Contoh Search Engine

X
Loading...

Search engine atau mesin pencari adalah suatu alat dengan basis web yang dapat memungkinkan para pemakainya untuk bisa menemukan informasi yang ada di database WWW (world wide web) yang berisikan alamat dan konten tertentu.

Pada saat ini kebanyakan orang memang menggunakan Google sebagai mesin pencarinya untuk mendapatkan berbagai informasi.

Tidak sedikit pula yang hanya mengetahui Google merupakan satu-satunya search engine. Padahal ada beberapa alternatif atau contoh search engine selain Google yang tidak kalah baiknya.

10 Contoh Search Engine Alternatif Selain Google

Informasi yang dikumpulkan oleh crawler digunakan untuk membuat indeks Web yang dapat dicari di halaman search engine. Berikut daftar mesin pencari alternatif selain Google:

1. Bing

search engine bing
logo search engine bing

Advertisement

Bing adalah search engine yang diluncurkan oleh Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2009 dan mempunyai market share terbesar kedua setelah Google.

Microsoft selalu berusaha untuk menjadikan Bing sebagai search engine yang lebih baik.

Hal tersebut terbukti dari setiap update yang dilakukan oleh Microsoft, yang sebelumnya mereka meluncurkan mesin pencari lain seperti MNS Search, Live Search, dan Windows Live Search.

Mesin pencari Bing ini tentu saja menyediakan layanan yang tidak kalah baiknya dengan Google. Bing mampu menampilkan berbagai macam informasi seperti gambar, video, web, dan bahkan peta sekalipun.

Selain itu Bing juga memperkenalkan Places yang merupakan suatu platform terbaik bagi para pemilik bisnis untuk menampilkan detail dari bisnis mereka dan memaksimalkannya di Bing.

2. Yahoo! Search

search engine yahoo
logo search engine yahoo

Contoh search engine kedua yang tidak kalah baiknya dengan Google adalah Yahoo! Search.

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal mesin pencari yang satu ini, karena Yahoo! Search merupakan mesin pencari yang sudah terkenal sejak tahun 2000-an.

Pada saat ini Yahoo! Search bekerja sama dengan Microsoft dan Bing untuk menjadikannya sebagai search engine yang lebih baik bagi para penggunanya.

Hal tersebut terbukti dari kerja sama tersebut Yahoo! Search mampu menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Selain terdapat fitur pencarian yang sangat canggih, Yahoo! juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam layanan informasi terpercaya, seperti Yahoo! Answers dan Yahoo! Finance.

Google bukan hanya satu-satunya search engine yang menyediakan email gratis bagi para penggunanya, dalam hal ini Yahoo! pun demikian.

Hal tersebut tentu saja membuktikan keseriusan Yahoo! untuk bisa menjadi search engine yang digemari oleh banyak pengguna.

3. Baidu

search engine baidu
logo search engine baidu

Advertisement

Contoh search engine yang ketiga adalah Baidu yang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di Cina dan didirikan pada Januari 2000 oleh Eric Xu.

Saking populernya di Cina, Baidu mampu menguasai market share lebih dari 50% dan bahkan mengalahkan Google.

Terdapat banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh Baidu yang tidak kalah menariknya dengan yang ditawarkan oleh Google.

Misalnya seperti, Baidu mempunyai fitur pencarian dengan menggunakan suara. Menggunakan fitur ini, kamu dapat lebih mudah dalam melakukan pencarian berbagai informasi tanpa mengetiknya.

Selain itu, Baidu juga dilengkapi dengan sistem pencarian berdasarkan gambar.

Kamu bisa melakukan pencarian dengan mengunggah gambar yang ingin kamu cari, maka Baidu akan menyajikan konten-konten yang mungkin berkaitan dengan gambar tersebut.

Sehingga, Baidu ini sangat cocok sebagai search engine alternatif terbaik selain Google.

4. Ask.com

search engine ask
logo search engine ask.com

Alternatif search engine selanjutnya adalah Ask.com yang didirikan pada tahun 1995 sebelumnya dikenal dengan Ask Jeeves.

Ask.com ini pada awalnya merupakan platform tanya jawab, namun pada saat ini sudah berkembang menjadi search engine yang mempunyai market share terbesar ketujuh berdasarkan data dari netmarketshare.com.

Karena pada awalnya Ask merupakan platform tanya jawab, maka di Ask kamu akan bisa memperoleh jawaban untuk setiap pertanyaan yang kamu miliki.

Selain itu, Ask juga mempunyai plug-in ang bisa kamu tambahkan, untuk bisa mendapatkan berbagai fitur menarik lainnya seperti berbagi konten langsung dari browser.

