Cek Resi Standard Express

loading..

Teknozone.ID – Membeli barang dari Shopee atau China rasanya kurang bijak jika kalian belum tau cara cek / tracking nomor resi, setidaknya jenis standard express.

Karena kurangnya ilmu, kita tidak akan membahas perihal bea cukai meskipun mereka memiliki peran dalam hal masuknya barang kita ke Indonesia.


Cara Cek Resi Standard Express Shopee

resi standard express shopee
contoh pesanan saya di Shopee

Saat ini, Shopee juga menjadi salah satu ecommerce terbanyak diakses di Indonesia. Tapi jangan salah, karena ga semua barang itu dari Seller di Indonesia.

Begini cara cek resi standard Express dari Shopee:

  1. Buka dashboard Shopee.
  2. Masuk ke Pesanan saya.
    cek resi shopee - 1 buka pesanan
  3. Di kolom order copy No. Resi.
    cek resi shopee - 2 copy awb
  4. Buka situs tracking bea cukai.
  5. Masukkan nomor resi standard express.
    cek resi shopee - 3 paste awb
  6. Ketik verifikasi captcha
  7. Tekan tombol Submit.
    cek resi shopee - 4 tekan submit
  8. Tunggu informasinya muncul

Biasanya barang yang dikirim dari luar diberi inisial ID di depannya, jadi pastikan apakah barang kalian memang dari luar atau dari lokal.

Baca artikel seputar pengiriman barang ini: jam kerja JNE | jam kerja J&T | j&t terdekat rumah kamu

Jika dari lokal kalian bisa melakukan tracking dengan cara yang sama, namun pada situs yang berbeda.

Masing-masing jasa pengiriman bisa kalian track melalui situs Officialnya. Jika barang kalian dikirim lewat JNE, maka tidak bisa menggunakan track J&T dan seterusnya.


Cara Cek Resi Standard Express dari China

resi standard express china
contoh nomor resi barang dari China

Nah untuk yang suka berbelanja barang dari China mungkin bisa jadi wawasan bersama untuk memahami cara tracking resi standard express dari China

Begini cara cek resi barang (standard express) dari China:

  1. Buka situs tracking bea cukai.
  2. Masukkan nomor resi standard express.
  3. Ketik verifikasi captcha.
    cek rcek resi china - 1 paste awbesi china - 1 paste awb
  4. Tekan tombol Submit.
    cek resi china - 2 tekan submit
  5. Tekan tombol See Details.
  6. Cek informasi resi kalian.

Di bagian ini kalian akan melihat informasi seperti Nama penerima, Informasi Nomor Barang, Tagihan Billing dan History Status.

Tentunya kita sebagai pembeli wajar dong kalau khawatir? masih 1 lingkungan dalam negeri, beda provinsi aja mikir keras, apa lagi beda negara.

Advertisement

Sebagai contoh, gambar di atas melakukan tracking dengan nomor resi ID190100xxxxxxx dan biasanya pemberitahunya tertulis PT. EKSPRES PARCEL INDONESIA.

Apa beda AWB dan Resi?

Awb adalah singkatan dari airway bill, yang jika di-translate ke bahasa Indonesia menjadi nomor resi, artinya keduanya sama, hanya saja penyebutannya berbeda dan lebih keren.

Tetapi jika kita pahami secara mendalam, AWB adalah dokumen yang ikut menyertai barang yang dikirim oleh kurir (udara & internasional) sebagai informasi detail barang tersebut.

Advertisement

Dokumen ini juga memiliki kode yang bisa dilacak, jika tak ada nomor resi bagaimana kita bisa mengetahui posisi barang kita? dan bagaimana jika kita ingin mengklaim barang ke jasa pengiriman?


Update 2020

Ada beberapa hal yang menyebabkan tracking tidak ditemukan. Berdasarkan informasi resmi dari Official Account Bravo Bea Cukai, Partner of @BeacukaiRI dan @KemenkeuRI, contohnya:

  • Status tracking “not found” berarti no resi/awb salah, fiktif atau barang belum diserahkan data elektronik maupun fisik barang oleh perusahaan jasa kiriman kepada bea cukai.
  • Kode 401: PENETAPAN SPPMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek di utas twitter bravobeacukai.

