Cara Mengatasi Ntldr is Missing

Advertisements

Disaat kita menyalakan perangkat PC atau Laptop, tiba-tiba ada pesan “Ntldr is Missing” muncul di layar. Hal ini tidak berbahaya, hanya sebuah notifikasi jika sistem tidak mendeteksi sistem yang bootable.

Lain kata, ini menandakan bahwa perangkat kita melewati jalur booting yang “tidak seharusnya”, sistem mengarahkan perangkat yang tidak bisa di-boot daripada perangkat berisikan sistem operasi yang biasa kita gunakan.

Bentuk pesan yang umumnya muncul yaitu:

  • NTLDR is missing Press any key to restart
  • NTLDR is missing Press Ctrl+Alt+Del to restart
  • Boot: Couldn’t find NTLDR Please insert another disk

Ini akan muncul secara langsung pada saat perangkat dinyalakan. Karena tepat setelah fase Power On Self Test (POST) selesai, perangkat mencari file yang dibutuhkan untuk menyiapkan pengoperasian semua sistem yang ada.

Advertisements

Penyebab Ntldr is Missing

Ada beberapa faktor mengapa pesan error ini muncul, diantaranya:

Advertisements

  1. Hal yang paling umum biasanya kesalahan konfigurasi, hard drive yang lemah, Windows Update yang belum selesai atau rusak, BIOS lawas.
  2. Settingan BIOS yang tidak sengaja diubah boot priority nya.
  3. Komputer booting ke instalasi sistem operasi yang corrupt sehingga komputer tidak dapat mendeteksinya.

Cara Mengatasi Ntldr yang Hilang

ntldr is missing windows 10

Advertisements

Coba beberapa opsi dibawah ini untuk mengatasi Ntldr yang hilang:

  1. Coba restart ulang saja untuk memastikan pesan error ini hanya kebetulan.
  2. Periksa slot CD/DVD-ROM dan port USB yang ada. Terkadang BIOS mengatur priority bootnya mengarah ke perangkat lain saat perangkat itu disambungkan, terutama FlashDisk.
  3. Lakukan pengecekan pada hard drive lewat BIOS. pada motherboard versi tertentu, ada pilihan untuk mereset atau mengembalikan pengaturan BIOS pada kondisi semula.
  4. Coba pulihkan file NTLDR dan ntdetect.com dari CD Windows originalnya. Seharusnya cara ini ampuh untuk mengatasi pesan error tersebut.
  5. Perbaiki atau ganti file boot.ini. File ini berisi konfigurasi yang dipakai sistem untuk melakukan booting
  6. Pesan error NTLDR dapat terjadi jika boot master record rusak.
    Pada layar instalasi pertama, klik opsi Repair your computer. Muncul beberapa menu, arahkan ke Troubleshoot, Advanced options lalu Command Prompt untuk membuka CMD. Kamu dapat menggunakan utility Bootrec.exe untuk memperbaiki Master Boot Record yang bermasalah.
  7. Periksa semua kabel storage dan kabel daya, bisa saja kabelnya longgar hingga BIOS tidak dapat mendeteksi.
  8. Update BIOS pada motherboard.
  9. Install ulang Windows. Cara ini merupakan yang terakhir dan paling ampuh jika memang operasi sistem yang ada telah rusak. Jika takut data-data didalamnya hilang, kamu bisa menginstall ulang hanya pada partisi sistem saja.

Jadi pada intinya, komputer hanya tidak dapat mendeteksi operasi sistem di dalamnya, tidak ada kerusakan atau virus yang berbahaya.

Advertisements

Kamu hanya perlu memastikan semua perangkat terhubung dengan benar. Demikian artikel ini dibuat, Semoga mendapatkan solusi tentang pesan error Ntldr yang hilang.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