Cara Mengatasi We Can’t Set Up Mobile Hotspot

Teknozone.ID – Ingin membuat hotspot di Windows 10? tapi malah error we can’t setup mobile hotspot yang kamu dapat? di sini, tim mencoba mencari cara tercepat dan terampuh untuk mengatasi mobile hotspot yang tidak bisa dibuat di Windows 10

Sebelum melakukan troubleshooting, seperti biasa simpan dulu semua pekerjaan yang kamu lakukan agar data tetap aman.

 

Deskripsi Hotspot Windows 10

Microsoft menyediakan sebuah pengaturan baru di Windows 10 yang bernama mobile hotspot yang bersamaan dengan Anniversary Update yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung menggunakan jaringan hotspot buatan menggunakan jaringan internet yang ada pada komputer/laptop.

Sayangnya, pengaturan untuk membagikan koneksi internet ke pereangkat lain tak selalu berjalan sesuai rencana, kadang untuk mengaktifkan fitur hotspot di Windows 10 ini agak sulit dan muncul tulisan We can’t setup mobile hotspot saat di aktifkan.

Intinya adalah, ke na pa?

 

Cara Mengatasi Mobile Hotspot Windows 10 Tidak Bisa Connect

Lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi mobile hotspot windows 10 yang tidak bisa aktif saat ingin digunakan:

1. Periksa fitur Hosted Network

Berapa perangkat adapter mungkin sudah support untuk Hosted Network, tetapi untuk memastikan wireless adapter fisik di komputermu, buka command prompt lalu ketik perintah ini:

Ketik perintah: NETSH WLAN show drivers

cek hosted adapter dengan cmd

Lihat tulisan Hosted network supported, jika tulisannya yes, maka penyebabnya bukan karena perangkat tidak mensupport pembuatan hotspot. Tapi jika tulisannya No, artinya kamu bisa membuat hotspot dengan bantuan perangkat tambahan.

2. Lakukan troubleshooter pada Network Adapter

Windows 10 memiliki fitur troubleshooter untuk hampir semua masalah yang terjadi saat pengguna beraktivitas. Untuk mengakses troubleshooter untuk Network Adapter, klik Start Menu ➡ Settings ➡ Update & Security ➡ Troubleshoot.

Dipanel, kanan klik Network Adapter ➡ klik Run the troubleshooter, lalu pilih perangkat yang bermasalah (Ethernet untuk LAN dan WiFi untuk jaringan wireless, atau pilih All network adapters untuk memperbaiki kemungkinan adanya error pada semua adapter

troubleshoot network adapter windows

Note: di Windows 10 update 2004, setelah masuk Troubleshoot ➡ klik Additional troubleshooter lalu cari Network Adapter.

3. Periksa service ICS (Internet Connection Sharing)

aktifkan internet connection sharing hotspot

ICS atau Internet Connection Sharing adalah sebuah service yang bisa diaktifkan dan dimatikan dengan mudah lewat pengaturan Services.

Untuk mengubah pengaturan ICS, buka Run (Windows+R)➡ ketik services.msc ➡ cari Internet Connection Sharing (ICS) ➡ klik 2x pada service tersebut ➡ setelah terbuka, jalankan service dan ganti Startup type ke Automatic.

4. Cek pengaturan Wireless Network Adapter

periksa pengaturan wireless network adapter

Untuk mengakses Wireless network adapter, buka Device Manager ➡ buka kategori Network Adapters ➡ klik kanan pada perangkat yang digunakan ➡ klik tab Advanced ➡ di kolom property, klik pengaturan 802.11b atau 802.11d ➡ ganti Value jadi Enable.

mengatur power management network adapter

Di beberapa perangkat pengaturannya menjadi Long and Short dan Long only, gunakan yang Long only ➡ lalu tekan Apply ➡ OK. Selanjutnya, tekan tab Power Management ➡ hilangkan centang pada Allow the computer to turn off this device to save power.

5. Matikan bluetooth

Hal ini biasanya membantu untuk pengguna laptop yang sudah built-in bluetooth, coba matikan bluetooth sebelum membuat mobile hotspot agar error We Can’t Set Up Mobile Hotspot tidak muncul.

Di Windows 10, tekan Start Menu➡ klik Settings ➡ Devices ➡ Bluetooth & other device. Lalu pilih dan matikan bluetooth. Pengaturan ini hanya muncul jika Windows mendeteksi adanya perangkat bluetooth yang terpasang.

6. Update driver Network Adapter

update driver network hotspot
  1. Akses Control Panel ➡ Hardware and Sound ➡ Device Manager.
  2. Pilih Network adapter ➡ klik kanan adapter yang digunakan.
  3. Klik Update Driver ➡ pilih Update Otomatis.
  4. Tunggu update selesai.

7. Gunakan bantuan software hotspot

Di artikel rekomendasi aplikasi pembuat hotspot PC dari kita, kamu bisa menemukan beberapa nama yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Untuk penggunaan jangka pendek, mungkin kamu bisa menggunakan Connectify untuk jalur pintasnya.

 

Tertarik dengan artikel seputar jaringan dan Windows 10 lainnya? cek juga:

Leave a Comment