5. Excite

search engine excite
logo search engine excite

Di Indonesia khususnya search engine ini tidak dikenal oleh banyak orang, namun Excite ini merupakan search engine yang masih masuk 10 besar.

Tidak berbeda dengan mesin pencari yang sudah dibahas sebelumnya, Excite ini menyediakan layanan informasi seperti email, mesin pencari, berita, pesan instan, dan ramalan cuaca.

6. DuckDuckGo

search engine duckduckgo
logo search engine duckduckgo

DuckDuckGo didirikan pada tahun 2008 oleh Gabriel Weinberg yang berbasis di California. Mereka bekerja sama dengan Yahoo!, Bing dan Yummly.

Apabila kamu ingin melindungi privasi pada saat melakukan pencarian informasi, maka kamu bisa menggunakan DuckDuckGo sebagai search engine pilihan.

Hal tersebut dikarenakan DuckDuckGo merupakan search engine yang sangat menghargai privasi kamu.

Advertisement

DuckDuckGo ini tidak mengumpulkan data sama sekali yang kamu berikan ke search engine walaupun itu data tentang keyword yang kamu cari sampai dengan informasi pribadi.

Selain itu, search engine ini juga tidak menyimpan jejak pencarian yang kamu lakukan.

Karena DuckDuckGo tidak menjual data-data tersebut kepada pengiklan. Secara bersamaan DuckDuckGo secara otomatis menonaktifkan bot pelacak iklan, sehingga data pribadi kamu akan aman.

Sumber penghasilannya adalah dari jaringan aliansi pencarian Yahoo-Bing dan afiliasi.

7. Wolfram Alpha

search engine wolfram
logo search engine wolframalpha

Wolfram Alpha ini bisa dibilang sebagai search engine yang berbeda dibandingkan dengan search engine yang sudah dibahas sebelumnya.

Search engine yang satu ini merupakan search engine pengetahuan komputasi yang tidak memberikan daftar dokumen atau halaman web sebagai hasil dari pencariannya.

Wolfram Alpha menampilkan hasil pencarian berdasarkan pada fakta dan data tentang kata kunci yang dicari yang ditampilkan dalam satu halaman.

Apabila kamu mempunyai suatu pertanyaan yang spesifik atau berdasarkan pada latar belakang ilmu tertentu, maka Wolfram Alpa merupakan solusinya.

8. Yandex

search engine yandex
logo search engine yandex

Contoh search engine terbaik selain Google selanjutnya adalah Yandex yang merupakan search engine buatan Rusia dan didirikan pada tahun 1997.

Yandex menawarkan banyak fitur yang tentu saja tidak kalah dengan Google seperti fitur pencarian gambar, video, peta, translasi, dan lain sebagainya.

Advertisement

Selain itu, Yandex juga mempunyai AppMetrica yang jika dibandingkan setara dengan Google Analytic.

9. Ecosia

search engine ecosia
logo search engine ecosia

Sama halnya dengan DuckDuckGo, Ecosia juga menawarkan keamanan privasi dan juga data personal. Fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda dengan Google.

Suatu hal yang menjadi daya tarik dari Ecosia dibandingkan dengan search engine lainnya adalah tentang komitmennya dalam menyelamatkan lingkungan.

Untuk membuktikan hasil dari komitmennya tersebut, Ecosia secara rutin merilis laporan keuangan dan laporan penanaman pohon di beberapa negara.

10. AOL

search engine search
logo search engine aol

AOL juga merupakan search engine yang tidak kalah baiknya dengan Google. Sebelumnya AOL dikenal sebagai America Online yang mempunyai basis di New York City.

Sama seperti search engine lainnya AOL juga mempunyai fitur pencarian web, gambar, dan juga video dengan filter berdasarkan waktu.

Jika dilihat dari segi keamanan AOL ini merupakan search engine yang paling aman bahkan mengalahkan Google.

Hal tersebut berdasarkan pada sebuah studi yang dilakukan oleh McAfee Site Advisor Group berjudul "The State of Search Engine Safety".

Apakah YouTube termasuk dalam search engine?

  • Ya, YouTube termasuk kategori search engine. Hanya saja hasil pencarian berupa video saja. Hal tersebut tidak seperti search engine yang dimiliki oleh Google, Bing, dan Yahoo yang bisa menampilkan hasil selain video.

Manakah search engine yang populer di Indonesia?

  • Search engine yang populer di Indonesia adalah Google, Bing, Yahoo, dan Baidu.

Apa Facebook termasuk search engine?

  • Pada dasarnya Facebook merupakan media sosial, namun saat ini Facebook mempunyai fitur search engine. Hasil pencarian search engine yang dimiliki Facebook juga beragam seperti teman, grup, halaman, hotel, restoran, video, game, dan lain sebagainya.
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