Cara Update Play Store

 

Teknozone.ID – Menjaga Play Store agar tetap update adalah cara terbaik agar terhindar dari masalah keamanan dan error aplikasi yang berjalan di perangkat Android kalian.

Kalian bisa melakukan update dengan cara manual maupun otomatis, untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan keamanan aplikasi dalam mengakses Google Play Store.

Sebelum lebih lanjut, cek artikel cara update Google Play Service agar lebih nyaman dan terhindar dari error.

Tapi sebelumnya, coba cek versi Google Play yang kalian gunakan dulu, masuk Play StoreBuka MenuSettings ➡ Scroll ke bawah, liat versinya di kolom About.


Cara Mengupdate Play Store Otomatis

cara update playstore secara otomatis

Begini cara otomatis untuk mengupdate Google Play Store ke versi terbaru:

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Buka menu di panel kiri ➡ pilih Settings.
  3. Klik Auto-update apps.
  4. Pilih opsi auto-update.
  5. Tekan Done.

Tapi, perlu kalian ketahui bahwa Google akan melakukan otomatis jika ada bug keamanan (security) yang critical, terlepas dari settingan update kalian.

Opsi yang bisa kalian pilih ada 3, saat menggunakan WiFi saja, saat ada koneksi internet (WiFi dan Data), atau jangan update otomatis sama sekali.

Note: Kalian memerlukan akun GMail untuk mengakses Play Store, jika tidak proses update akan terganggu atau bahkan tidak bisa masuk ke aplikasi sama sekali.

Cara Mengupdate Play Store Secara Manual

cara update play store secara manual

Ciri-ciri update otomatis adalah seringnya muncul notifikasi update, bahkan saat kalian tidak melakukan apapun (dengan catatan ada koneksi internet).

Untuk memperbarui play store secara manual, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Play Store.
  2. Tekan tombol Menu.
  3. Klik pilihan Settings.
  4. Scroll sampai ke kolom About.
  5. Tekan Play Store version.

Jika ternyata Play Store kalian up-to-date, nanti akan ada popup notifikasi yang bertuliskan Google Play Store is up to date, artinya versinya sudah diupdate yang terbaru.

Di Settings atau pengaturan, kalian juga bisa memilih untuk mengupdate aplikasi secara otomatis atau manual juga, sebaiknya jangan aktifkan fitur auto-update jika storage kalian terbatas.

Ada 1 cara, tapi metode ini kurang direkomendasikan, yaitu dengan menggunakan APK. Tentunya jika kalian mau mencobanya, apapun dampak negatif seperti terkena virus dan sebagainya diluar tanggung jawab kita.

Cara Reset Update Play Store

cara hapus data playstore

Play Store Google adalah salah satu media kita untuk memasang aplikasi ke perangkat Android, tentunya jika tidak diperbarui masalah security dan stability aplikasi ditentukan di sini.

Begini cara update Google Play Store dari awal:

  1. Masuk ke Setting di Android.
  2. Pilih Apps, lalu Manage Apps
  3. Cari Google Play Store
  4. Tekan Clear data / Clear Storage.
  5. Restart perangkat Android.

Jika dengan metode ini kalian malah bermasalah, bersihkan cache pada Google Play Service. Caranya sama seperti cara di atas, bedanya pilih Google Play Service.

Cara Update Otomatis pada Satu Aplikasi

auto update suatu aplikasi play store

Kadang, mungkin kalian ingin aplikasi tertentu selalu up-to-date, tetapi yang lain hanya menambah storage, untuk mengaktifkan fitur auto update pada aplikasi 1 per 1, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Buka menu di panel kiri ➡ pilih My apps & games.
  3. Klik aplikasi yang ingin di auto-update.
  4. Tekan tombol titik tiga di atas kanan.
  5. Beri ceklis pada Enable auto-update.

Selesai, aplikasi akan melakukan update ketika versi terbaru ada. Untuk mematikan fitur auto-updatenya lagi, cukup hilangkan ceklisnya.

Cara Update Manual pada Satu Aplikasi

update manual aplikasi play store

Katakanlah, kalian mematikan fitur auto-update pada semua aplikasi termasuk Play Store itu sendiri, bagus ini bukan cara yang salah juga.

Untuk update aplikasi di Google Play Store secara manual, ikuti cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Buka menu di panel kiri ➡ pilih My apps & games.
  3. Klik tombol Update di aplikasi.
  4. Tunggu proses update selesai.

Jika kalian membuka aplikasi yang di-update, biasanya nanti akan ditutup secara paksa untuk menerapkan update. Tapi kalau game, biasanya memang dari awal tidak bisa dibuka sebelum melakukan update.

Beberapa aplikasi mungkin akan meminta izin baru setelah update selesai seperti akses File, gambar atau contact. Beberapa kasus lainnya juga meminta kalian untuk me-restart perangkat.

fast
close

Leave a Comment