82 thoughts on “Cek Resi Standard Express”

      • Halo kak Anin, kemarin ada juga yang mengirim email ke kita. Tapi sudah selesai sendiri dalam beberapa waktu kemudian informasi resinya tertera. Apakah ka Anin baru memesan barangnya hari ini? atau sudah ada lebih dari 5 hari?

        Reply
        • Hallo kak saya juga sama permasalahannya data tidak ditemukan , tolong bantu dicek kak paketnya dari tanggal 29januari
          ID219529698811B

          Reply
          • Halo ka AidaRisdayanti, apakah kaka baru membeli barangnya sekitar 4×24 jam? jika ya mungkin resi tersebut masih membutuhkan waktu untuk akhirnya terdeteksi ke sistem ya ka.. Tapi kalau sudah 1 minggu, akan lebih baik jika kontak langusng sellernya. Jika seller kurang kooperatif, bisa minta bantuan Costumer Care dari Shopeenya

    • Maaf boleh minta tolong
      Kirimkan dari luar setatus Shopee nya sudah di kota tujuan tapi resi baru nya belum ada dan juga setatus Shopee nya paket dikirim bukan ke alamat tujuan resi nya ID20605772####

      Reply
      • Hi ka Zayha, sudah kita bantu track untuk resi ID20605772##### dan hasilnya sudah status 405 | SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN. Untuk masalah kaka, cek informasinya di tweets admin Shopee ini ya ka https://twitter*com/Akhmad98_/status/1248265728920178689. Bila ada kesalahan pengiriman alamat, pertama periksa dulu apakah kamu salah tulis? kedua minta bantuan seller atau telfon pihak jasa pengiriman ?

        Reply
      • Wah status baru nih. Sepaham saya ada yang namanya Debit Note (DN) dan Credit Note (CN). Jika yang dimaksud dengan status 213 ini adalah hal tersebut, CN memiliki fungsi yang mirip dengan DN. Hanya saja, CN dibuat oleh penjual untuk diberikan pada pembeli. Nota kredit / Credit adalah dokumen komersial yang diterbitkan oleh penjual kepada pembeli. Singkatnya Credit Note merupakan bukti penurunan penjualan.

        Reply
  1. Cara mengetahui No. Resi pengiriman Lokal gimana ya? Kebetulan ditracking shopee nya pakai J&T, Saya coba masukkan AWBnya ke trackingnya J&T kok tidak bisa

    Reply
    • Haloo kak Fitri, cara menghubunginya tergantung dari masing-masing pihak ekspedisi ya ka, ini kita kasih nomor yang tercantum di masing-masing situs officialnya (Ditulis 22 Juni 2020 23:29)

      1. JNE: Office. (62-21) 566 5262, Contact center. (62 21) 2927 8888
      2. J&T: 021-8066-1888
      3. TIKI: 1500 125 (Pulsa lokal)
      4. SiCepat: 021-5020-0050
      5. Pos: Halo Pos 161

      Reply
        • Hi ka, untuk menghubungi standar Express kaka bisa cari “hub standard express” di daerah terdekat. Misalnya, hub shopee express Jakarta ada di Pengadegan, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

          Bisa langsung datang ke gudang, atau menghubungi nomor yang tertera 🙂

          Reply
    • Halo ga Fischa, beberapa waktu lalu juga ada yang menanyakan hal ini. Butuh waktu hingga sistem bisa mendeteksi resi, terlebih kaka bisa mengecek nanti kira-kira kapan barang dikirim jadi coba tunggu maksimal 2×24 (marketplace biasanya mengeluarkan resi generated setelah kita order). Jika lebih dari itu, silahkan kontak sellernya lagi untuk memastikan, barangkali jasa pengirimannya berubah 🙂

      Reply
  2. hi,,kk paket aq dah smpai indramayu patrol kok skr di simpan di gudang j5 gto…mu hubungi kurir nya gak tahu
    gmn yak

    Reply
    • Halo kak susy, sebelumnya jasa pengirimannya menggunakan apa ya kak? kaka bisa menghubungi nomor telfon di bawah ini:

      1. JNE: Office. (62-21) 566 5262, Contact center. (62 21) 2927 8888
      2. J&T: 021-8066-1888
      3. TIKI: 1500 125 (Pulsa lokal)
      4. SiCepat: 021-5020-0050
      5. Pos: Halo Pos 161

      Oh ya, akan lebih baik jika kaka coba chat juga lewat sosial media masing-masing akun, simpan nomor resi terkait sebagai bukti + bantu tracking kaka.

