Cara Mengatasi Mouse Tidak Bisa Scroll

Advertisement

Teknozone.ID – Lagi baca dokumen panjang, tiba tiba scroll di mouse tidak bisa dipakai? mungkin sudah waktunya mouse-mu diganti, tapi bisa jadi ada sesuatu yang mengganggu kinerja mouse lho.

Di bahasa Indonesia, Mouse ini disebut tetikus, tapi karena terlalu aneh saya tetap menyebutnya mouse saja ya. Scroll pada mouse, berfungsi untuk menggeser halaman/tampilan di monitor secara vertikal (atas bawah).

 

Mouse Tidak Bisa Scroll, Solusinya Apa?

Roda mouse (bagian tengah) atau roller sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan. Di bawahi ini adalah beberapa saran & bantuan tentang apa yang kamu harus lakukan untuk mengatasi masalah ini:

1. Bersihkan Mouse

Hal yang pertama kamu harus lakukan adalah coba untuk membersihkan mouse. Kalau garansi mouse sudah habis, tak ada salahnya juga untuk membongkar mouse lalu melihat barang kali ada sisa makanan yang masuk dan mengganggu kinerja mouse.

Advertisement

Oh ya, untuk membersihkan barang elektronik, saya tidak menyarankan untuk meniup dengan mulut dan menyentuh komponen dengan tangan langsung, jadi gunakan alat bantu seperti kompresor udara dan sarung tangan.

2. Coba tekan tombol tengah mouse

Tak banyak yang paham jika mouse wheel ini bisa ditekan. Jika kamu menekan mouse wheel atau roda pada mouse (untuk scroll), Windows akan memunculkan semacam icon.

Jika icon ini masih muncul, artinya tombol tengah masih berfungsi dan yang bermasalah hanya scroll nya saja. Jika kasus mouse tidak bisa scroll yang kamu alami seperti ini, coba gunakan mouse di perangkat lain.

Advertisement

3. Jalankan Windows repair

automatic repair blue screen

Sangat disarankan untuk melakukan backup sebelum menjalankan Windows repair. Untuk menjalankan Windows repair, kamu bisa melihatnya di tulisan saya yang berjudul cara repair Windows

4. Masalah hardware

Jika mouse yang kamu gunakan sudah lebih dari 1 – 2 tahun, besar kemungkinan kalau kemampuan mouse nya sudah mencapai batas. Saat membeli mouse, jangan lupa untuk memeriksa kemampuan mouse yang kamu akan gunakan, umumnya mouse akan “rusak” setelah 1.000.000 klik.

5. Sesuaikan pengaturan mouse wheel

Di Windows, kamu bisa menemukan metode ini dengan nama Adjust mouse wheel settings. Siapa tau, secara tidak sengaja pengaturannya menjadi 0 yang membuat seakan mouse tidak bisa scroll sama sekali.

Advertisement

mengatur kecepatan scroll mouse

Windows 10

  1. Buka Start Menu ➡ klik Settings.
  2. Klik DevicesMouse.
  3. Di bagian kanan, klik Additional mouse options.
  4. Setelah panel Mouse Properties muncul, klik menu Wheel.
  5. Isi pengaturan Vertical Scrolling dengan angka 3 – 5.
  6. Klik Apply ➡ OK.

6. Update driver mouse

update driver mouse scroll

Terakhir, coba lakukan update driver mouse di komputer/laptop kamu. Kamu bisa mengupdate driver secara manual lewat device manager, atau secara otomatis lewat Windows Update.

Untuk mengakses device manager guna mengupdate driver mouse, cukup ketik “Device Manager” di Start Menu, lalu buka program bernama Device Manager (Control Panel).

Leave a Comment