Cara Setting Tenda F3 Sebagai WISP

Teknozone.ID – WISP atau Wireless Internet service provider adalah cara setting Tenda f3 termudah yang bisa kamu lakukan untuk menangkap dan menyebar sinyal jaringan internet yang berasal dari sumber, bisa @wifi.id ataupun lainnya.

Di WISP mode, router akan berperan sebagai penangkap dan penyebar sinyal jaringan internet, baik lewat wireless ataupun ethernet ke client

Mode ini tentunya lebih praktis, cukup bermodalkan 1 buah Tenda F3 mode WISP, kamu sudah bisa membuat jaringan sendiri lengkap dengan bandwidth controlnya (mengatur bandwith)

 

Langkah-Langkahnya

Siapkan router Tenda F3, lalu lakukan hal di bawah ini:

  1. Hubungkan port di Tenda F3 ke komputer/laptop.
  2. Buka browser ➡ ketik 192.168.1.1 di address bar ➡ klik Enter.
    login ke tenda f3
  3. Klik menu Wireless Repeating di sebelah kiri.
    cara wisp tenda f3
  4. Klik WISP mode ➡ lalu pilih sumber internet yang akan digunakan.
  5. Klik OK untuk menerapkan.

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai Tenda F3 mendapatkan WAN IP dan DNS Server di menu Status (kiri). Selain menggunakan IP 192.168.1.1, kamu bisa menulis tendawifi.com untuk membuka dashboard dari Tenda.

Btw, kamu bisa menggunakan hidden SSID juga di Tenda F3, tapi sebelumnya harus aktif terlebih dulu baru sembunyikan SSID setelahnya.

Lihat data WAN IP dan DNS Server seperti gambar di bawah ini, di menu Status router Tenda.

cek koneksi wisp tenda f3

Contoh gambar, saya menggunakan Tenda F3 untuk mode WISP @wifi.id, jika sudah muncul status WAN IP dan DNS Server, langsung login ke halaman landing page dari @wifi.id.

Selesai, kamu sudah bisa menghubungkan Tenda F3 dengan router tambahan atau langsung ke komputer. Pastikan perangkat yang kamu gunakan hanya mendapatkan DHCP dari Tenda F3 yang sudah di WISP mode ini.

 

Tertarik dengan artikel jaringan seperti ini? intip yuk artikel saya lainnya:

Leave a Comment