      Reply
  3. Kak paketan ku dr LN jg sama. Dah ku cek di beacukai tp data tidak ditemukan. Statusnya “paket sedang dalam proses transit dari China ke Indonesia” ini dah 4 harian statusnya gk berubah. Pdhl aku jg beli paket 1 nya di LN tapi dah dtg duluan dr yg ini.

    Reply
    • Hi ka Lina, ada banyak faktor yang mempengaruhi durasi pengiriman barang, di antaranya transit dan proses sorting center. Kenapa pesanan kaka bisa berbeda sampainya, bisa jadi karena saat di sorting center barangnya terpisah ka :). Berdasarkan pengalaman kami, proses pembelian barang dari sejak hari dimana barang dikirim bisa memakan 7 – 30 hari.

      Terakhir, pastikan kaka sudah mengecek informasi dari Shopee tentang berapa lama waktu pengiriman pesanan dan bagaimana cara pembeli melayacak pesanan di aplikasi shopee

      Reply
    • Udah sampai belum kak paketnya? Kasus ku juga sama kayak kasus kakak, status di shopee lagi transit, tpi di cek di situs beacukai malah gak ditemukan datanya.
      Status transit udah dari 7 hari yg lalu loh! 🙁

      Reply
  4. Mau share pengalaman aja min,, kalau ada yg order barang dr LN memang lama.. menurut pengetahuan yg saya dapat, resi/awb baru bisa di cek di situs beacukai kalau barangnya sudah sampai di Indonesia.
    Dan kalau pas di cek ternyata tidak tersedia, berarti narang kita blm masuk indonesia / beacukai,, dan itu bisa memakan waktu sampai 10 hari..
    Jadi kuncinya yg sabar aja..

    Reply
  5. ID2063670#### kak tolong cek kan ya, di shopee keterangan sudah diterima namun belum sampai di saya. Paketan diterima disemarang sedangkan saya di margomulyo bojonegoro. Tolong kak

    Reply
    • Hi ka Anita, nomor resinya kita sudah hide untuk menjaga privasi kamu, dan mohon untuk menggunakan halaman kontak ya ka nantinya ;). Kita bantu track dan hasilnya masih tidak ditemukan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi, Status tracking “not found” berarti no resi/awb salah, (bisa jadi) fiktif atau barang belum diserahkan data elektronik maupun fisik barang oleh perusahaan jasa kiriman kepada bea cukai. Silakan sampaikan ke perusahan jasa kiriman yang digunakan nantinya.

      Reply
  6. Aku cek resi nya gak bisa ya kak.. Pdhl. Udah sesuai code captcha nya ??
    Gmna yaa solusinya, krna brg mau dipake tgl 5 September

    Reply
    • Halo ka.. pengiriman dar LN memang memakan waktu yang cukup lama.. pengalaman saya sendiri beli sepatu dan barang lain dr LN bisa memakan waktu lebih dr 3 minggu.. ?

      Reply
  7. Min, kalo keluarnya tulisan “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN” Itu ngurus nya gimana min? Sy jg sdh cari kontak pihak pengirimnya PT Ekspres Parcel Indonesia, tapi ga ketemu. Mohon pencerahannya min, udh 8 harian min barang ny

    Reply
    • Kode 401, dengan keterangan PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT. Mohon ditunggu saja ya ka, memang proses pengiriman barang cukup lama dari LN (luar negeri) ?

      Reply
  8. Cuma mau tau aja paket saya berapa hari lagi sampai ditangan saya padahal di shopee paket sedang diantar ke rumah tapi ko lama amat ya dan jika boleh tau dikirim nya lewat jasa, kemana dan dari mana.

