Excel Tidak Bisa Print

Teknozone.ID – Mencetak dokumen harusnya menjadi hal yang mudah dengan Microsoft Office, tapi ada beberapa kasus dimana kita tidak bisa mencetak / print file Excel dari komputer. Tentunya banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, apa saja itu? silahkan simak selengkapnya.

Katakanlah, kamu sudah menyiapkan dokumen data kantor, keuangan dan laporan yang diperlukan. Sekarang, periksa dulu, Excel versi tahun berapa yang sedang kamu gunakan? 2007, 2010, 2013, 16 atau 2019?.

 

Mengatasi Dokumen Excel yang Tidak Bisa di Print

Pertama, kamu harus tau dulu kenapa excel kamu tidak bisa print dokumen, apakah masalah ada di program atau pengaturan perangkat printer.

Jika kamu sebelumnya tidak mengalami kendala saat mencetak dengan Word atau program lain, artinya masalah ada di Excel saja bukan di printer.

Kenapa saya tidak bisa mencetak lembar kerja Excel?

Periksa pemilihan perangkat printer

Solusi ini mungkin bisa berhasil jika kamu menggunakan perangkat printer lebih dari 1, efektif untuk penggunaan kantor dan rumahan yang multi printer.

Biasanya, Excel akan memilih untuk menggunakan Microsoft Print to PDF dan kamu harus mengubahnya menjadi Printer aktif yang akan digunakan.

print excel dengan printer lain
  • Cara 1: buka dokumen ➡ lalu klik File ➡ Print ➡ pilih Printer.
cara pilih perangkat printer untuk cetak
  • Cara 2: buka Settings ➡ Devices ➡ Printers & scanners.

Setelah itu, coba buka ulang dokumen dan cetak lagi seperti biasa. Jika masalah belum teratasi, lakukan solusi selanjutnya.

Aktifkan perangkat printer

Beberapa kasus, user harus mengaktifkan ulang printernya saat mau menggunakannya (terutama Windows lama). Untuk itu coba cek apakah printer yang kamu gunakan aktif atau tidak.

Di Windows 10: Buka Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers

pilih printer untuk mencetak excel

Nah, sampai sini klik kanan printer yang kamu gunakan lalu klik See what’s printing. Klik Menu printer ➡ hilangkan centang pada Use Printer Offline & Pause Printing.

jalankan printer ulang untuk print excel

Setelah itu coba print ulang dokumen Excel yang tidak bisa di print.

Gunakan fitur New Print Area

Print area ini bisa kamu gunakan untuk mencetak sebagian lembar kerja tanpa harus merapihkan dokumennya lagi.

Coba gunakan fitur ini untuk mencetak lembar kerja Excel yang bermasalah.

cara print area excel

Print area berbeda dengan print biasa, print area hanya mencetak dokumen yang ingin kamu cetak “Set Print” menentukan bagian tertentu pada dokumen.

Pindahkan dokumen ke lembar kerja baru

pindahkan excel yang tidak bisa di print

Lihat di bagian bawah kolom Excel, ada tulisan Sheets 1 dan tombol (+) di sebelahnya. Coba pindahkan lembar kerjamu ke Sheets baru yang masih kosong lalu cetak lagi file Excel.

Simpan dokumen dengan format XPS

Oke, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan dokumen dalam bentuk XPS. Tapi, kamu harus memindahkan filenya ke sheets baru (New Blank Document).

Untuk menyimpan dokumen Excel dalam format XPS, klik File ➡ Save As ➡ pilih format XPS

cetak excel dalam bentuk xps

Untuk artikel seputar Office dan lainnya, cek juga:

Leave a Comment