Cara Mengatasi msvcp140.dll is Missing

Teknozone.ID – Sebelum kamu membaca lebih jauh di artikel cara mengatasi msvcp140.dll is missing ini, perlu kamu ketahui bahwa ada 2 macam error yang bertuliskan msvcp140.dll, yaitu:

  • The code execution cannot proceed because msvcp140.dll was not found. Reinstalling the application may fix this problem.
  • The program can’t start because msvcp140.dll is missing. Try reinstalling the program to fix this problem.

Di sini, team mencoba mencari solusi terbaik untuk mengatasi error msvcp140.dll yang hilang di komputer terutama pengguna Windows 10.

Advertisement

 

Apa itu msvcp140.dll?

apa itu msvcp140.dll

MSVCP140 adalah file Dynamic Link Library, yang artinya berisi rangkaian instruksi untuk beberapa aplikasi yang sedang atau akan dieksekusi. File jenis ini seringnya berisi komponen yang sama meskipun dibutuhkan oleh beragam program.

Dan, msvcp140.dll sendiri merupakan unsur yang terdapat di Visual C++ Redistributable untuk Visual Studio 2015. Satu paket data ini lah yang berisi komponen penting untuk menjalankan aplikasi berbasis C++ yang dibuat di visual studio 2015.

Jadi jangan khawatir karena error “msvcp140.dll is missing” ini cukup sering dan memang sudah umum terjadi. Saat menginstall program / game, kamu akan melihat folder bernama vcredist, di sana biasanya berisi setup yang dibutuhkan agar program dapat berjalan dengan lancar.

 

9 Cara Mengatasi Error msvcp140.dll is Missing

Beberapa metode di bawah ini membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan komputer kamu memiliki koneksi yang stabil saat melakukan pemecahan masalah.

1. Download dan install msvcp140.dll manual

Ada 2 cara untuk mendapatkan file msvcp140.dll, pertama lewat Microsoft Visual C++ langsung dari official, atau download msvcp140.dll melalui situs pihak ke-3. Cara ke-2 ini cukup populer untuk kamu yang mau cara instant.

download file msvcp140.dll

Buka situs dll-files.com ➡ lalu cari msvcp140.dll yang hilang ➡ pilih versi dll terbaru ➡ klik tombol download, lalu tunggu hingga proses download selesai. Setelah itu, buka lokasi folder ini:

  • Windows 10 x64: C:\WINDOWS\SysWOW64
  • Windows 10 x86: C:\WINDOWS\System32

Note: C:\ di atas adalah lokasi folder instalasi sistem operasi, jika kamu menginstal di D, maka ganti C:\ dengan D:\

Paste file yang sudah kalian download di sana, lalu restart komputer jika perlu. Setelah restart, buka lagi program / game yang bermasalah.

2. Install ulang Microsoft Visual C++

Untuk kamu yang suka main aman dan yang pasti-pasti aja, gunakan halaman Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable ini untuk mendownload file msvcp140.dll yang hilang dari komputer. Pastikan kamu melihat tipe aplikasi yang kamu gunakan, 64 atau 32 bit.

Download Visual C++ 2015 dari Microsoft ➡ lalu buka & install vc_redist di komputer kamu ➡ tunggu proses instalasi selesai ➡ lakukan restart. Setelah itu, buka lagi program yang bermasalah apakah sudah solved atau belum.

3. Install ulang program yang bermasalah

Tak selamanya, kesalahan ada pada user. Meskipun jarang terjadi, proses instalasi yang terganggu bisa menyebabkan file msvcp140.dll ini corrupt ataupun hilang. Lakukan re-install pada game atau aplikasis yang bermasalah. Meskipun begitu, cara ini tak terlalu efektif karena bisa memakan waktu cukup lama jika program yang diinstal cukup besar.

4. Copy file msvcp140.dll dari komputer lain

Pertama, tekan tombol Windows + Pause/Break, lalu lihat System Type yang kamu gunakan di komputer apakah itu 64 atau 32 bit.

mengecek sistem operasi msvcp140 dll

Setelah itu, cari komputer yang memiliki tipe sistem operasi yang sama, tak harus memiliki prosesor ataupun ram yang sama yang penting kalian memiliki sistem tipe 64 atau 32 bit. Cara ini adalah solusi tepat untuk mengatasi error msvcp140.dll is missing dalam keadaan offline.

copy file msvcp140 dari komputer lain

Jika sama, buka folder C:\WINDOWS\SysWOW64 untuk Windows 64 bit, atau C:\WINDOWS\System32 untuk 32bit. Cari file beranama msvcp140.dll di sana, copy lalu paste ke lokasi yang sama di komputer kalian. Untuk jaga-jaga, tak masalah untuk mengcopy kedua filenya.

5. Lakukan scan antivirus ke system

Munculnya error msvcp140 missing di komputer bisa jadi karena adanya virus yang mencegah komputer untuk mendeteksi file tersebut.

Lakukan scanning antivirus dapat membantu kamu menghapus malware ini dan mungkin masalahmu terselesaikan. Sayangnya Windows Defender tidak bisa mendeteksi virus tersebut, jadi gunakan aplikasi antivirus seperti Avira atau semacamnya.

6. Periksa Recycle Bin

Solusi ini terdengar tidak membantu sama sekali tapi coba buka file recycle bin-mu (jika belum dihapus) dan cari file / folder yang berhubungan dengan msvcp140.dll.

7. Update sistem operasi Windows

Windows 10 memiliki fitur update yang sangat canggih, tak hanya OS dan driver, fitur update dari Windows 10 juga membantu kamu mendownload file yang dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.

Tetapi, jika kamu tak pernah mengupdate Windows mungkin ada baiknya untuk menggunakan cara manual untuk menginstall msvcp140.dll di atas karena akan banyak update yang harus kamu download.

8. Register file msvcp140.dll secara manual

Katakanlah, kamu sudah tau cara mendownload dan sudah download file msvcp140.dll ke komputer, sudah memindahkan ke folder Windows yang seharusnya, tetapi tak berhasil juga.

scan msvcp140.dll dengan cmd

Sekarang, buka command prompt (as administrator) lalu ketik;

regsvr32 /u MSVCP140.dll

lalu ketik lagi;

regsvr32 MSVCP140.dll

9. Jalankan system file checker

Terakhir, jika masalahmu sudah terselesaikan, lakukan system file checker dengan menggunakan command prompt (as administrator) lagi. Caranya, buka cmd (as admin) ➡ lalu ketik sfc /scannow ➡ tunggu proses scanning selesai.

scan msvcp140.dll dengan cmd

Perintah ini membantu kamu untuk mencari dan memperbaiki sistem file yang corrupt, itulah mengapa menggunakan sfc atau system file checker, bisa membantu kamu untuk mengganti msvcp140.dll yang hilang atau rusak.

Leave a Comment