    Reply
    • Nih gue kasih no resinya biar di cek lagi ya apa gue yang salah atau dari pihak pengirimannya yang lelet dalam bekerja.
      ID200260845886W

      Reply
  9. Tolong bantu traking ka”(
    ID2045871919766

    Barang tidak di kirim ke lokasi pengiriman, dan status dalam shope nya di bilang rumah kosong, padahal saya di rumah, dan saya mencoba menghubungi pihak ekspedisi nya secara berulang ulang tetap tidak ada respon, mohon bantuan nya”)

    Reply
  10. Please bgt ini gmn ceritanya ya. Kan saya pesen barang dari LN lwt standar express dan td pas di chek di shopee brng ny udh sampe dan udh diterima. Tp masalahnya saya blm nerima apa2. Saya kira alamat yg saya tulis salah, tp pas saya cek lg udh bener kok. Gmn ya ? 🙂

    Reply
    • Halo ka Shafa, pertama panik ok tapi tetap fokus ya. Ada 2 cara yang bisa kakak lakukan nih, pertama hubungi seller, bilang “tolong follup (follow up) pesanan saya ke jasa ekspedisi untuk tanyakan siapa kurirnya dan ke mana dia kirimkan?”. Atau cara kedua, kaka simpan nomor resi dan kode invoice pesanan di Shopeenya, telfon pihak ekspedisi lalu complain, jangan lupa untuk tetap tenang karena marah tidak menyelesaikan masalah kaka nantinya ?. Itu saja ka mungkin, semoga membantu ya

      Reply
  11. Kenapa paket saya berhenti di status 405 | SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN.

    Reply
  12. Hai kak, tolong cek resi saya ID201416691612H. Kemarin sudah saya cek dan bRng sudah sampai di kurir pelalawan kerinci kanan dari tgl 15 september 2020 tetapi sampai saat ini blom sampai di tangan saya.

    Reply
    • Haloo, kalau sudah dekat harusnya paket akan dikirim dalam waktu hitungan hari. Mohon ditunggu ya ka, karena memang pengiriman dr LN itu menurut saya pribadi juga kurang jelas di sisi customer, karena resi yang digunakan tidak menunujukkan lokasi secara akurat (●’◡’●)

      Reply
  13. Halo Kak paket saya dr Luar negri jga, dan udah saya cek di beacukai data ditemukan dgn status nomor 100 yaitu “DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI” pada tanggal 23 september 2020. Trus di shopee Statusnya dari tanggal 22 september 2020 “paket sedang dalam proses transit dari China ke Indonesia”, dan ini sudah 6 hari statusnya pun masih tidak berubah.. bagaimana ya itu solusi nya ?

    Reply
    • Halo kak Sheren. Proses pengiriman barang dr LN memang lama, tapi dari beberapa kasus tmn tmn di sini ga sampai 6 hari untuk perubahan status dari
      100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI, ke
      201 CEK DATA WAJIB SELESAI

      Saran kita, coba ka Sheren chat seller minta konfirmasi saja barang sudah di Indonesia dan data online delay atau memang masih menunggu pengiriman dr luar? seperti itu ka

      Reply
  14. Keterangan paket saya di shopee sudah di terima, padahal saya belum menerima barang, dan saya tidak tau expedisi lokal apa yang di pakai setelah lolos dari bea cukai, gimana ya caranya tau expedisi yang di gunakan setelah di bea cukai?

    Reply
    • Halo ka Ayuq, bukan ga dianterin yaw ka, tapi memang proses pengiriman barang dari LN ituu cukup lama.. tetap jalin kontak dengan seller karena cuma dia yg tau?. Barang kali ada yang mau ditanyakan lagii, silahkan kak

      Reply
  15. Hai kk, mau nanya kalau orderan saya ” delivered to ren**” trus berubah ke ” with delivery courier” mksudnya gimana ya? Saya cek resi nya juga tulisannya “not found” apa ada masalah?? Karena saya juga sdh mengajukan perpanjangan garansi tapi barang belum juga datang. Resi nya ID2098045659093. Makasih

