Cara Merapikan Tulisan di Word

Teknozone.ID – Merapikan tulisan di Word mungkin terdengar mudah bagi kamu yang sudah lama di dunia IT, tapi bagi beberapa orang, menyesuaikan margin & rata text adalah hal baru.

Di Microsoft Office, termasuk Word, kamu bisa merapihkan paragraf, kalimat atau text yang kamu buat dengan bantuan Paragraph Alignment.

Selain bisa untuk meratakan paragraf, kamu bisa dengan mudah mengatur perataan (alignment) suatu objek, seperti gambar, shape, SmartArt dan chart yang dimasukkan ke dalam lembar kerja.

 

Merapatkan jarak antar paragraf secara vertikal

cara mengatur jarak antar paragraf

Kamu bisa merapatkan / merapikan jarak antar paragraf secara vertikal dengan menggunakan bantuan line and paragraph spacing.

Caranya:

  1. Pilih teks / blok yang ingin dirapikan.
  2. Di kolom menu Paragraph, tekan Line and Paragraph Spacing.
  3. Pilih jarak paragraph yang diinginkan.
  4. Simpan dokumen.

Secara default, Word menggunakan spacing 1.15, tapi biasanya kita membutuhkan jarak 1.5 untuk dokumen tertentu terutama anak kuliahan.

 

Mengurutkan paragraf sesuai alphabet

mengurutkan teks sesuai alfabet

Alfabet yang diambil adalah huruf pertama di awal baris paragraf, caranya:

  1. Pilih text yang akan diurutkan sesuai paragraf.
  2. Di menu paragraf ➡ klik Sort.
  3. Di bagian Sort by ➡ pilih paragraf.
  4. Di bagian Type ➡ pilih Text.
  5. Klik Ascending ➡ OK.

Untuk mengurutkan berdasarkan huruf terakhir di alfabet, pilih Descending.

 

Meratakan paragraf secara horizontal

merapikan paragraf di word

Hal ini dikenal dengan istilah Paragraph Alignment. Ada 4 opsi yang bisa kamu pilih, align left, right, center dan justify. Tapi alignment ini tidak merubah jarak margin, hanya format perataan tulisan saja.

Caranya:

  1. Pilih teks yang ingin dirapikan.
  2. Di menu paragraph ➡ tekan justify, atau.
  3. Tekan align left untuk rata kiri.
  4. Tekan align center untuk rata tengah.
  5. Tekan align right untuk rata kanan.
  6. Tekan Ctrl + Z jika untuk Undo.
 

Mengatur margin paragraf lembar kerja

mengatur margin dokumen word

Margin adalah jarak antar text dengan lembar kerja, berbeda dengan Paragraph Spacing yang digunakan khusus untuk mengatur jarak antar paragraf dan baris.

Caranya:

  1. Buka dokumen yang akan dirapikan.
  2. Klik tab LayoutPage Setup.
  3. Tekan Menu Margin,

Note: cara ini digunakan menggunakan Microsoft Word (Office) 2016. Jika ditemukan adanya perbedaan tampilan dan letak tombol, kamu bisa berimprovisasi.

 

Membuat indent pada paragraf

menambah indent di word

Mungkin ketikan kamu membutuhkan sebuah indent untuk menulis quotes, atau paragraf pendek yang menjadi point halaman, inden ini berguna untuk menentukan jarak margin sebelah kiri dari paragraf / kalimat tertentu.

Caranya:

  1. Pilih paragraf / kalimat.
  2. Di menu paragraph ➡ tekan Increase indent.

Selesai. Untuk mencoba beberapa tips untuk merapikan tulisan mu di Microsoft Word ini, kami menyarankan untuk menggunakan Lorem Ipsum terlebih dulu.

Untuk tutorial seputar Microsoft Word lainnya, cek halaman ini juga:

Leave a Comment