Cara Mengatasi msvcr120.dll is Missing

Teknozone.ID – Pesan error the code execution cannot proceed because msvcr120.dll was not found muncul ketika kita membuka program atau game di komputer berbasis Windows, di sini kamu akan melihat beberapa cara untuk mengatasi masalah terkait dengan file msvcr120.dll.

Di sini, kamu harus tau kenapa file msvcr120.dll sangat penting, karena jika file dll atau dynamic library link ini hilang maka aplikasi / game yang kamu buka akan muncul pesan error msvcr120.dll is missing atau msvcr120.dll was not found.

 

Apa itu msvcr120.dll?

apa itu msvcr120 dll

MSVCR120.dll adalah file penting yang dibutuhkan sistem operasi Windows. File dll ini digunakan untuk mengekstrak resource yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang diinstal.

Karena msvcr120.dll ini berhubungan dengan library C++, maka jika file ini hilang kamu tidak dapat menjalankan game atau aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman C++.

Jadi, jika suatu saat kamu mendapati error ini ketika membuka program/game, jangan khawatir karena ini masalah yang sudah umum. Kamu bisa mendapatkan filenya dengan mudah, baik dari situs Official Microsoft atau situs pihak ke-3 lainnya.

 

Cara Mengatasi msvcr120.dll is Missing

Kebanyakan game atau aplikasi membutuhkan file ini di folder instalasi mereka, dengan mengcopy file msvcr120.dll dari folder system ke folder game/aplikasi harusnya sudah mengatasi masalahmu. Pastikan kamu menggunakan tipe dll yang sesuai dengan software (32bit / 64bit).

Ini beberapa cara jitu untuk mengatasi msvcr120.dll is missing:

1. Download dan install msvcr120.dll manual

Ada 2 cara untuk mendapatkan file msvcr120.dll selain dari mengcopy file-nya dari komputer lain, salah satunya adalah dengan download msvcrl120.dll dari situs pihak ke-3. Begini caranya:

download file msvcr120 dll

Buka situs dll-files.com ➡ lalu cari msvcr120.dll yang hilang ➡ pilih versi dll yang terbaru ➡ klik download, lalu tunggu proses download sampai selesai. Setelah itu, buka lokasi folder ini:

  • Windows 10 x64: C:\WINDOWS\SysWOW64
  • Windows 10 x86: C:\WINDOWS\System32

Note: Letter C:\ di atas adalah lokasi instalasi sistem operasi, jika kamu menginstal di partisi D:\, maka ganti C:\ dengan D:\

Paste file yang sudah kalian download di sana, lalu restart komputer jika perlu. Setelah restart, buka lagi program / game yang bermasalah.

2. Install ulang Microsoft Visual C++

download msvcr120 dll microsoft

Buka halaman download Visual C++ 2013 Microsoft ➡ lalu simpan & install vc_redist di komputer kamu ➡ ikuti instalasi sampai selesai ➡ lakukan restart.

Setelah itu, buka lagi program yang bermasalah. Pastikan juga kamu menggunakan VC++ yang sesuai dengan tipe sistem operasi yang digunakan (64bit/32bit).

Jika kamu memiliki vc++ 2013 yang sama dengan yang kamu download dari Microsoft, tekan tombol repair untuk memperbaiki file-file yang mungkin corrupt atau hilang.

3. Install ulang program yang bermasalah

Sudah coba install ulang, sudah coba copy file dari komputer lain, tapi masalah belum selesai juga? coba lakukan clean install (hapus aplikasi/game terlebih dulu, lalu instal lagi dari awal). Tapi, metode ini mungkin bisa kamu lakukan terakhir jika game/aplikasi berukuran besar.

4. Copy file msvcr120.dll dari komputer lain

mengecek sistem operasi msvcr120 dll

Pertama, periksa dulu tipe sistem operasi yang kamu gunakan, apakah itu 32 bit atau 64 bit. Hal ini penting karena lokasi file dll ditentukan dari tipe sistem operasi yang kamu gunakan. Tekan tombol Windows + Pause/Break atau klik kanan pada This-PC / My Computer ➡ lalu klik Properties.

copy file msvcr120 dari komputer lain

Setelah itu, buka folder C:\WINDOWS\SysWOW64 untuk Windows 64 bit, atau C:\WINDOWS\System32 untuk 32bit. Cari file beranama msvcr120.dll di sana, copy lalu paste ke lokasi yang sama di komputer kalian. Ini adalah cara mengatasi msvcr120.dll secara offline.

5. Lakukan scanning virus ke sistem

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab dari error msvcr120.dll is missing adalah adanya kemungkinan rusaknya file karena serangan malware. Atau, bisa jadi malware ini yang mengendalikan Windows Defender kamu.

Gunakan aplikasi antivirus extra seperti Avira, Avast BitDefender dan aplikasi lainnya untuk meningkatkan keamanan sistem operasi. Pastikan juga kamu sudah mengupdate Windows Defender, karena umumnya malware tidak dapat masuk ke komputer tanpa kecerobohan pengguna itu sendiri.

6. Update sistem operasi

Windows 10 memiliki fitur system update yang sangat canggih, tak hanya OS dan driver, fitur update di Windows 10 juga membantu kamu mendownload file yang dibutuhkan agar program dapat berjalan dengan normal.

Tekan tombol Start Menu ➡ klik Settings ➡ klik Update & Security, di panel kanan klik Get updates dan tunggu proses update dan install selesai.

7. Jalankan system file checker

Terakhir, jika masalahmu sudah terselesaikan, lakukan system file checker atau dikenal dengan sfc. Caranya, buka cmd (as admin) ➡ lalu ketik perintah sfc /scannow ➡ tunggu proses scanning selesai.

scan msvcr120.dll dengan cmd

Perintah ini membantu kamu untuk mencari dan memperbaiki file sistem yang corrupt, menggunakan sfc atau system file checker akan membantu kamu mengganti msvcr120.dll yang hilang atau rusak.

 

Macam-macam tulisan error msvcr120.dll error di komputer:

Ada banyak hal yang menyebabkan Windows kehilangan file msvcr120.dll dari sistem, bisa karena terhapus, dipindah tempat, corrupt karena serangan malware atau rusaknya Windows Registry.

  • The program can’t start because msvcr120.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.
  • There was a problem starting msvcr120.dll. The specified module could not be found.
  • Error loading msvcr120.dll. The specified module could not be found.
  • The code execution cannot proceed because msvcr120.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem.
  • msvcr120.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vender for support.

Leave a Comment