    Reply
  16. Ka tolong kenapa ya d status pesanan saya masih dikemas, kata penjual nya sih sudah dikirim 3 hari yang lalu, saya cek resi nya not found,

    Reply
    • Status di Shopee-nya apa ya ka? kalau masih tulisannya Proses artinya belum di kirim. Tapi kalau sudah “Dalam Pengiriman” artinya sudah dikirim. Kalau masalah resi not found, memang ada jangka waktu ka tapi umumnya 1×24 jam saja (setelah barang di jasa pengiriman)

      Reply
  17. Kak gimana ini pesenan aku udah nyampe di kota ku cuma di shoppe nya tertulis “Kiriman gagal” itu maksudnya gimana? Terus hubungi ekspedisi standard express ini bagaimana ?

    Reply
    • hmm.. kemungkinan saat kurirnya mengirim barang di rumah kamu sedang tidak ada atau kurirnya nyasar. Nomor yang kamu gunakan untuk beli barang aktif ga ya ka? coba follow up dengan cara hubungi call center dari pihak ekspedisi ?

      Reply
  18. kak mau nanya kalo ini gimana soalnya dari tgl 14 msh gini, dan sekarang msh blm tau soalny baru pertama blanja d luar negeri :”

    SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN

    Reply
  19. kak bagaiman cara cek paket kita ya, punya say itu dari tanggal 19 november kode nya 405 tru tidak berubah smapai sekrang seharusnya tanggal 26 november it sudah sampai tp sampai skarang msh blm, dan paket tidak bergerak

    Reply
    • Bisa langsung di tanyakan ke Seller dulu ya ka, jika sudah melebihi estimasi, buka aplikasi Shopee lalu hubungi Pusat Bantuan yang ada di menu Profile ?

      Reply
    • hi ka, nomor resinya aku samarkan ya untuk privasi & informasi alamat kaka. Pengiriman a.n CLARA DWITA S

      Statusnya 501 PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR) MENUNGGU PEMINDAI (X-RAY) ATAU MANIFES, seperti itu ya kak..

      Reply
  20. Kak, saya pesan barang dishopee pengiriman ln, standar expres, dipemberitahuan dishopee paket sudah diterima, tapi saya belum menerima paket itu, setelah saya hubungi penjualx katax coba hubungi pos lokal.? Emang standar ekspres kerja sama dengan pos ya kak? Ku kira dengan jnt atau jne.mohon bantuannya…

    Reply
    • Bisa datang ke hub di daerahnya ya kak..

      Contoh, untuk Jakarta bisa ke alamat: Kawasan Pergudangan Dunex, Jl. Agung Karya 7 No.01, RT.12/RW.4, Papanggo, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14340

      Kalau bingung, bisa search di Google dengan kata kunci “Kantor Shopee Express (nama daerah)” “Hub Shopee Express (nama daerah)” dan seterusnya

      Reply
  21. kak bisa minta tolong cek nomor resi ID210979458823B? saya cek bolakbalik di beacukai sama web cekresi standart express tidak ditemukan smuanya

    Reply
  22. ID217885279689C

    Kalo bgini gmn kak.. Muncul kode 401 terus saya konfirmasi ke siapa untuk milih jasa ekspedisi nya.. Dan di kode itu muncul bill 9ribu .. Langkah selanjutnya apa kak.. Mohon pencerahan nya

    Reply
    • Hi ka, sepengalaman saya menggunakan standard express. Buyer/pembeli, cukup menunggu di rumah saja. adapun kode bill 9ribu itu tidak ditagihkan ke kita kok. Tapi kalau penasaran, ka Nico bisa datang ke hub Standard Express di lokasi kaka.

      Reply
  23. Kak boleh tolong cek no resi ID2155879449108. Pesanan saya dari tgl 24 feb 2020 tidak ada kabar2nya, di shopee informasi pengirimannya stuck tidak berubah dengan “paket anda sedang dalam perjalanan dari toko penjual ke pusat sortir luar negeri”.

    Edit: maaf maksud saya 24 feb 2021

    Reply

Leave a Comment