File Excel Tidak Bisa Diedit

Teknozone.ID – Saat melakukan pengeditan, ada beberapa saat dimana file excel tidak bisa diedit bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Jika kamu mengalami hal ini, jangan khawatir karena ada beberapa penyebab yang masih bisa kamu atasi. Sebelumnya, pastikan kamu sudah menutup program lain dan menyimpan pekerjaanmu.

Advertisement

 

Penyebab file Excel tidak bisa diedit

file excel read ony
  1. Terjadi crash yang menyebabkan file dikunci.
  2. Sedang digunakan orang lain.
  3. Versi Excel yang digunakan berbeda.
  4. Server tidak mensupport fitur pengeditan online.
  5. Format file yang tidak kompatibel dengan versi Excel.
  6. Tidak memiliki hak akses terhadap file.

Kira-kira, mana yang kamu alami saat ini? pastikan kamu sudah tau apa yang menjadi masalahmu, lalu lihat solusinya di bawah ini.

Karena lisensi yang mahal, kami menggunakan Office versi 2016 untuk pembuatan artikel ini dan masalah kompatibilitas tidak kami temui selama melakukan pengeditan.

Untuk melihat versi Excel (Microsoft Office) yang digunakan, klik menu File > Account > Product Information.

 

Mengakses file yang tidak bisa diedit

Solusi 1: Simpan dan tutup lembar kerja Excel yang bermasalah

Menutup lembar kerja Excel yang bermasalah bisa kamu lakukan dengan cara menekan tombol close di Excel, menekan shortcut Alt + F4 lalu diakhiri dengan end process lewat Task Manager.

Hal ini dilakukan untuk menghindari akses duplikat yang sering terjadi jika ketika kamu mengedit file dan tiba-tiba komputer mati saat program Excel sedang dibuka.

Solusi 2: Jika file dikunci, restart komputer

Ketika terjadi crash, hang yang menyebabkan kamu harus menutup program excel secara paksa, ada kemungkinan program akan mengunci file demi keamanan data yang kamu simpan. Jika kamu hanya bisa melakukan read only mode atau tidak bisa mengedit file Excel, coba solusi ini.

Solusi 3: Mengurangi akses bersamaan

Katakanlah kamu mengupload file ke server atau ke SharePoint yang membuat file tersebut bisa diakses siapapun, dimanapun dan kapanpun yang mereka mau, akses file yang bersamaan akan memunculkan error ini.

Solusinya, tutup salah satu atau beberapa akses yang bersamaan (meskipun mereka hanya membaca). Baca tentang check out & check in dokumen di sini. Tapi jika kamu membagikan file secara workgroup (file sharing), cukup tutup program di mana komputer lain membukanya.

Solusi 4: Gunakan versi Excel yang sama atau lebih tinggi

Jika file dibuat di Excel 2019, versi yang lebih lama dari ini akan memiliki masalah dalam membuka dan mengedit file. Hal ini disebabkan karena mungkin ada beberapa pengaturan yang berbeda dan versi baru lebih update.

Lain halnya jika kamu menggunakan versi 2010, tetapi mengaksesnya di 2016. Masalah kompatibilitas ini sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi karena versi baru dapat membaca dan mengedit file lama.

Solusi 5: Perhatikan format file .xls atau .xlsx?

Pada Excel 2007, format file baru ditambahkan, yaitu .xlsx. Sayangnya beberapa dari kita terutama di sekolah-sekolah, masih kebanyakan menggunakan versi 2003 yang menyebabkan format file ini tidak terbaca sehingga tidak bisa diedit.

Solusi 6: Masalah izin dalam mengakses file Excel

Ketika pemilik / pembuat dokumen menyimpan dokumen dalam mode file sharing, Excel memiliki fitur password / read-only recommended untuk menyimpan dokumen. Biasanya, mereka tidak ingin ada yang mengubah dokumen agar file tidak berantakan.

Untuk masalah ini, kamu harus minta izin kepada pemilik dokumen agar diberikan file backup atau original yang masih bisa diedit.

Leave a Comment