipe

Selain critical damage, ada juga fungsi dari pedang untuk melawan monster dengan jumlah banyak, kalian harus menyerang sesuai animasi yang berada di bawa crosshair. Tapi fitur ini tidak dapat dilakukan bersamaan dengan critical.

Crosshair

Kalian hanya perlu memperhatikan tanda yang di tengah-tengah yang bernama Crosshair. Cara yang satu ini mimin beri nama “Fury Swipe”, karena kalian bisa menyerang monster sebanyak 2 atau lebih yang berada depan kalian.

Jika ikon pedang yang berada di bawah crosshair itu sudah penuh, maka kalian dapat melakukan Fury Swipe.

Kapak

alat di minecraft - kapak
  • Fungsi: Memotong kayu, menghaluskan kayu, menyerang hewan & monster
  • Bahan: 2 Stick, 3 Ore atau kayu

Kapak biasanya hanya digunakan untung menebang pohon atau menghancurkan block kayu dengan kecepatan tertentu, alat-alat minecraft mempunyai banyak jenis mulai dari kayu, batu, besi, emas, berlian. Yang paling kuat yaitu berlian dan yang terlemah yaitu kayu.

Ada satu keunikan alat-alat di minecraft, pasti kalian selalu menginginkan yang diamond karena cepat dan tahan lama. Ada satu keunikan yaitu yang Gold, alat yang berjenis gold itu cepat dalam menghancurkan objek tetapi cepat hancur juga.

Damage Kapak

Mimin biasanya ngebunuh binatang menggunakan kapak iron. Karena kapak lebih sakit untuk membunuh makhluk hidup dibandingkan pedang.

Kapak mempunyai damage yang lebih tinggi dibandingkan pedang. Mimin sering menggunakan kapak hanya untuk membunuh binatang, karena kalau kapak itu tidak bisa Fury Swipe dan Critical Damage.

Kalian juga bisa menghancurkan objek yang berjenis kayu seperti tangga, block kayu, pagar kayu, plat cetak kayu, pintu, dll.

Advertisement

Pickaxe

alat di minecraft - pickaxe
  • Fungsi: Menambang batu mineral, menyerang hewan & monster.
  • Bahan: 2 Stick, 3 Ore atau kayu.

Pickaxe pasti digunakan untuk menambang, terkadang juga bisa menjadi senjata darurat jika terpojok. Kapasitas pickaxe juga mempunyai batas hancur.

Pickaxe yang terlemah adalah pickaxe kayu dan hanya dapat menghancurkan 60 block, sedangkan yang terkuat yaitu diamond yang dapat menghancurkan 1562 objek. Kalian dapat memperbaiki pickaxe dengan menggunakan pickaxe yang sama di crafting table.

Hoe

alat di minecraft - hoe
  • Fungsi: Membajak sawah, menyerang binatang & monster
  • Bahan: 2 Stick, 2 Ore atau kayu

Hoe berarti cangkul, cangkul sangatlah berguna untuk bertahan hidup ketika tidak ada binatang di sekitar, kegunaan cangkul yaitu untuk membajak rumput dan rumputnya bisa digunakan untuk menanam biji-bijian contohnya, gandum, labu, beetroot, wortel dan kentang.

Shovel

alat di minecraft - shovel
  • Fungsi : Membuat jalan, menyerang binatang & monster
  • Bahan: 2 Stick, 1 Ore atau kayu

Shovel yang berarti sekop biasanya digunakan untuk menggali tanah, atau objek yang lemah kaya tanah. Sekop juga bisa digunakan untuk mengumpulkan bola salju. Sekop sangat bermanfaat bagi yang suka membuat golem salju.

Sekop juga bisa digunakan untuk membuat kendaraan yang berjalan di atas air yaitu Boat. Warna boat tergantung pada warna kayu yang digunakan.

Flint & Steel

alat di minecraft - flint and steel
  • Fungsi: Membakar sesuatu, membuat portal nether.
  • Bahan: 1 Flint, 1 Iron Bar

Flint And Steel atau bisa disebut pemantik, untuk membuat flint and steel kalian hanya membutuhkan besi dan flint. Untuk yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan flint, kalian hanya butuh menghancurkan gravel sampai menjadi flint.

Kalian juga bisa menggunakan tangan kosong untuk mencari flint, Kalian hanya perlu menghancurkan dan memasang block gravel lagi sampai menjadi flint.

Shears

alat di minecraft - shears
  • Fungsi: Menggunting bulu domba, mengambil block daun.
  • Bahan: 2 Iron Bar

Shears atau gunting fungsinya ada 3 yaitu mencukur domba, mengambil rumput dan mengambil dedaunan,  Kalian hanya butuh 2 batang besi, lalu dimasukkan secara pisah di crafting table

Advertisement

Selain untuk memotong bulu domba, kalian juga bisa mengambil dedaunan dari pohon. Kalian juga bisa mengambil rumput.

Compass

alat di minecraft - compass
  • Fungsi: Menunjukkan ke arah awal player spawn.
  • Bahan: 1 Redstone dust, 4 Iron bar

Sebenarnya mimin juga masih sedikit bingung mengenai kompas. Jadi mimin hanya menjelaskan sesuai pengetahuan mimin.

Jadi, yang mimin tau Fungsi dari kompas yaitu dapat menunjukkan tempat Spawn Point atau tempat dimana kalian pertama muncul setelah membuat dunia baru atau tempat tidur.

Jika kalian menggunakan kompas di Nether atau End World, jarum merah kompas akan berputar secara acak tanpa henti.

Bow & Arrow

alat di minecraft - bow
  • Fungsi: Menyerang monster & hewan dari jarak jauh.
  • Bahan Bow: 3 String, 3 Stick
  • Bahan Arrow: 1 Flint, 1 Stick, 1 Feather

Bow dan Arrow adalah tools yang terpisah, tapi mimin akan menjelaskannya secara bersamaan karena fungsinya sama. Biasanya panah digunakan untuk menyerang musuh atau monster dari jarak jauh.

Kegunaan busur tembak tidak hanya untuk menyerang dari jarak jauh. Ada fungsi lain di alat ini, kalian bisa meledakan TNT dari jarak jauh dengan panah yang berapi.

Jika kalian tidak bisa meningkatkan kekuatan panah menjadi berapi, kalian hanya perlu menumpahkan lava di depan target yang akan kalian tembak.

Kalian juga bisa mengaktifkan tombol dari jarak jauh, tombol yang di target harus berjenis kayu, jika berjenis batu maka tombol tidak akan aktif. Selain ke tombol, kalian juga bisa menggunakan busur tembak untuk mengaktifkan pressure plate yang berjenis kayu.

Leave a Comment