Cara Mengunci Keyboard Laptop

Teknozone.ID – Sedang tidak menggunakan keyboard dan takut tidak sengaja menekan tombol? lakukan cara untuk mengunci tombol keyboard laptop ini untuk sementara waktu.

Di artikel ini kamu nantinya akan mendownload program bernama Keyboard Locker. Seperti namanya, keyboard locker berguna untuk mengunci keyboard laptop untuk sementara waktu.

Untuk awalan, klik kanan pada link dan save Keyboard Locker ke laptop kamu. Buka zip folder Keyboard Locker dan periksa untuk file penting tetapi dua file penting adalah “KeyboardLocker.exe” dan “KeyboardLocker.ahk“.

 

Mengunci Tombol Keyboard Laptop Sementara Waktu

Buka file KeyboardLocker.exe ini untuk mengunci tombol keyboard untuk sementara waktu. Kamu akan melihat logo keyboard kecil di notification area / system tray (pojok kanan bawah). Sampai sini keyboard locker sudah aktif.

aplikasi mengunci keyboard laptop

Untuk mengunci tombol keyboard laptop, tekan tombol Ctrl+Alt+L. Ikon Keyboard Locker akan berubah, hal ini mengindikasi bahwa keyboard sudah terkunci.

cara mengunci keyboard sementara

Hampir seluruh fungsi pada keyboard akan dimatikan (disabled), termasuk tombol Function (Fn), Caps Lock, Num Lock dan tombol spesial lainnya.

cara disable keyboard laptop

Tapi, ada beberapa tombol kombinasi yang masih bisa kamu gunakan seperti Ctrl+Alt+Del ataupun Windows+L, tapi tombol ini tak mungkin tertekan kalau tak sengaja. Untuk mengaktifkan fungsi keyboard kembali, cukup ketik kata “unlock”.

Untuk Windows 10 versi tertentu, ada beberapa jeda saat kamu mengetik “unlock” sampai keyboard berfungsi kembali seperti semula.

Kesimpulannya, program ini awalnya adalah sebuah script yang dibuat untuk modifikasi pada aplikasi AutoHotKey oleh Lexikos. Kemudian compile sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun lagi. Tapi kalau kamu punya AutoHotKey, sudah disertakan juga file KeyboardLocker.ahk di dalam folder.

 

Tertarik dengan artikel seperti ini?, cek juga:

Leave a Comment