Definisi Reboot di PC Desktop / Laptop

X
Loading...

Masih banyak dari kita yang belum mengetahui beberapa istilah yang ada dalam dunia teknologi. Ya, memang bentul kebanyakan istilah-istilah teknologi menggunakan bahasa Inggris.

Istilah yang sering kita dengar, namun masih banyak orang yang belum mengetahui maknanya adalah reboot. Padalah, istilah ini hampir digunakan pada seluruh perangkat elektronik seperti HP dan PC.

Oke, untuk itu langsung saja yuk simak pembahasan dalam artikel ini supaya tau makna dan fungsi dari reboot!


Apa itu Reboot?

apa itu reboot pada windows

Advertisement

Reboot adalah suatu proses yang bertujuan untuk menghentikan seluruh kerja dari sistem, aplikasi, dan juga komponen yang sedang berjalan pada suatu perangkat elektronik dan kemudian akan dimulai ulang.

Advertisement

Misalnya kita ambil contoh pada perangkat PC ya. Nah, pada saat PC sedang berjalan atau menyala, maka setidaknya PC tersebut sedang menjalankan beberapa hal sebagai berikut:

  • Sistem (OS, WiFi, jaringan, dan lainnya).
  • Aplikasi (misalnya Google Chrome, Microsoft Edge, Microsoft Word, dan lain-lain).
  • Komponen (RAM, kipas, Processor, dan lainnya).
  • Dan lain sebagainya.

Apabila kita melakukan reboot pada PC, maka seluruh sistem, aplikasi, dan komponen yang ada di PC yang sedang berjalan akan secara otomatis berhenti dan akan dimulai kembali.

pengertian restart atau reboot komputer

Sebenarnya proses reboot pada seluruh perangkat elektronik itu sama saja. Oke, sekarang kita misalkan akan melakukan reboot pada PC ya, berikut penggambarannya:

  1. Kamu menekan tombol reboot.
  2. PC akan menghentikan seluruh hal yang sedang bekerja, meliputi (sistem, aplikasi, dan komponen).
  3. Processor akan memastikan bahwa sudah tidak ada proses yang sedang berjalan.
  4. Sistem akan diproses ulang.
  5. Sistem akan dimuat oleh RAM dan juga processor.
  6. Selanjutnya user interface akan dimulai kembali.
  7. Sekarang PC dapat digunakan kembali.

Apa Perbedaan Reboot dan Restart?

Advertisement

  • Pada dasarnya reboot dan restart adalah sama, artinya tidak ada perbedaan antara kedua istilah tersebut. Reboot dan restart adalah suatu tindakan atau proses yang bertujuan untuk memuat ulang sistem tanpa menghapus data.

Apa Perbedaan Reboot dan Reset?

  • Reboot dengan reset itu berbeda. Reboot mempunyai fungsi hanya untuk memuat ulang sistem tanpa menghapus data, sedangkan reset mempunyai fungsi untuk menghapus seluruh data dan mengembalikannya ke setelan pabrik.

Apakah Reboot Akan Menghapus Data?

Advertisement

  • Melakukan reboot tidak akan menghapus data apa pun pada perangkat elektronik yang kamu miliki. Hal tersebut karena reboot sama dengan restart, yang berarti kamu hanya memulai ulang sistem pada perangkat kamu.

Apa yang Terjadi Ketika Reboot?

  • Pada saat proses reboot, seluruh proses yang masih berjalan atau bekerja pada perangkat elektronik akan dimuat ulang atau di-restart.

Apakah Aman Untuk Reboot HP?

  • Tentu saja melakukan reboot pada perangkat elektronik aman, termasuk pada HP. Hal tersebut karena reboot mampu menangani error fungsi tertentu, memaksimalkan kembali sistem, dan membersihkan memori.

Apa yang terjadi pada HP ketika reboot?

  • Melakukan reboot sama saja memuat ulang atau restart. Jadi pada saat melakukan reboot seluruh hal yang sedang bekerja atau menyela pada HP akan dimatikan dan kemudian akan dinyalakan kembali.
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